Cara Membuat Kue Bolu Panggang Agar Mengembang Dengan Sempurna




cara membuat kue bolu panggang agar mengembang

Cara Membuat Kue Bolu Panggang merupakan kue yang selalu dihidangkan di semua acara. Baik itu acara ulang tahun maupun acara formal lainnya. Bolu panggang merupakan hidangan yang bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja. Biasanya ibu-ibu menghidangkannya di rumah. Namun cara membuat kue bolu panggang agar mengembang dengan sempurna selalu menjadi momok di kalangan ibu-ibu.

Kebanyakan ibu-ibu membuat bolu panggang tidak mengembang atau bantet. Hal ini membuat ibu-ibu rela kursus untuk membuat bolu panggang secara sempurna. Sebenarnya cara membuat kue bolu panggang agar mengembang tidak terlalu sulit. Berikut disajikan informasi mengenai cara membuat kue bolu panggang agar mengembang dengan sempurna:

1. Persiapkan Bahan-Bahan Yang Diperlukan

Sebelum masuk ke tahapan membuat kue bolu panggang. Ada hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, yaitu bahan-bahan. Usahakan agar bahan-bahan ini dibeli secara lengkap dan tanpa ada yang kurang satupun. Hal ini akan mempermudah kita dalam membuat kue bolu panggang.

Bahan-bahan yang diperlukan yaitu tepung terigu (100 gr), telur ayam (5 butir), gula pasir (125 gr), vanilli bubuk (1/2 sdm). Tidak lupa margarin (50 gr), baking powder (1/4 sdt) serta cake emulsifier (1 sdm).

Bahan-bahan yang sudah disiapkan ini harus diletakkan di ruangan saja sebelum membuat kue bolu. Mengapa?  agar bahan tersebut mempunyai suhu yang sama. Maksudnya tidak ada bahan yang bersuhu dingin. Mengapa? Apabila bahan-bahan tersebut mempunyai suhu berbeda akan membuat bolu menjadi bantat dan tidak mengembang dengan sempurna.

Bahan-bahan ini bisa disesuaikan apabila ingin membuat kue bolu panggang dalam jumlah yang banyak. Jadikan takaran ini sebagai referensi pemula dalam cara membuat kue bolu panggang agar mengembang dengan sempurna. Apabila ingin membuat dalam jumlah yang banyak, kita bisa menambahkan bahan-bahan menjadi 2x atau lebih.

2. Kocok Telur Dan Gula Pasir

Setelah bahan-bahan sudah dipersiapkan. Langkah selanjutnya adalah cara membuat kue bolu panggang. Dimulai dari mengocok gula pasir dan 5 telur kedalam mixer serta tambahkan cake emulsifier. Kocok semua bahan itu hingga menyatu. Gunakan kecepatan tinggi agar bahan tersebut mengembang dan berwarna pucat. Jangan mengocok gula dan telur sebentar.

Hal ini biasanya sering diabaikan oleh ibu-ibu. Dikarenakan mengocok dengan mixer kecepatan tinggi, pasti membuat hal ini sebentar dilakukan. Hal ini merupakan kesalahan besar ya & jangan pernah mengabaikan hal ini . Berikan waktu yang sedikit lama untuk hal ini hingga gula & telur mengembang sempurna dan terlihat pucat.

3. Tambahkan Vanilli, Baking Powder Dan Tepung Terigu

Langkah selanjutnya, menambahkan vanilli, baking powder, tepung terigu sedikit demi sedikit pada adonan dan kocok dengan mixer sampai tercampur merata. Setelah itu campur margarin yang sudah dilelehkan kedalam mixer dan kocok kembali. Jangan menggunakan margarin yang sudah dingin.

Mengapa? Margarin leleh yang sudah dingin akan berpengaruh juga terhadap bolu yang tidak mengembangkan. Usahakan agar margarin tetap hangat dan panas ketika dicampurkan ke dalam adonan. Oleh karena itu, jangan pernah menggunakan margarin yang sudah dingin, hal ini akan menjadi sia-sia.

4. Cetak Adonan Ke Dalam Loyang

Setelah adonan tercampur merata, cetak adonan kedalam loyang yang diolesi mentega dan tepung terigu. Hal ini bertujuan agar bolu panggang tidak melekat. Kita bisa menggunakan Loyang berbentuk persegi maupun bulat, disesuaikan dengan selera.

Pastikan cetakan adonan bersih dan kering. Jangan ada wadah atau alat yang basah dan lembab. Mengapa? Hal ini juga mempengaruhi pada saat pemanggangan bolu. Mungkin hal ini sering diabaikan, namun hal ini menyebabkan bolu menjadi bantat dan tidak mengembang secara sempurna

5. Masukkan Cetakan Loyang Yang Berisi Adonan Ke dalam Oven

Setelah cetakan adonan siap dipanggang selama 30 menit di dalam oven. Pastikan sebelum menggunakan oven, oven sudah dipanaskan selama 5-10 menit. Memanaskan oven sebelum digunakan merupakan hal yang terpenting dalam cara membuat kue bolu panggang mengembang dengan sempurna.

Mengapa? Hal ini bertujuan agar bolu yang dipanggang mengembang secara sempurna dan tidak bantat. Oleh karena itu jangan menyepelekan hal ini.

Setelah itu, untuk memastikan kue bolu panggang kita matang, kita bisa menggunakan tusuk gigi yang ditusuk ke dalam bolu panggang. Apabila masih lengket berarti belum matang dan apabila tidak lengket maka kue bolu panggang sudah bisa dikeluarkan dari oven. Akhirnya bolu panggang bisa disajikan.

Nah itulah informasi mengenai cara membuat kue bolu panggang agar mengembang dengan sempurna. Untuk ibu-ibu jangan takut untuk mencoba, gunakan informasi di atas sebagai referensi. Dengan begitu akan membuat ibu-ibu menjadi handal dalam membuat kue bolu panggang.


6:10:00 AM