Cara Membuat Sandwich Bakar Telur Keju Yang Simpel Beserta Alat dan Bahannya




cara membuat sandwich

Cara Membuat Sandwich Bakar Telur Keju - Roti tawar biasanya dijadikan untuk sarapan atau bekal berupa sandwich, cara membuat sandwich pun cukup mudah tinggal oleskan roti tawar dengan selai jadilah sandwich sederhana yang simpel. Tapi banyak variasi sandwich yang bisa dibuat di rumah supaya tidak bosan sarapan sandwich dengan isian itu-itu saja.

Mulai dari sandwich isi daging, telur dadar atau ceplok, sampai sayur-sayuran. Sarapan akan semakin bersemangat jika menu sarapannya bervariasi setiap hari. Berikut ada informasi mengenai cara membuat sandwich bakar telur keju yang simpel beserta alat dan bahannya untuk sarapan di rumah.

Bahan Dan Peralatan

Siapa yang tidak mengenal sandwich, roti tawar yang diberi berbagai jenis isian ini biasa dikonsumsi untuk sarapan. Ada juga yang membuat sandwich untuk bekal jika tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. Sebelum mengetahui cara membuat sandwich yang simpel dan mudah sebaiknya persiapkan bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan.

Bahan yang digunakan juga tidak terlalu sulit untuk ditemukan. Persiapkan juga peralatan untuk membakar sandwichnya, jika tidak memiliki alat pemanggang roti maka bisa menggunakan peralatan lain. Berikut bahan-bahan dan peralatan yang harus dipersiapkan sebelum membuat sandwich :

Bahan-Bahan :

  • 6 lembar roti tawar
  • 3 lembar keju slice
  • Margarin
  • 3 butir telur
  • 2 buah sapi/ayam
  • 1/2 bawang bombay
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • 1 buah tomat
  • 3 lembar daun selada

Peralatan

  • Teflon ukuran sedang
  • Kompor
  • Piring untuk penyajian

Cara Membuat Sandwich Bakar Telur Keju

Jika semua bahan-bahan dan juga peralatan telah disiapkan, maka saatnya mempraktekkan cara membuat sandwich bakar telur keju yang simpel dan mudah. Dengan mengikuti langkah-langkahnya maka dapat dipastikan sandwich yang dihasilkan akan sangat menggugah selera dan menambah semangat saat menyantap sarapan. Berikut adalah cara membuat sandwich bakar telur keju yang simpel dan mudah dibuat di rumah :

1. Siapkan Semua Bahan

Pertama-tama kocok dahulu 2 butir telur sampai benar-benar tercampur rata. Kemudian semua bahan yang telah disiapkan diiris tipis. Lalu masukkan irisan bawang bombay dan sosis yang telah diiris ke dalam telur yang telah dikocok tambahkan garam dan merica bubuk secukupnya saja. Tomat tidak perlu dimasukkan karena akan diletakkan di dalam roti bersamaan dengan keju.

2. Masak Campuran Telur Dan Bahan

Oleskan margarin di atas teflon yang telah dipanaskan terlebih dahulu, kemudian masukkan campuran telur dan bahan-bahan yang telah dikocok sebelumnya. Aduk sampai menjadi orak-arik telur hingga matang. Jangan sampai terlalu lama agar orak-arik telur tidak gosong.

3. Siapkan Roti Yang Akan Dibakar

Ambil 1 lembar roti tawar dan oleskan margarin secukupnya. Kemudian letakkan daun selada, tomat yang telah diiris, dan juga keju slice di atas roti yang telah diolesi mentega. Lakukan hal ini pada lembaran roti yang lainnya. Lalu tambahkan orak-arik telur di atas keju slice dan tutup dengan roti tawar yang lain.

4. Masukkan Roti Ke Dalam Telur Kocok

Setelah roti sudah diisi dengan orak-arik telur dan bahan yang lain, selanjutnya kocok 1 butir telur lagi untuk dijadikan perekat agar isian rotinya tidak tumpah saat dibakar. Masukkan roti yang telah siap ke dalam telur yang telah dikocok sampai merata. Dan roti siap untuk dibakar.

5. Siapkan Tempat Untuk Membakar Sandwich

Jika tidak punya alat pemanggang roti, jangan khawatir bisa menggunakan teflon berukuran sedang yang dipanaskan di atas kompor. Nyalakan kompor dengan api sedang kemudian letakkan teflon yang sebelumnya sudah diolesi margarin. Setelah teflon panas, masukkan sandwich yang sudah dicelupkan ke adonan kocokkan telur. Bakar kurang lebih 5-10 menit atau sampai roti berwarna kecoklatan. Jika sudah kecoklatan segera angkat sandwich yang sudah dibakar.

6. Penyajian Sandwich

Jika sandwich bakar telur keju sudah matang, letakkan sandwich pada piring yang sudah disiapkan. Kalau ingin mempercantik tampilan bisa memotong sandwich menjadi bentuk segitiga dan beri saus atau mayonais di atasnya.

Letakkan juga irisan tomat dan mentimun untuk mempermanis tampilan sandwich. Apalagi jika ditemani dengan segelas susu maka sarapan pagi dengan sandwich bakar telur keju ini akan semakin nikmat.

Nah itulah cara membuat sandwich bakar telur keju beserta bahan dan alatnya yang simpel untuk sarapan di rumah. Jika suka dengan mentimun boleh ditambahkan irisan mentimun di dalamnya. Semakin menarik menu yang dihidangkan, maka sarapan pagi akan lebih semangat.


2:18:00 AM