Cara Menanam Kacang Tanah Dengan Mudah




Cara Menanam Kacang Tanah

Cara Menanam Kacang Tanah Dengan Mudah - Kacang tanah adalah komoditi yang cukup besar permintaannya di pasaran. Hal inilah yang membuat banyak orang yang merasa tertarik untuk menanam kacang tanah. Kacang tanah sendiri biasanya di tanam langsung di lahan tanpa menggunakan media pot. Cara menanam kacang tanah sebenarnya tidak sulit. Bahkan tanaman ini bisa ditanam siapa saja asalkan memiliki benih dan lahan yang cukup.

Untuk bisa sukses menanam kacang tanah, sebaiknya ketahui terlebih dahulu cara menanam kacang tanah dengan mudah. Dengan menerapkan cara-cara penanaman yang benar, maka hasil panen kacang tanah akan lebih berlimpah. Berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan untuk menanam kacang tanah :

1. Pilih Benih Yang Bagus Untuk Ditanam

Pertama sekali yang harus dilakukan adalah melakukan pemilihan benih yang bagus untuk tanaman. Pilihlah benih kacang yang padat dan berisi. Hindari penggunaan benih yang kisut dan tidak bagus. Pemilihan benih ini sangat penting karena jika tidak menanam benih yang bagus, maka kemungkinan benih tidak akan tumbuh dengan baik. Untuk mendapatkan benih yang bagus, petani juga bisa membeli benih jadi di depot pertanian.

2. Rendam Benih Di Dalam Air

Benih kacang tanah sebaiknya direndam dulu sebelum ditanam. Perendaman ini dilakukan menggunakan media air dan sedikit campuran POC GDM. POC GDM adalah sejenis senyawa yang akan melindungi kacang tanah jika sudah tumbuh dari serangan penyakit. Proses perendaman benih ini sendiri berguna untuk mempercepat perkecambahan benih. Sehingga ketika benih ditanam, petani tidak perlu menunggu lama kacang tanah tumbuh.

3. Siapkan Lahan Yang Akan Ditanami

Setelah menyiapkan benih, maka persiapkan lahan yang akan ditanami. Pilihlah lokasi lahan yang tanahnya subur dan tidak tandus. Kacang tanah membutuhkan lahan yang subur dan mengandung air. Sterilkan lahan dari rumput hingga lahan benar-benar bersih. Selanjutnya gemburkan tanah dengan cara membuat bedengan yang memanjang. Bedengan ini berupa gulutan tanah yang akan ditanami kacang tanah. Gunakan cangkul yang bagus untuk melakukan penyiapan lahan ini.

4. Berikan Pupuk Kandang Pada Lahan

Berikutnya setelah lahan siap, berikan pupuk kandang pada lahan yang telah disiapkan. Pupuk kandang ini berupa hasil pengolahan dari kotoran hewan ternak seperti sapi atau kambing. Pemberian pupuk kandang sendiri sangat penting untuk memastikan bahwa kacang tanah akan mendapatkan nutrisi yang baik selama masa pertumbuhan. Zat hara yang cukup akan membuat kacang tanah menghasilkan buah yang banyak, berisi dan padat.

5. Masukkan Benih Kacang Ke Dalam Tanah

Cara menanam kacang tanah yang selanjutnya yaitu memasukkan benih kacang ke dalam tanah. Atur jarak penanaman benih jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh. Jarak ideal penanaman benih kacang tanah sendiri berada pada rentang jarak 40 x 20 cm. Dengan ukuran ini, maka kacang tanah memiliki ruang untuk tumbuh dengan baik, tanpa harus terlalu berdesakan satu sama lain. Hasil yang didapatkan juga akan memuaskan.

6. Lakukan Penyiraman Pertama

Setelah benih tertanam dengan baik, lakukan penyiraman pertama. Penyiraman pertama ini dilakukan agar benih bisa menyerap unsur hara yang ada pada tanah. Tindakan penyiraman ini juga tidak perlu terlalu basah. Hal ini hanya untuk memastikan bahwa benih dan tanah bisa menyatu dengan baik.

7. Pantau Pertumbuhan Kacang Tanah

Menanam kacang tanah bukan hanya sekedar menimbun benih di dalam tanah. Pertumbuhan kacang tanang juga harus dipantau. Pekerjaan inilah yang sebenarnya membutuhkan kesabaran. Pastikan benih berhasil tumbuh dan tidak diganggu oleh hama seperti tikus. Jangan sampai justru benih sudah hilang lebih dulu hanya karena dimakan oleh tikus tanah. Pastikan kacang tanah bisa tumbuh dengan baik.

Itulah cara menanam kacang tanah yang bisa dilakukan. Setelah ditanam pastikan kacang tanah mendapatkan perawatan yang maksimal. Lakukan penyiraman yang teratur pada saat pagi dan sore. Kacang tanah membutuhkan banyak pasokan air untuk bisa tumbuh secara sempurna.

Siangi rumput yang tumbuh di sekeliling tanaman kacang tanah. Tanaman kacang tanah yang pendek tidak boleh bersaing dengan rumput untuk tumbuh. Perawatan tanaman kacang tanah juga sama pentingnya seperti menanam kacang tanah dengan benar. Tanpa perawatan yang baik, kacang tanah juga tidak akan bisa tumbuh dengan bagus.


1:46:00 AM