Cara Menanam Bawang Merah Yang Mudah Bagi Pemula




cara menanam bawang merah

Cara Menanam Bawang Merah Yang Mudah Bagi Pemula - Bawang merah menjadi salah satu komoditi yang banyak dibutuhkan, ia termasuk bumbu dasar yang banyak dicari orang. Tak heran jika kemudian banyak yang memutuskan menanam tanaman ini. Sebenarnya menanam bawang merah cukup mudah. Asalkan memahami cara menanam bawang merah yang benar.

Bagi yang pertama kali menanam bawang merah ada beberapa cara yang harus dipahami saat menanam tanaman ini. Pemahaman terkait cara menanam bawang putih yang benar diperlukan untuk menghasilkan hasil panen yang bagus. Lalu bagaimana cara yang tepat menanam tanaman ini? Berikut beberapa langkahnya.

1. Menentukan Metode Tanam

Langkah yang pertama harus dilakukan adalah menentukan metode tanam. Ada beberapa metode tanam yang dapat dipilih untuk tanaman ini. Pertimbangkan kondisi daerah, tujuan tanam, faktor cuaca serta beberapa indikator lainnya. Hal ini penting untuk mempertimbangkan berbagai hal yang kemudian akan mempengaruhi hasil panen.

Setiap metode tanam tentu memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Tinggal pilih metode tanam yang paling sesuai dengan faktor-faktor yang telah dipertimbangkan sebelumnya. Pilih yang paling dapat dijalankan dalam kondisi tersebut, sehingga kerugian atau gagal panen dapat diminimalisir sebelumnya.

2. Menyiapkan Tanah

Kebutuhan selanjutnya yang perlu disiapkan adalah perihal tanah. Faktor tanah menjadi salah satu hal yang tak dapat dilupakan dari proses penanaman bawang merah. Menyiapkan tanah menjadi salah satu tahap penting dalam cara menanam bawang merah. Ada berbagai jenis persiapan yang harus dilakukan dalam persiapan kondisi tanah ini. Mulai dari menggemburkan tanah hingga persiapan lain yang dirasa diperlukan.

Sebenarnya hal ini juga bergantung pada kondisi tanah serta musim yang sedang terjadi. Jadi petani harus mengetahui cara untuk mengelola tanah pada masing-masing musim. Pasalnya tiap musim pasti membutuhkan cara pengolahan tanah tersendiri. Semua ini dengan mempertimbangkan intensitas hujan, kadar air dan berbagai hal lain. Serta jangan lupakan metode tanam yang dipakai.

3. Mulai Melakukan Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit menjadi hal yang selanjutnya perlu disiapkan dalam tahapan cara menanam bawang merah. Bibit bawang merah dapat diperoleh dengan dua cara, yaitu dengan membuat bibit sendiri atau membeli bibit di toko pertanian. Bagi yang menanam untuk tujuan konsumsi pribadi tak ada salahnya menggunakan sisa bahan masak.

Untuk pemilihan benih sebaiknya pilih benih yang berada di usia 70 sampai 90 hari. Ini karena pada usia tersebut titik-titik akar sudah tersebut. Jangan lupa untuk memilih benih yang berasal dari tanaman sehat. Untuk jumlah bibit sendiri bergantung pada varietas tanaman yang akan ditanam. Pertimbangkan juga ukuran lahan serta jarak antar tanaman untuk menemukan jumlah bibit yang tepat.

4. Melakukan Penanaman

Tahap selanjutnya yang diperlukan adalah tahap penanam. Dalam tahap penanaman ini juga harus mempertimbangkan berbagai hal. Untuk tahap ini sebenarnya dapat dibagi secara garis besar menjadi dua jenis tahap. Pertama tahap media tanam yang tadi di bahas pada poin kedua. Kemudian yang harus dipertimbangkan selanjutnya adalah teknik penanaman tersebut.

Saat melakukan penanaman bibit berbagai hal juga perlu dipertimbangkan. Salah satu cara yang dianjurkan saat akan menanam bawang merah adalah melakukan pemotongan bagian atas bawang. Lakukan pemotongan bagian atas bawang ini sebanyak seperempat bagian. Ini fungsinya adalah guna merangsang pertumbuhan pada tunas baru. Saat mengubur bawang juga sebaiknya pastikan bagian atas masih terkena sinar matahari.

5. Melakukan Perawatan Awal

Masalah selanjutnya yang harus diperhatikan adalah masalah perawatan tanaman. Ini menjadi salah satu faktor penting dalam tahapan cara menanam bawang merah. Perawatan ini mencakup berbagai macam hal. Mulai dari masalah menjaga kelembaban tanah hingga melakukan pengendalian gulma. Tak lupa juga selalu perhatikan pemberian pupuk lanjutan.

Untuk pemilihan pupuk sendiri harus dipertimbangkan jenis pupuk yang akan digunakan. Biasanya pemilihan pupuk ini juga harus mempertimbangkan tujuan penanaman bawang tersebut. Jika memang bawang bertujuan untuk diambil daunnya baiknya gunakan pupuk daun. Lalu penanaman bawang untuk diambil umbinya, sebaiknya gunakan pupuk buah.

Itulah beberapa tahapan dalam cara menanam bawang merah. Ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan. Mulai dari pemilihan metode tanam sampai dengan perawatan. Setelah perawatan tentu panen juga menjadi tahap yang harus diperhatikan. Jangan lupa pertimbangkan masalah kondisi tanah, cuaca, serta lahan untuk mempermudah melakukan tahap-tahap tersebut.


6:12:00 AM