Cara Memperbaiki Dinamo Starter Yang Rusak Pada Kendaraan




cara memperbaiki dinamo starter

Cara Memperbaiki Dinamo Starter - Dinamo starter menjadi  salah satu bagian penting untuk  sebuah kendaraan karena menjadi komponen utama yang mampu menggerakkan mesin kendaraan hingga menyala. Namun karena starter pada kendaraan ini sering digunakan menjadikan dinamo pada starter kendaraan sering mengalami kerusakan. Sehingga bagi pengguna harus paham cara memperbaiki dinamo starter pada kendaraan yang dimilikinya.

Selain sebagai penggerak mesin kendaraan dinamo juga  merupakan sebuah komponen pendorong mesin. Sehingga mampu mengalirkan energi listrik menuju bagian mesin yang lain untuk mendapatkan tekanan yang cukup kemudian semua bagian mesin dan perangkat luar kendaraan bisa menyala. Selain dilakukan oleh bengkel profesional dinamo starter kendaraan juga bisa diperbaiki dirumah. Berikut beberapa cara memperbaiki dinamo starter yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

1. Memeriksa Kleman Pada Kabel Aki

Ketika menyalakan mobil terdengar bunyi menggelitik yang cukup keras, maka bisa jadi menunjukkan bahwa kondisi dari aki mobil sudah sangat lemah sehingga tidak kuat untuk mengalirkan arus listrik pada starter mobil dan tidak kuat memutar flywheel. Kondisi ini juga sering diikuti oleh lampu kontrol dashboard yang berkedap-kedip.

Untuk memperbaiki starter mobil yang mati karena lemahnya aki bisa dengan mencoba memeriksa bagian kleman kabel aki yang ada pada terminal positif dan negatif. Kemungkinan baut baut yang terdapat pada komponen tersebut ada yang longgar ataupun rusak maka harus diganti. Jika bukan baut yang longgar maka bisa memperbaiki dengan cara menjumper aki dengan cara mendorong kendaraan.

2. Memeriksa Kabel Aki

Jika kendaraan tidak bisa dinyalakan dan lampu indikator mati total, maka bisa jadi kabel pada aki rusak ataupun lepas sehingga perlu diperiksa kembali. Selain kabel juga bisa aki tersebut yang rusak sehingga perlu mencoba dengan mengisi kembali aki dengan air aki dan coba bersihkan bagian korosinya.

Jika masih susah untuk distarter, pancinglah listriknya dengan menggunakan aki lain yang masih normal dan jangan lupa pastikan bahwa kapasitas dua aki itu sesuai. Jangan lupa juga untuk membawa kabel jumper.  Kemudian coba dorong kendaraan beberapa meter untuk picu pergerakan mesin.

3. Memeriksa Bagian Soket Otomatis Pada Dinamo Starter

Ketika menghidupkan starter pada kendaraan terutama mobil tidak dapat berfungsi, tetapi lampu kontrol pada dashboard menyala dan berkedip maka bisa terjadi kerusakan soket otomatis pada dinamo starter. Cara memperbaiki dinamo starter karena kerusakan soket adalah dengan memeriksa apakah kondisi kabel kecil ini putus atau lepas. Kalau kabel ini terlepas bisa disambungkan kembali jika putus bisa diganti dengan kabel yang baru.

Kemudian , periksa juga pada bagian sikring dan relaynya. Apabila pada saat menstarter relay tidak terdapat bunyi seperti “klek”, maka kemungkinan penyebab kerusakan berasal dari relay dan sikring. Dan bisa memperbaikinya di bagian yang rusak tersebut sampai nanti ketika distarter kembali ada bunyi “klek”.

4. Memeriksa Solenoida Pada Gulungan Pull in Coil atau Hold In Coil

Kerusakan starter kendaraan juga bisa terjadi karena kerusakan pada yang biasanya terjadi di gulungan yaitu pull in coil atau hold in coil. Apabila kedua gulungan ini mengalami kerusakan, kemampuan daya magnet untuk menahan pinion akan berkurang. Akibatnya gear pinion starter malah akan bergerak mundur.

Selain itu juga bisa terjadi karena carbon brush habis. Hal itu berakibat tidak bisa menyambungkan pull in coil dengan ground sehingga pull in coil tidak bisa mendorong pinion gear dengan baik. Untuk memperbaiki kerusakan pada bagian ini sebaiknya di bawa ke bengkel profesional karena membutuhkan tenaga ahli untuk memperbaikinya.

5. Memeriksa Bagian Switch Starter

Ketika starter dinyalakan kemudian mesin mengeluarkan bunyi “cetek” maka kemungkinan bagian  switch starter kendaraan mengalami kerusakan. Cara memperbaiki dinamo starter karena kerusakan switch starter bisa dengan menggantinya dengan switch starter yang baru.

Menggantinya bisa dilakukan sendiri dirumah dengan menggunakan kunci 14 shock, kunci 10 pas dan kunci 12 ring atau kombinasinya. Lepaskan baut pada switch starter dengan kunci yang sesuai kemudian pasangkan mesin yang baru sesuai tempatnya.

Itulah cara memperbaiki dinamo starter yang rusak akibat kesalahan-kesalahan kecil pada mesin. Sebelum di -bawa ke bengkel profesional bisa dicoba untuk memperbaikinya terlebih dahulu dirumah.


8:01:00 AM