Cara Menanam Apel Untuk Pemula dan Alat Serta Bahannya




cara menanam apel

Cara Menanam Apel Untuk Pemula - Apel merupakan salah satu buah yang disukai oleh segala usia. Buah ini memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Selain itu apel juga dapat dijadikan masker atau bahan cuka yang dapat digunakan sebagai toner wajah. Berikut ini adalah alat, bahan serta cara menanam apel agar semua orang dapat memiliki pohon apel sendiri di rumah.

Alat Dan Bahan

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menanam apel sangat mudah dicari bahkan beberapa sudah tersedia di rumah. Berikut adalah rinciannya.

1. Benih Apel

Benih apel dapat berupa biji atau biji yang sudah disemai dan berakar. Jika ingin memulai dari tahap biji, maka pilihlah buah apel yang manis dan sesuai dengan selera. Sedangkan benih yang sudah berakar dapat dibeli di toko tanaman.

Akan lebih mudah untuk menanam pohon apel dari benih yang sudah berakar. Sebab langkah penanaman akan lebih cepat dan mudah. Namun jika tidak tersedia atau memang ingin memanfaatkan biji dari apel yang baru dikonsumsi, cara menanam apel dalam artikel ini dapat diikuti.

2. Tanah

Tanah yang dimaksud untuk keperluan ini adalah tanah yang mengandung humus. Tanda tanah yang berhumus adalah berwarna coklat hingga hitam. Cara menanam apel yang baik adalah dengan memilih tanah dengan kandungan humus yang tinggi dengan cara mencampurkannya dengan pupuk kompos.

3. Pot

Rumah dengan halaman luas memang akan lebih mudah untuk diberi tanaman pohon apel. Sebab, pohon ini dapat tumbuh hingga sangat besar dalam jangka waktu bertahun tahun. Namun jika tidak ada pekarangan, pot juga bisa digunakan sebagai tempat untuk menumbuhkan pohon apel.

Pilih pot dengan bahan yang berkualitas dan tidak mudah pecah. Saat ini banyak pot yang berbahan dasar gerabah atau plastik. Pilih sesuai dengan kebutuhan dan konsep taman.

4. Air

Air yang digunakan dapat berasal dari PAM, sumur, atau bahkan air hujan. Fungsinya untuk melembabkan tanah agar bibit apel tumbuh dengan baik.

5. Sekop Kecil

Sekop digunakan untuk memudahkan dalam proses pengambilan tanah, pupuk, dan bahan lain yang berjumlah banyak. Jika tidak ada sekop, dapat juga diganti dengan cangkul kecil, atau alat lainnya.

6. Tisu

Tisu digunakan sebagai media untuk menumbuhkan akar pada biji apel. Gunakan tisu toilet yang kering dan bisa menyerap air dengan baik. Fungsi tisu adalah menjaga kelembaban biji untuk merangsang pertumbuhan akar.

7. Toples

Toples berfungsi untuk menjadi media agar biji apel tetap pada suhu yang stabil. Suhu stabil diperlukan saat penyemaian benih apel agar muncul akar. Selain toples bisa juga digunakan tempat penyimpanan lainnya. Yang terpenting adalah tempat tersebut dapat ditutup rapat.

8. Lemari Es

Lemari es berfungsi untuk membantu biji agar dalam keadaan dingin. Suhu lemari es nanti akan diatur sehingga menyerupai suhu udara di pegunungan

Cara Menanam

Setelah mengumpulkan alat dan bahan, berikut adalah cara menanam apel yang bisa dilakukan siapapun di rumah.

1. Siapkan Benih

Cara menanam apel yang pertama adalah menyiapkan benih. Biji yang berasal dari apel harus disemai terlebih dahulu. Caranya adalah dengan memisahkan biji dari buahnya. Kemudian, letakkan biji di atas tisu. Basahi tisu dengan air, lalu tutupi biji apel.

2. Masukkan Ke Kulkas

Biji apel yang telah ditutup tisu basah, dimasukkan ke dalam toples atau wadah tertutup. Masukkan toples tersebut ke dalam kulkas. Proses ini memakan waktu lama bahkan hingga berminggu minggu.

3. Siapkan Media Tanam

Sambil menunggu tumbuhnya akar, siapkan media tanam dengan mencampur pupuk kompos dan tanah. Perbandingan antara pupuk dan tanah adalah 2:1. Jika pupuk 1000 gram, maka tanah yang dicampur sebanyak 500 gram.

4. Tanam Pohon Apel

Lalu, setelah akar muncul dari biji pindahkan dengan hati- hati tanaman ke pot tersebut. Penanaman benih ke pot harus dilakukan secara hati hati agar akar tidak rusak. Sebab, jika akar rusak maka pertumbuhan pohon akan terganggu. Setelah memindahkan tanaman ke pot, pemilik tanaman harus rutin menyirami pot tersebut. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelembaban tanah dan menyuburkan tanaman.

Dalam kurun waktu 3-4 minggu beberapa daun akan mulai tumbuh. Jika ingin menanam pohon di pekarangan, waktu yang tepat untuk memindahkannya adalah ketika sudah mulai muncul batang yang kuat atau menunggu pohon lebih kokoh agar nanti tidak mudah roboh. Cara menanam apel yang praktis ini dapat dipraktekkan dengan catatan membutuhkan ketelatenan dan kesabaran karena memakan waktu lama.


4:15:00 AM