Cara Memperbaiki File Video Yang Rusak di Android




cara memperbaiki file video yang rusak

Cara Memperbaiki File Video Yang Rusak di Android - Penyebab file video yang rusak atau corrupt ada berbagai faktor. Namun biasanya yang terjadi adalah adanya kesalahan ketika download suatu file/aplikasi. Selain itu juga bisa karena kesalahan struktur video setelah recovery data. Namun tidak perlu khawatir, karena ada cara memperbaiki file video yang rusak dengan mudah dan dapat dilakukan secara mandiri.

Penyebab video rusak yang sering terjadi pada ponsel khususnya android biasanya terjadi karena kehabisan daya baterai ketika sedang merekam video. Selain itu bisa juga karena kehabisan RAM ketika menyimpan video, atau juga bisa terjadi karena kesalahan pada aplikasi ketika merekam layar contohnya screen recording. Cara memperbaiki file video yang rusak di android tergolong mudah. Berikut penjelasannya.

1. Download Aplikasi MP4Fix

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk memperbaiki file video yang rusak di android adalah dengan mendowonload aplikasi MP4Fix Video Repair Tool terlebih dahulu. Aplikasi ini dapat didownload secara gratis di playstore.

Aplikasi yang telah tersedia secara bebas ini membuat kita lebih mudah dalam mengaksesnya. Dengan adanya aplikasi ini tentu masalah file video yang rusak akan semakin mudah diatasi dengan mudah. Tak perlu butuh waktu lama untuk mendownload, hanya beberapa menit aplikasi sudah dapat dijalankan di android kita.

2. Buka Aplikasi MP4Fix Video Repair Tool

Setelah aplikasi MP4Fix Repair Tool kita buka, video yang rusak akan atau corrupt akan otomatis muncul pada aplikasi ini.  Jika pada android terdapat file video yang rusak atau ter corrupt makan saat membuka aplikasi MP4Fix Video Repair Tool ini akan otomatis muncul. Aplikasi ini mampu mendeteksi video-video mana yang masih bisa diperbaiki ataupun yang sudah tidak bisa diperbaiki lagi.

Dengan membuka aplikasi ini segala informasi mengenai file video yang sudah rusak atau belum akan muncul. Sehingga kita akan dengan mudah dapat mengetahui bila ada satu file video saja yang rusak. Dengan demikian aplikasi ini dapat menjadi alat untuk memudahkan kita dalam memperbaiki file video yang rusak di android.

3. Pilih Video

Setelah aplikasi ini berhasil terinstal di android kita. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan saat memperbaiki file video yang rusak menggunakan MP4Fix adalah membuka aplikasi dan langsung memilih video yang rusak. Ketika muncul menu “more information requaired”. Kemudian pilihlah video dari android yang bagus da bisa diputar.

Aplikasi ini memang membutuhkan video yang bagus/tidak rusak sebagai referensi/rujukan yang butuhkan mereka dalam memperbaiki file video yang rusak tadi. Atau dengan kata lain video yang bagus yang telah di upload merupakan rujukan yang dibutuhkan aplikasi untuk melihat struktur video yang baik. Dan kemudian dapat diaplikasikan ke video yang telah rusak dan ingin kita perbaiki sebelumnya.

Jika tidak ada video yang bagus dalam android, maka dapat disiasati dengan membuat video sembarang yang digunakan untuk sampel. Waktu yang dibutuhkan hanya 5 detik saja. Dengan catatan video yang bagus beserta video yang rusak tadi dibuat dengan aplikasi yang sama dan sejenis. Serta settingan yang sama dan kamera yang juga sama. Ini dimaksudkan agar hasil yang didapatkan dapat benar-benar sempurna untuk dijadikan rujukan dalam perbaikan video tersebut.

4. Pilih Tombol Select

Setelah berhasil membuat video yang bagus dan tidak rusak untuk digunakan sebagai rujukan, kemudian langkah selanjutnya yang dapat dijadikan cara memperbaiki file video yang rusak dengan aplikasi MP4Fix ini adalah pilih menu “Select”. Dengan tujuan memilih video yang bagus tadi sebagai acuan untuk memperbaiki video yang rusak dari galeri/ memori ponsel hp.

5. Pilih Tombol Repair

Langkah cara memperbaiki file video yang rusak menggunakan aplikasi MP4Fix Video Repairl Tool yang terakhir adalah dengan menekan tombol “Repair” yang ada didalam pilihan menu aplikasi. Dengan menekan tombol ini, maka semua proses dan tahapan telah selesai dilakukan. kita tinggal menunggu beberapa saat untuk memberikan waktu kepada aplikasi untuk mulai memperbaiki video yang rusak/ corrupt.

Lama waktu yang dibutuhkan tergantung dari durasi/ besarnya ukuran file video. Jika proses telah selesai dan sempurna, maka akan muncul menu pilihan “Save” lalu tekan dan lihat beberapa saat kemudian video yang rusak tadi akan kembali seperti sediakala. Aplikasi ini memang dirancang untuk memperbaiki file video yang rusak dari ponsel android. Namun bukan tidak mungkin bisa juga dipakai untuk memperbaiki file video hasil download dari internet PC. Selamat mencoba


6:06:00 AM