Cara Memperbaiki Kipas Angin Lengkap




cara memperbaiki kipas angin

Cara Memperbaiki Kipas Angin - Bagi beberapa orang, kipas angin sangat dibutuhkan untuk meminimalkan suhu udara panas. Sehingga ketika terjadi kerusakan pada kipas angin yang kerap kali terjadi, menjadi sangat mengganggu aktivitas. Beberapa kerusakan kipas angin dapat diperbaiki sendiri tanpa memanggil teknisi yang akan mengeluarkan biaya. Cukup membaca petunjuk atau cara memperbaiki kipas angin dengan peralatan seadanya. Seperti obeng, Avo meter, solder, buku petunjuk dan beberapa perlengkapan pendukung yang lain seperti lakban. Berikut ini cara mudah memperbaiki kipas angin :

Periksa Bagian Kabel Luar

Hal pertama yang dapat dilakukan ialah periksa kabel yang menghubungkan kipas dengan stop kontak. Apakah ada kabel yang terputus atau tidak. Buka bagian belakang kipas dan temukan kabel yang terhubung dengan saklar.

Periksa dengan AVO meter. Jika jarum pada AVO tidak bergerak berarti terdapat kabel yang putus. Pemilik dapat memperbaiki kabel yang putus dengan menyambungkan serat-serat kabel dan menutupnya dengan lakban. Coba periksa kembali sambungannya. Jika masih tidak menyala, cobalaha cara kedua.

Periksa Panel Tombol

Cara memperbaiki kipas angin yang kedua, periksa panel tombol kecepatan kipas angin. Biasanya terdapat dua hingga tiga kabel yang terhubung dengan dinamo dan satu kabel yang yang terhubung dengan arus listrik. Gunakan AVO meter pada setiap panel yang terhubung dengan koneksi tombol atau kabel yang ada.

Posisikan saklar AVO meter pada x1 atau x10. Dan lakukan kalibrasi dengan menghubungkan jarum + dan -. Lalu tempelkan probe dengan kabel satu per satu. Jika jarum bergerak ke arah kanan artinya kabel masih dalam kondisi yang baik. Sebaliknya jika tidak terjadi pergerakan jarum, kabel dalam kondisi rusak atau terdapat bagian yang rusak pada thermofuse dan kawat kumparan. Jika hal ini terjadi, lanjutkan ke cara berikutnya.

Membongkar Casing Dinamo

Bongkar kipas angin terlebih dahulu dan lihat kondisi dinamo. Lihat fuse kecil diantara kabel. Sambungkan bagian kapasitor yang terhubung dengan arus listrik langsung yang berwarna coklat atau hitam. Lalu cek dengan AVO meter dengan mengukur bagian steckernya.

Pilihan kedua, bongkar kipas angin terlebih dahulu lalu temukan thermofuse atau sakering. Periksa dengan AVO meter atau multimeter dengan posisi awal yang sama yaitu x1 atau x10. Tempelkan secara bergantian. Jika tidak terjadi pergerakan yang artinya thermofuse rusak, maka harus diganti dengan yang baru. Carilah dinamo yang dengan dengan tipe kipas angin yang dimiliki. Kemudian pasang dinamo yang baru. Pemilik dapat terlebih dahulu menghidupkan kipas angin untuk memastikan kipas telah berjalan dengan baik.

Periksa Kapasitor

Jika buka dinamo yang bermasalah, periksa kapasitor kipas angin. Jika ini bermasalah, kipas akan berputar lambat atau bahkan tidak berputar sama sekali. Carilah kapasitor yang tempatnya berada di belakang dinamo. Bentuknya hitam berwarna kotak. Kapasitor yang kondisinya tidak baik akan menggembung atau terkadang pecah. Jika hal ini terjadi, maka gantilah kapasitor dengan yang baru. Pemilik dapat mengganti dengan ukuran yang sama atau lebih besar sedikit.

Periksa Angker dan Bos (Bushing)

Kipas angin yang macet diakibatkan oleh angker (rotor) dan bushing yang bermasalah karena penuh debu atau salah melumas. Cobalah  buka angker di bagian mesin. Jika sulit dibuka, jangan dipaksakan tetapi bersihkan dulu dengan hampelas halus. Kemudian buka pelan-pelan dan bersihkan pula dengan hampelas halus sampai mengkilat. Begitu pula dengan bushing.

Jika kipas masih tidak dapat berfungsi, buka bushing dan ganti dengan yang baru. Bisa jadi, salah dalam sehingga kipas tidak mau berputar.

Periksa Gearbox

Kipas yang tidak mau berputar disebabkan oleh gearbox yang bermasalah. Gearbox memiliki gigi yang mengatur perputaran dari mesin angker sampai leher kipas. Maka periksa bagian ini, apakah leher kipas patah atau gigi gearbox aus. Jika sudah ditemukan dapat mengganti spare part ini di toko untuk menggantinya.

Itulah beberapa cara memperbaiki kipas angin yang diakibatkan oleh tidak mau berputar hingga mati total. Hal yang perlu diperhatikan ialah, mesin kipas terutama dinamo memiliki bagian-bagian yang kecil (fuse) dan tali yang tipis. Maka, hati-hati dalam membukanya untuk menghindari putusnya tali. Selain itu, jika kurang paham dengan penjelasan, sebaiknya buka petunjuk untuk melihat bagian-bagian yang dimaksud.


6:31:00 AM