Cara Menanam Anggur dari Biji Sisa Konsumsi Beserta Alat dan Bahannya




cara menanam anggur dari biji

Cara Menanam Anggur dari Biji Sisa Konsumsi - Buah anggur ada beraneka jenis. Mulai dari anggur ungu yang kecil dan segar, anggur hijau, merah dan lain sebagainya. Penggemar anggur harus membeli buah ini di toko buah atau supermarket. Padahal sebenarnya, buah ini bisa ditanam sendiri di rumah. Berikut adalah alat, bahan dan cara menanam anggur dari biji.

Alat Dan Bahan

Terdapat beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan untuk menanam anggur. Berikut adalah rincian alat dan bahan tersebut.

1. Biji Anggur

Biji anggur dapat diambil dari buah anggur yang sudah dikonsumsi. Pilih biji dari buah yang manis dan bagus dengan harapan pohon yang ditanam juga akan menghasilkan buah dengan kualitas tinggi.

2. Air

Air yang digunakan untuk menyemai benih adalah air bebas kaporit atau tawas. Gunakan air mineral atau air sumur yang bersih dari tawas.

3. Tisu

Diperlukan tisu untuk tempat menyemai biji anggur hingga terlihat berakar. Tahapan ini menjadi penentu bisa atau tidaknya anggur dibudidayakan sendiri. Jika akar tidak muncul hingga berbulan bulan lamanya besar kemungkinan biji tersebut tidak bisa ditanam.

4. Tanah

Tanah yang bisa menumbuhkan pohon harus mengandung humus. Gunakan tanah yang berwarna gelap agar pengembangan tanaman berjalan lancar. Bila perlu ambil tanah yang berada di dekat pepohonan di kebun untuk memastikan bahwa tanah tersebut subur.

5. Cocopeat

Cocopeat terbuat dari sabut kelapa yang diolah menjadi serbuk. Fungsi dari cocopeat ini ialah untuk membantu akar tanaman agar tetap dapat bernafas dan mudah mendapatkan oksigen dari permukaan tanah.

6. Arang Sekam

Arang sekam merupakan arang yang terbuat dari gagang padi. Sisa panen padi berupa tangkai dan pohon padi kemudian dibakar hingga gosong dan berubah menjadi arang sekam. Bahan ini bisa dibeli di berbagai toko tanaman.

7. Wadah Tertutup atau Plastik Ziplock

Tempat tertutup berfungsi untuk menyimpan biji anggur yang sedang dalam proses penumbuhan akar. Wadah ini berfungsi untuk mengunci kelembaban tisu dan biji di dalamnya. Selain itu, wadah tertutup juga berguna untuk menjaga suhu agar stabil.

Ketujuh alat dan bahan tersebut sangat mudah didapatkan di rumah. Cocopeat dan arang sekam juga bisa dibeli di toko tanaman atau pasar.

Cara Menanam

Setelah mengumpulkan alat dan bahan untuk menanam anggur, penanaman anggur dapat dimulai. Berikut adalah cara menanam anggur dari biji dari anggur yang telah dikonsumsi.

1. Pisahkan Biji Anggur dari Buahnya

Biasanya satu buah anggur berisi lebih dari satu biji, bahkan sampai 5 biji tergantung ukuran anggurnya. Pisahkan biji dari buah dengan bantuan tusuk gigi atau pinset.

2. Rendam Di Air Mineral

Setelah didapatkan beberapa biji anggur, cara menanam anggur dari biji selanjutnya adalah dengan merendamnya di air mineral. Tujuannya adalah membersihkan biji dari lendir sekaligus memilih biji yang berkualitas. Biji dengan kualitas baik akan tenggelam sedangkan biji yang kurang baik akan mengapung. Ambil biji yang tenggelam kemudian lanjut ke langkah berikutnya.

3. Basahi Tisu

Basahi tisu dengan air mineral. Gunakan tisu yang berbahan agak tebal sehingga biji aman tersimpan di dalamnya nanti.

4. Semai Benih Anggur

Letakkan biji anggur ke tisu yang sudah basah, kemudian lipat hingga aman. Masukkan biji dan tisu ke tempat tertutup, misalnya toples atau plastik yang menggunakan ziplock.

Benih anggur akan tumbuh akar dalam jangka waktu yang lama sekitar 8 minggu. Selama menunggu jaga kelembaban tisu dengan meneteskan air secara rutin.

5. Siapkan Media Tanam

Sebelum akar tumbuh, siapkan media tanam dengan mencampurkan tanah, cocopeat dan arang sekam dalam pot. Perbandingan antara bahan tersebut adalah 1:1:1. Misalnya tanah yang digunakan 500 gram, maka cocopeat dan arang masing-masing 500 gram.

6. Pindahkan Ke Pot

Langkah terakhir dalam cara menanam anggur dari biji adalah memindahkan benih berakar dari tisu ke ke dalam pot. Pemindahan ini harus dilakukan dengan hati-hati, sebab akar tidak boleh rusak.

Perkembangan dalam pot juga akan lebih cepat karena tanpa menunggu berbulan-bulan daun akan muncul satu persatu.

Cara menanam anggur dari biji sangat mudah. Kuncinya adalah sabar dan hati-hati. Biji akan mudah tumbuh akar jika suhu udara stabil dan kelembaban cukup. Pohon anggur juga sangat indah untuk dijadikan dekorasi di taman karena memiliki bentuk daun yang bagus.


3:42:00 AM