Cara Menanam Cengkeh Yang Baik dan Benar




cara menanam cengkeh

Cara Menanam Cengkeh - Cengkeh merupakan tanaman asli nusantara Indonesia. Tanaman yang berasal dari pulau Maluku ini menyebar hingga ke manca negara. Banyaknya manfaat yang didapat dari tanaman ini membuat banyak orang berburu cara menanam cengkeh yang baik dan benar.

Bagian yang paling sering dimanfaatkan dari tanaman ini adalah kuncup bunganya. Sensasi hangat serta pedas dari cengkeh membuatnya sering dijadikan bahan tambahan pembuatan makanan dan minuman. Tak hanya itu, cengkeh juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah tata cara menanam tanaman cengkeh.

1. Persiapan Bibit Cengkeh

Untuk mendapatkan tanaman cengkeh yang cepat berbuah adalah dengan memilih bibit unggul. Sedangkan untuk bibitnya sendiri dapat didapatkan dari membeli benih cengkeh atau memanfaatkan buahnya yang sudah tua berwarna ungu kehitaman. Kemudian dapat melakukan beberapa tahap berikut ini.

Tahap pertama yang perlu dilakukan adalah mengupas kulit buah cengkeh serta pastikan bahwa bijinya tidak lecet. Kemudian, keluarkan bijinya, namun hindari biji yang terlalu kecil atau berbercak hitam.

Tahap selanjutnya adalah rendam biji terpilih selama satu hari dan cuci biji cengkeh dengan air. Pencucian dilakukan secara berulang sebanyak dua hingga tiga kali untuk menghilangkan lendir pada biji.

2. Pemilihan Media Tanam

Sebelum menanam benih atau biji cengkeh, pemilihan media tanam pun perlu untuk diperhatikan. Hal ini juga berpengaruh pada cara menanam cengkeh yang baik dan benar. Beberapa alat serta bahan yang dibutuhkan seperti tanah gembur, pupuk kandang, pot atau polybag yang telah dilubangi, cetok serta air.

3. Pembibitan Cengkeh

Tanaman cengkeh sebaiknya disemai terlebih dahulu dengan media tanam yang lebih kecil untuk menstimulasi pertumbuhan akar. Dengan begitu, pembibitan dapat dipantau dengan mudah hingga pertumbuhan tunas. Berikut akan diuraikan langkah untuk pembibitan cengkeh.

Langkah pertama, campur media tanah dengan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1. Kemudian masukkan campuran tersebut ke dalam pot atau polybag yang telah dilubangi. Lalu buat lubang di bagian tengah lalu letakkan biji di dalamnya. Selanjutnya tutup lubang dengan tanah dan padatkan, kemudian siram dengan air secukupnya.

Usai melakukan langkah di atas, selanjutnya letakkan tanaman ditempat yang terkena sinar matahari 25%. Kemudian pantau pertumbuhan bibit.

4. Pengolahan Lahan

Langkah ini merupakan salah satu cara menanam cengkeh yang perlu untuk diperhatikan. Pengolahan lahan sebaiknya dilakukan dua bulan sebelum proses pemindahan bibit. Hal ini bertujuan untuk menunggu lahan agar siap untuk ditanami. Berikut adalah uraian mengenai metode pengolahan lahan yang baik.

Metode yang pertama adalah pilih lahan di area terbuka dan terkena sinar matahari langsung. Kemudian, lakukan penggemburan lahan tanam dan pastikan telah bersih dari bebatuan, gulma dan tanaman liar. Selanjutnya, diamkan lahan yang telah digemburkan selama satu minggu.

Usai penggemburan lahan, cangkul tanah dengan kedalaman 75 cm dengan lebar lubang tanam sekitar 50 cm. Kemudian masukkan pupuk kandang ke dalam lubang tanam. Selanjutnya langkah terakhir diamkan lahan selama satu bulan agar pupuk meresap ke tanah.

5. Pemindahan Bibit Cengkeh

Bibit cengkeh yang sudah dapat dipindahkan ke lahan permanen adalah bibit tanaman berusia dua tahun. Pemindahan ini merupakan salah satu cara menanam cengkeh yang paling penting. Berikut ini adalah tahapan pemindahan bibit cengkeh.

Untuk pemindahan bibit cengkeh ke media tanam yang sebenarnya, yang perlu diperhatikan adalah batang bibit. Pastikan batang bibit yang akan ditanam itu lurus. Kemudian, robek polybag untuk mengambil bibit cengkeh hingga ke akarnya. Selanjutnya, semprotkan dengan air agar bibit bersih dari tanah yang menempel.

Setelah itu tanam bibit ke lubang yang telah disediakan lalu tutup dengan tanah dan padatkan perlahan. Kemudian, ikat tanaman dengan kayu dengan posisi kayu menancap dengan keadaan miring. Langkah terakhir adalah memberi pupuk kandang di sekitar tanaman dan kemudian timbun lagi dengan tanah untuk memperbaiki pH tanah.

Demikian uraian singkat mengenai cara menanam cengkeh. Tata cara tersebut perlu diperhatikan karena tanaman rempah ini cukup berbeda dengan tanaman lainnya. Ditambah lagi karena tanaman ini mampu bertahan hingga bertahun-tahun lamanya meskipun pada musim kemarau.

Penantian untuk memanen tanaman cengkeh ini memang terbilang cukup lama. Namun sekali panen, jumlah cengkeh yang didapat amatlah banyak. Selain itu, proses panen tanaman ini dapat dilakukan berkali-kali pada satu pohon yang sama. Oleh karena itu menanam cengkeh itu tidak rugi.


4:12:00 AM