Cara Membuat Selai Nanas Yang Bisa Dilakukan Tanpa Gagal




cara membuat selai nanas

Cara Membuat Selai Nanas  - Selai adalah satu dari jenis makanan yang berasal dari sari buah atau buah-buahan yang proses pembuatannya dilembutkan dengan ditambah gula kemudian dimasak hingga nantinya masak dan berbentuk padat. Salah satu selai yang diminati yaitu selai nanas, bagaimana cara membuat selai nanas? Baca artikel ini sampai habis ya.

Kalau biasanya kita membeli selai di toko-toko tentunya hanya dapat sedikit dan bisa jadi harganya mahal. Alangkah baiknya jika kita mulai mencoba membuatnya sendiri tentunya hal ini akan menjadi lebih hemat. Bagi yang ingin mencoba membuatnya sendiri berikut cara membuat selai nanas yang bisa dilakukan dengan mudah:

1. Siapkan Bahan-Bahan Membuat Selai

Cara membuat selai nanas hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan semua bahan yang ada secara lengkap jangan sampai ada yang tertinggal. Bahan-bahan yang perlu disiapkan diantaranya adalah 1 kg nanas, 2 buah kayu manis, ½ sdt vanili bubuk, 500 gr gula pasir, dan juga jangan lupa siapkan pula ¼ sdt garam.

2. Kupas Dan Cuci Nanas

Setelah selesai menyiapkan bahan yang diperlukan dalam membuat selai nanas langkah selanjutnya adalah dengan mengupas dan cuci nanas. Kupas nanas dengan betul jangan sampai ada kulit nanas yang bisa membuat rasa gatal. Setelah selesai mengupas cuci nanas tersebut sampai betul-betul bersih sambil memastikan tidak ada kulit nanas yang menempel.

3. Blender Kemudian Nanas Dimasak

Langkah selanjutnya bisa dengan memblender nanas, proses blender ini bisa dengan nanas dipotong sesuai selera yang terpenting bisa masuk dalam blender. Dalam proses blender ini pastikan nanas sudah lembut dan tidak ada lagi yang masih ada potongan besar. Jika sudah nanas bisa langsung masuk proses memasak.

4. Panaskan Panci Dan Masak Nanas

Panaskan panci dan mulai memasak nanas yang tadi sudah di blender dengan lembut. Jika nanas sudah dalam keadaan mendidih masukkan bahan-bahan yang tadi sudah disiapkan. Bahan-bahan tersebut diantaranya gula dan garam juga dimasukkan juga kayu manis, vanili juga cengkeh biar menciptakan aroma wangi.

5. Aduk Hingga Rata

Setelah semua bahan dimasukkan cara membuat selai nanas yang bisa dilakukan adalah dengan mengaduknya hingga rata. Proses pengadukan selai nanas ini cukup lama karena selama proses pengadukan pastikan nanas sudah meleleh dan juga mengental jadi membuat selai nanas dalam proses ini harus sedikit bersabar.

6. Masak Terus Hingga Selai Susut Airnya

Jika tadi sudah diaduk-aduk selai nanas yang kita buat dalam kondisi api masih menyala sekarang biarkan nanas, tunggu sampai selai nanas telah susut air yang ada. Dalam proses ini juga bisa sambil diaduk-aduk lagi agar semakin mencampur semua bahan yang ada dan tunggu selai nanas sampai akhirnya nanti mengental.

7. Angkat Dan Dinginkan

Jika selai nanas sudah dirasa mengental maka selai nanas bisa diangkat dan bisa didinginkan terlebih dahulu agar nanti saat pengemasan tidak panas. Proses memasak yang cukup lama membuat selai nanas ini tentunya tingkat kepanasannya lebih dari air mendidih. Maka dari itu hati-hati saat mengangkat selai dar pancinya.

8. Kemas Dalam Wadah Tertutup

Jika selai nanas sudah dirasa dingin maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengemas selai tersebut. Siapkan wadah untuk mengemas selai ini, masukkan selai yang sudah dingin tadi ke dalam wadah pastikan tutup dengan rapat wadah untuk selai agar selai bisa menjadi awet.

9. Selai Nanas Siap Dinikmati

Nah jika sudah dikemas dan ditutup dengan rapat maka selai nanas bisa dinikmati kapanpun akan menikmatinya. Selai nanas ini bisa dinikmati bersama roti tawar dan bisa juga untuk isian kue nastar. Tapi dalam isian nastar hal yang perlu diperhatikan,pastikan selai benar-benar padat agar nastar nantinya mudah dibentuk.

Nah itulah tadi cara membuat selai nanas yang cukup mudah dilakukan dan pastinya anti gagal jika mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan diatas. Ternyata sangat mudah kan membuat selai nanas ini? Nah cara ini bisa diaplikasikan juga dengan buah-buah yang lainnya. Dengan memahami cara membuat selai nanas tentunya bisa menerapkannya juga dengan membuat selai buah lainnya.


1:35:00 AM