Cara Menanam Hidroponik Tomat Dengan Sistem NFT




cara menanam hidroponik tomat

Cara Menanam Hidroponik Tomat Dengan Sistem NFT - Tomat merupakan buah yang sering digunakan dalam bahan masakan sehari-hari. Buahnya yang kaya manfaat ini membuat banyak orang tidak perlu membeli tomat. Tomat bisa ditanam di rumah dengan menggunakan sistem hidroponik NFT, dan berikut adalah cara menanam hidroponik tomat dengan sistem NFT.

1. Memilih Lokasi Penanaman

Sistem hidroponik hanya cocok untuk lingkungan yang berada di dalam ruangan atau di rumah kaca. Tanaman yang ditanam dengan hidroponik membutuhkan kontrol yang tepat agar bisa berfungsi dengan baik sehingga harus berada di tempat tertutup. Hal ini dikarenakan suhu dan kelembaban bisa diatur dengan tingkat yang akurat untuk pertumbuhan terbaik.

2. Membuat Alat Tanam Hidroponik

Setelah menemukan lokasi yang tepat untuk menanam tomat, maka cara menanam hidroponik tomat yang berikutnya adalah membuat alat tanam. Alat tanam dengan sistem NFT biasanya membutuhkan wadah plastik besar untuk waduk, nampan, pompa, dan pipa. Untuk itu, persiapkan terlebih dahulu alat-alat yang tadi disebutkan.

Jika sudah, isi wadah plastik besar dengan air sebanyak 3,8 liter. Wadah plastik ini bisa berupa ember dan sebaiknya gunakan wadah plastik yang baru untuk mencegah kontaminasi pada sistem hidroponik. Selanjutnya letakkan nampan di atas waduk dan usahakan peletakan nampan harus lebih tinggi dari wadah air.

3. Memasang Pompa

Pompa adalah salah satu elemen yang penting dalam sistem hidroponik NFT, untuk itu pasang pompa air ke dalam waduk. Untuk mencari pompa biasanya ditemukan di toko pertanian terdekat dan pilihlah pompa yang kuat. Kegunaan dari pompa pada sistem NFT ini tidak lain adalah untuk mengalirkan air dari waduk ke nampan.

Setelah memasang pompa, jangan lupa untuk memasang pipa pengisian di antara waduk dan nampan. Pipa yang digunakan adalah pipa PVC berukuran 1,25 cm dan biasanya pipa seperti ini bisa didapatkan di toko alat pertanian. Berikutnya pasang pipa PVC panjang ke nampan yang terpasang fitting, tepatnya di dekat bagian atas akar.

4. Memasang Timer Pada Pompa Air

Pengatur waktu atau timer juga sangat berguna untuk sistem hidroponik ini karena berguna untuk menyalakan pompa air secara berkala. Hal ini perlu disesuaikan sehingga nutrisi yang diberikan bisa tepat. Disarankan untuk menggunakan pengatur waktu yang tahan air dan pada pompa air memiliki tempat untuk mengatur waktu.

Pasang timer di dekat pompa air kemudian lakukan uji coba pada sistem yang sudah dibangun. Untuk menguji coba sistem ini, nyalakan pompa air kemudian lihat apakah air sudah mencapai baki atau belum.

Apabila air gagal mencapai baki atau ada tumpahan air berlebih, maka sesuaikan pengaturan pompa air. Jika pengaturan pompa sudah selesai, periksa juga timer apakah timer bisa mengatur pompa pada waktu yang sudah ditentukan atau malah tidak bekerja.

5. Melakukan Pembibitan Tomat

Alat sudah selesai dibuat, cara menanam hidroponik tomat selanjutnya adalah melakukan pembibitan pada tomat. Tanam bibit tomat pada nampan pembibitan dengan bahan pendukung khusus untuk hidroponik. Bahan pendukung tersebut bisa berupa rockwool. Rendam rockwool dengan air pH 4,5 lalu tanam benih di bawah permukaan rockwool, tunggu sampai berkecambah.

Jika tanaman sudah berkecambah, lepaskan penutup dan tempatkan bibit pada sumber cahaya buatan setidaknya 12 jam per hari. Cahaya buatan ini menggunakan lampu pijar karena bisa menghasilkan panas dibandingkan cahaya lain. Hindari untuk membiarkan cahaya buatan dari lampu pijar menyinari akar tomat karena dapat merusak bibit tomat.

6. Memindahkan Bibit Pada Sistem Hidroponik

Jika sudah 10 sampai 14 hari, segera pindahkan bibit ke media tanam hidroponik yang sudah dibuat. Tempatkan bibit ini dengan jarak 6 inci atau 15 cm atau pindahkan ke wadah baru yang berisi rockwool.

Tempatkan tanaman tomat di atas nampan kemudian atur waktu pada pompa air pada waktu 15 atau 30 menit setiap enam jam. Di samping mengatur air, lampu buatan juga harus dihidupkan antara 16 sampai 18 jam sehari.

itulah cara menanam hidroponik tomat dengan sistem NFT. Buah tomat menjadi buah yang kerap ditemui sehari-hari dan bisa ditanam dengan menggunakan sistem hidroponik. Usahakan untuk mengatur suhu dan kadar keasaman dari sistem hidroponik agar tomat bisa tumbuh dengan sehat. Di samping itu, tambahkan larutan nutrisi serta jaga tanaman tomat dari serangan hama dan penyakit.


3:35:00 AM