Cara Membuat Salad Buah Yang Mudah Untuk Dicoba Di Rumah




Cara Membuat Salad Buah

Cara Membuat Salad Buah - Buah merupakan salah satu sumber nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Hal itu dikarenakan buah-buahan mengandung banyak vitamin dan sumber mineral yang penting untuk metabolisme tubuh. Salah satu olahan buah yang paling banyak peminatnya adalah salad. Bagaimana cara membuat salad buah? Berikut informasinya:

1. Siapkan Bahan-Bahan Terlebih Dahulu

Salad buah merupakan salah satu makanan sehat yang sangat cocok untuk dikonsumsi semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Cara membuat salad buah pun cukup mudah, yang pertama adalah bahan-bahannya harus disiapkan terlebih dahulu.

Adapun bahan-bahan yang menyusun salad buah sangat bervariasi, tergantung pada buah kesukaan yang diinginkan. Seperti misalnya, apel, leci, strawberry, anggur merah, dan lain sebagainya. Selain buah-buahan, bahan-bahan pelengkapnya seperti keju, susu, mayonaise, dan jeruk nipis harus dipastikan ketersediaannya terlebih dahulu.

2. Cuci Bersih Buah-buahan

Setelah semua bahan sudah tersedia, langkah selanjutnya yaitu mencuci buah-buahan yang akan diolah menjadi salad. Langkah yang satu ini tidak dapat disepelekan karena menyangkut kehigenisan dari salad yang akan dibuat.

Pastikan buah-buahan tercuci dengan benar dan bersih sehingga aman untuk dikonsumsi, terlebih lagi untuk anak-anak. Jika sudah dicuci, tiriskan sejenak buah-buahan hingga siap untuk dilakukan cara berikutnya.

3. Potong Dadu Buah-buahan

Agar nantinya buah-buahan memiliki cita rasa yang menyatu dengan bahan-bahan pelengkapnya, maka buah-buahan tersebut harus dipotong-potong terlebih dahulu. Ya, cara membuat salad buah yang satu ini adalah dengan memotong-motong buah menjadi potongan dadu. Pastikan potongannya seragam agar tampilan salad lebih menarik.

Namun, untuk buah yang bentuknya sudah kecil, seperti anggur dan strawberry kecil tidak perlu dipotong dadu lagi. Cukup hanya dengan membelahnya menjadi dua bagian agar cita rasanya menyatu ketika dicampurkan dengan bahan pelengkap salad nantinya.

4. Siram Dengan Susu Dan Mayonaise

Setelah buah dipotong dadu atau sesuai dengan selera, cara membuat salad buah selanjutnya yaitu campurkan buah-buahan tadi ke dalam mangkuk gelas. Selanjutnya ditambahkan dengan saus salad. Saus salad ini pada umumnya terdiri dari susu dan mayonaise.

Bagi pecinta susu dan mayonaise boleh menambahkan keduanya dalam jumlah yang lebih banyak. Namun, bagi yang sedang menjalankan program diet harus diperhatikan karena susu dan mayonaise mengandung gula yang cukup tinggi. Setelah ditambahkan, aduk merata buah-buahan dengan sausnya.

5. Tambahkan Perasan Jeruk Nipis

Untuk menambah cita rasa segar, tak jarang salad buah ditambahkan dengan sedikit perasan jeruk nipis. Dengan sedikit perasan ini, salad buah akan memiliki citarasa asam manis yang begitu mengunggah selera.

Tak hanya akan menambah citarasa dari salad buah sendiri, jeruk nipis juga diperkaya vitamin C yang cukup tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh. Sehingga perasan jeruk nipis di salad buah merupakan perpaduan yang sangat pas dengan buah-buahan lainnya.

6. Taburkan Parutan Keju

Tak dapat dipungkiri, keju merupakan salah satu produk olahan susu yang begitu banyak penggemarnya, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Memiliki citarasa gurih, keju ini sangat cocok untuk dipadukan dengan salad buah. Sehingga salad buah akan menjadi lebih lezat dengan tambahan keju.

Adapun cara membuat salad buah selanjutnya yaitu tambahkan parutan keju diatas salad buah yang sudah tercampur rata dengan saus dan perasan jeruk nipis. Bagi penggemar keju, tentunya boleh menambahkan lebih banyak keju atau sesuai dengan selera. Parutan keju diatas salad ini juga berfungsi untuk menambah tampilan salad agar lebih menarik.

7. Tambahkan Es Batu Jika Selera

Cara membuat salad buah yang satu ini sifatnya opsional tergantung selera. Salad buah yang identik dengan citarasa buah yang segar ditambah dengan sausnya yang lezat akan semakin mengunggah selera apabila ditambahkan dengan es batu.

Tambahkan es batu yang berukuran kecil dan aduk rata ke dalam salad buah. Penyajian dengan es batu ini juga dapat berupa parutan es agar lebih menyatu dengan salad buah.

Itulah beberapa cara membuat salad buah yang sangat mudah dan dapat dicoba dirumah. Mencari camilan sehat? Salad buah ini adalah solusi yang tepat dan mudah.


10:02:00 AM