Cara Menanam Lidah Mertua Di Dalam Pot




Cara Menanam Lidah Mertua

Cara Menanam Lidah Mertua Di Dalam Pot - Tanaman lidah mertua yang memiliki nama latin sensevieria  adalah tanaman hias yang sangat cantik. Meskipun hanya berupa daun, namun tanaman ini memiliki nilai estetika yang tinggi. Nilai estetika inilah yang membuat banyak orang yang merasa tertarik untuk menanam lidah mertua. Cara menanam lidah mertua sebenarnya memang tidak sulit, apalagi bila menanamnya dengan menggunakan pot.

Lidah mertua yang ditanam di dalam pot akan semakin terlihat sisi keindahannya. Tanaman hias ini sangat cocok untuk diletakkan di lingkungan rumah. Pemandangan pekarangan rumah akan semakin indah dengan hadirnya tanaman lidah mertua. Bagi yang ingin menanam tanaman lidah mertua, berikut ini akan dijelaskan cara menanam lidah mertua di dalam pot:

1. Ambil Tunas Lidah Mertua

Cara yang pertama adalah dengan mengambil tunas lidah mertua. Lidah mertua berkembang biak dengan cara tunas. Oleh sebab itu, ketika tanaman ini sudah besar, akan tumbuh tunas-tunas kecil di sekelilingnya. Pilihlah tunas yang sudah memiliki tiga daun. Tunas yang sudah memiliki tiga daun akan lebih mudah untuk tumbuh di pot. Cara mengambil tunas ini cukup mudah, cukup potong bagian akar tunas dan pisahkan tunas dari indukannya.

2. Siapkan Tanah Yang Subur

Setelah itu, siapkan tanah yang subur untuk menanam tanaman lidah mertua. Tanah yang subur ini sebaiknya adalah tanah yang mengandung pupuk kandang. Ciri-ciri tanah yang subur adalah tanah yang berwarna hitam lembab. Tanah seperti ini mengandung banyak zat hara yang dibutuhkan oleh tanaman.

3. Masukkan Tanah Ke Dalam Pot

Setelah itu, masukkanlah tanah ke dalam pot. Sediakan pot yang ukurannya sedang atau tidak terlalu besar. Dalam hal ini, cukup isi tanah sebanyak 3/4 bagian pot saja. Tidak perlu mengisi tanah ke dalam pot hingga penuh. Jika tanah terlalu penuh, maka ketika penyiraman dilakukan, tanah dikhawatirkan akan tumpah.

4. Tanam Tunas Lidah Mertua Ke Dalam Pot

Tahap selanjutnya, tanam tunas lidah mertua ke dalam pot. Masukkan lidah mertua dan pastikan yang ditimbun oleh tanah hanya bagian akarnya saja. Bagian daun lidah mertua tetap berada pada posisi atas. Dikarenakan akar dari lidah mertua ini sangat kecil, pastikan akar terbenam secara sempurna. Jika akar sudah terbenam secara sempurna cobalah tarik sedikit tanaman ini untuk memastikan jika lidah mertua sudah tertancap dengan benar.

5. Berikan Pupuk NPK

Pupuk NPK sangat bagus sekali untuk tumbuhan lidah mertua. Hal ini dikarenakan pupuk NPK akan membantu daun dari lidah mertua tumbuh subur. Oleh sebab itu, taburkan pupuk NPK pada pinggiran pot. Pemberian pupuk ini tidak perlu banyak-banyak, secukupnya saja. Pemberian pupuk NPK ini kurang lebih hanya sekitar satu sendok saja. Nantinya pemberian pupuk bisa ditambahi jika lidah mertua mulai tumbuh.

6. Siram Tanaman Lidah Mertua Dengan Air

Tahap berikutnya siram tanaman lidah mertua dengan air secukupnya. Penyiraman ini untuk memberikan nutrisi pada tanaman lidah mertua. Sebenarnya tanaman lidah mertua adalah tanaman yang tidak memerlukan banyak air. Namun walaupun begitu, tanaman ini tidak boleh sampai kekeringan. Jika sampai kekeringan, maka daun lidah mertua akan layu dan warna hijaunya menjadi pucat.

7. Letakkan Tanaman Di Tempat Yang Tepat

Rangkaian cara menanam lidah mertua ini diakhiri dengan meletakkan tanaman lidah mertua di tempat yang tepat. Tempat yang tepat ini adalah tempat dimana tanaman lidah mertua bisa mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Sama seperti tumbuhan lain, tanaman ini membutuhkan bantuan cahaya matahari untuk proses fotosintesis. Oleh sebab itu, sebaiknya letakkan lidah mertua di pekarangan. Jika ingin meletakkan di dalam rumah, letakkan di dekat jendela.

Ikuti semua cara menanam lidah mertua yang ada di atas. Dengan mengikuti semua langkah tersebut, maka dapatkan tanaman lidah mertua yang tumbuh subur. Tanaman lidah mertua yang baik nantinya akan menghasilkan daun yang berwarna hijau terang dan daunnya akan tumbuh tegak.

Lidah mertua yang kecil, juga cocok diletakkan di atas meja sebagai hiasan. Khusus lidah mertua yang besar lebih cocok untuk menghiasi pojok ruangan.  Bagi yang tidak sempat menanam, tenang saja karena tanaman ini juga banyak dijual di toko-toko tanaman hias.


2:10:00 PM