Cara Menanam Gambas Di Polybag Dengan Mudah




cara menanam gambas di polybag

Cara Menanam Gambas Di Polybag Dengan Mudah - Berbagai jenis tanaman sayur bisa ditanam di mana saja termasuk juga di pekarangan rumah. Salah satu sayuran yang bisa ditanam di rumah adalah gambas. Menanam gambas tidak selalu menggunakan pot, gambas bisa ditanam dengan menggunakan polybag. Berikut ini adalah cara menanam gambas di polybag dengan mudah.

1. Memilih Lahan Gambas

Tanaman gambas merupakan tanaman yang memiliki adaptasi tinggi terhadap lingkungan dan bisa tumbuh pada berbagai jenis tanah. Gambas atau yang juga bisa disebut dengan oyong ini membutuhkan sinar matahari penuh. Tumbuhan ini bisa tumbuh di lingkungan dengan suhu rata-rata 18 – 24 derajat celcius dan pH 5,5 – 6,8.

Gambas bisa tumbuh dengan baik jika ketersediaan air cukup dan rentan terhadap kekeringan. Apabila tanah kekurangan air, tanaman akan tumbuh kerdil, bunga dan buah rontok, berbatang kecil, serta tidak tumbuh dengan maksimal. Maka dari itu, tanaman gambas harus tumbuh di tanah yang subur, gembur dan memiliki drainase yang baik.

2. Mempersiapkan Alat Dan Bahan

Sebelum menanam gambas, terlebih dahulu siapkan alat dan bahan yang ingin digunakan untuk menanam gambas. Jika ingin menanam menggunakan media polybag, hal yang pasti harus ada adalah polybag itu sendiri. Polybag yang digunakan adalah yang berukuran sedang dengan diameter 25 cm dan tinggi 30 cm. Bagian bawah polybag harus dilubangi.

Agar tanaman gambas menjadi subur, siapkan juga bokashi atau kompos. Dengan menggunakan bokashi atau kompos, tanaman bisa tumbuh subur. Hal ini dikarenakan bokashi atau kompos ini mengandung unsur hara yang baik untuk pertumbuhan tanaman. Siapkan juga air, selang, furadan, sekop kecil, tali, dan ajir atau tajuk.

3. Memilih Benih Gambas

Cara menanam gambas di polybag yang kedua tentunya memilih benih gambas yang ingin di tanam. Pilihlah biji gambas yang ingin ditanam dengan kualitas dan mutu yang tinggi serta layak untuk ditanam. Benih gambas ini bisa dibeli di toko bibit atau bisa juga diambil langsung dari pohon gambas yang sudah mengering.

Akan tetapi ada hal yang harus diperhatikan. Jika membeli benih gambas di toko bibit, pilihlah biji yang dibungkus rapi dan tanggal kadaluwarsa yang cukup lama. Hal ini dikarenakan lamanya masa kadaluwarsa menentukan kelayakan tanam dan kualitas benih. Tetapi jika memetik dari pohon, pilih dari gambas yang sudah mengering kemudian dijemur.

Biji gambas dijemur di bawah sinar matahari pagi sekitar jam 7 sampai jam 11 pagi. Selain itu, biji gambas juga bisa dijemur dengan sinar matahari setelah jam 1 siang. Jika sudah selesai menjemur biji gambas, lakukan pemilihan pada biji gambas dengan cara merendamnya di air dan pilih biji yang tengggelam.

4. Mempersiapkan Bibit Gambas

Jika bibit sudah selesai dipilih, cara menanam gambas di polybag selanjutnya adalah mempersiapkan bibit gambas atau melakukan pembibitan. Pecah kulit biji gambas agar biji gambas mudah berkecambah. Cara ini harus dilakukan dengan hati-hati agar biji gambas tidak rusak. Jika sudah dipecah sedikit, kemudian rendam dengan air hangat 3 jam.

Setelah direndam, buang air rendaman kemudian tiriskan biji gambas dan siapkan kain atau koran bekas yang sudah dilipat dan dibasahi dengan air. Tiriskan kertas koran sampai air tidak menetes dan isilah kertas koran atau kain tersebut dengan benih maksimal 50. Benih kemudian dimasukkan ke dalam kantong plastik lalu diikat rapat dan tunggu sampai berkecambah.

5. Menanam Gambas Di Polybag

Jika alat dan bibit sudah siap, maka cara menanam gambas di polybag berikutnya adalah menanam gambas. Bokashi atau kompos beserta tanah dicampur dengan perbandingan 1:1 kemudian tambahkan furadan sebanyak 3 sendok makan sesuai ukuran polybag. Aduk dengan sekop kecil sampai semua bahan tadi merata.

Bahan yang sudah diaduk tadi kemudian dimasukkan ke dalam polybag lalu siram dengan air sampai merata. Jika sudah, benamkan biji gambas sebanyak 3 biji di setiap polybag sedalam 3 centimeter dan tutup sedikit dengan tanah. Benih gambas juga bisa disemaikan dulu dan baru setelah tumbuh bisa dipindahkan ke dalam polybag.

Gambas adalah jenis sayuran yang sering dimasak dan mudah dijumpai. Sayuran  ini memiliki banyak kandungan yang sangat baik untuk tubuh dan bisa mengobati berbagai penyakit. Menanam gambas bisa dilakukan di rumah dengan media polybag. Cara menanam gambas di polybag ini tentunya tidak susah dan bisa dilakukan siapa saja.


3:56:00 AM