Cara Menanam Nanas Madu Dengan Benar




Cara Menanam Nanas Madu Dengan Benar

Cara Menanam Nanas Madu Dengan Benar - Nanas madu adalah sejenis nanas yang buahnya manis dan banyak diminati masyarakat. Tanaman ini juga bisa ditanam dengan mudah. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk menanam nanas madu. Bagi yang belum tahu dan penasaran, di bawah ini ada beberapa cara menanam nanas madu dengan benar. Cara ini bisa dilakukan oleh siapa saja.

Rasanya yang manis dan dapat diolah menjadi makanan yang lezat membuat banyak orang seharusnya membudidayakan nanas ini. Manfaatkan lahan kosong yang ada di sekeliling rumah untuk menanam nanas madu. Tanaman ini bisa ditanam di lahan yang sempit maupun yang luas.  Berikut ini cara-cara untuk menanamnya:

1. Siapkan Bibit Nanas Madu

Pertama, siapkan bibit nanas madu. Bibit nanas madu yang terbaik adalah bagian tunas batang dari nanas madu. Tunas yang bagus untuk dijadikan bibit memiliki tinggi sekitar 30 sampai 35 cm. Siapkan bibit nanas ini dengan memisahkan tunas dari induknya. Bibit nanas madu ini juga bisa dibeli dengan mudah di pasaran. Harga dari bibit ini juga tidak mahal hanya berkisar di bawah sepuluh ribuan saja.

2. Olah Lahan Yang Akan Digunakan

Selanjutnya, lakukan pengolahan lahan untuk penanaman. Bersihkan semua rumput yang ada pada lahan. Setelah itu, gunakan cangkul untuk membuat bedengan atau gulutan tanah. Di atas bedengan inilah nantinya bibit nanas akan ditanam. Lakukan pengerjaan ini dengan rapi. Usahakan gulutan tanah tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah. Gulutan ini memudahkan penanaman dan juga proses penyiraman.

3. Lakukan Pengapuran

Langkah selanjutnya lakukan pengapuran tanah. Pengapuran tanah ini perlu dilakukan karena nanas madu bisa tumbuh di tanah yang PH nya cukup rendah. Tindakan ini bisa dilakukan dengan bahan celcit dan dolmit. Taburkan bahan ini di atas permukaan tanah secara merata. Pengapuran tidak perlu dilakukan dengan tebal, cukup tipis saja namun merata. Bahan untuk pengapuran ini bisa dibeli dengan mudah di depot pertanian.

4. Buat Lubang Tanam

Selanjutnya, buatlah lubang tanam untuk menanam bibit nanas madu. Cara menanam nanas madu ini sebenarnya akan berhasil jika pengaturan jarak tanam dilakukan dengan benar. Jarak penanaman harus berkisar antara 40 x 60 cm. Ini artinya, lubang penanaman harus diberi jarak 40 x 60 cm. Dengan jarak ini, maka tanaman nanas madu bisa berkembang dengan baik. Jika jarak terlalu dekat, maka tanaman nanas akan sulit berkembang.

5. Masukkan Bibit Nanas Ke Dalam Lubang Tanam

Tahap selanjutnya, masukkan bibit nanas ke dalam lubang tanam. Lubang tanam ini adalah lubang tanam yang tadi sudah disiapkan. Untuk memasukkan bibit nanas ini sebenarnya tidak sulit bahkan bisa dilakukan dengan cepat. Bila lahan penanaman luas, maka sebaiknya lakukan penanaman bibit ini secara serentak. Pastikan hanya akar bibit nanas saja yang tertanam di dalam tanah. Lalu tutup bagian akar ini dengan tanah. Panjang akar yang tertutup tanah sebaiknya sekitar 3 cm.

6. Padatkan Bibit Yang Telah Ditanam

Langkah berikutnya, cobalah padatkan bibit yang telah ditanam. Pemadatan ini bisa dilakukan dengan cara menekan setiap sisi bibit nanas. Pastikan tanah pada bedengan tidak longsor karena penanaman ini. Penanaman tunas ini harus kuat karena jika tidak maka bibit akan mudah tercabut. Jika bibit sudah tercabut maka nanas dipastikan tidak akan tubuh. Ujilah terlebih dahulu kekuatan bibit dengan menariknya perlahan. Bila tidak tercabut, maka bibit sudah kuat.

7. Lakukan Penyiraman

Tahap terakhir adalah melakukan penyiraman awal pada bibit nanas madu. Penyiraman ini dilakukan untuk memberikan nutrisi awal pada bibit yang baru ditanam. Selain itu penyiraman juga berfungsi memastikan jika bibir tertanam dengan sempurna di dalam tanah. Nantinya penyiraman ini juga harus dilakukan secara berkala. Oleh sebab itu, waktu sebenarnya waktu penanaman buah nanas madu yang paling tepat adalah saat musim hujan. Hal ini membuat petani tidak perlu bingung memikirkan suplai air.

Cara menanam nanas madu sebenarnya memang tidak sulit. Apalagi nanas tidak membutuhkan perawatan ekstra seperti jenis tanaman lainnya. Pohon nanas juga termasuk salah satu tanaman yang jarang diganggu hama. Jadi tidak terlalu perlu adanya penyemprotan pestisida. Terapkan cara menanam nanas madu yang ada di atas dan nikmati nanas madu hasil panen dari kebun sendiri.


9:55:00 AM