Cara Menanam Rumput Gajah Yang Benar dan Mudah




hand holding green grass background.

Cara Menanam Rumput Gajah - Rumah-rumah yang memiliki halaman depan atau belakang biasanya sering ditemui dengan ditanami rumput gajah. Mengapa demikian? Karena memang terlihat mudah, bagus dan enak dipandang. Tapi bagaimana cara menanam rumput gajah yang benar?

Ada beberapa step atau tahapan dalam menanam rumput gajah. Agar bisa tumbuh subur dan tidak mat, rumput gajah perlu dilakukan beberapa perlakuan khusus dalam menanamnya. Berikut ini tahapan cara menanam rumput gajah :

1. Persiapan Untuk Media

Media memang menjadi hal penting dalam menanam rumput gajah. Media atau tanah pertama digemburkan dulu. Caranya yaitu dengan membolak balik atau memindah tanah yang di bawah menjadi ke atas. Hal ini dilakukan supaya akar bisa mudah untuk menembus ke dalam tanah. Bisa dilakukan dengan cangkul kecil atau alat apa saja yang ada, yang pasti tanah bisa dibalik dari bawah ke atas.

Misalnya saja tidak memiliki tanah di area taman. Dalam kata lain tamannya berlantai semen. Nah bisa diakali dengan menabur tanah ke atasnya taman semen itu. Yang perlu diperhatikan adalah tanah dicampur dahulu dengan pupuk supaya bisa tumbuh subur. Tidak perlu banyak-banyak, cukup 5 cm saja.

2. Pemupukan Tanah Sebelum Ditanam

Pemupukan tanah ini dilakukan dengan pupuk organik atau pupuk kandang. Mengapa demikian? Karena pupuk kandang selain murah juga bagus untuk percepatan pertumbuhan tanaman. Mula-mula cara menanam rumput gajah yang kedua ini setelah dilakukan maka didiamkan dulu. Lama didiamkannya sekitar 7-10 hari atau sampai 2 minggu lebih baik. Dengan didiamkan nantinya tanah bisa menyatu dengan pupuk.

Cara memupuknya bisa dilakukan dengan seperti mengaduk adonan semen untuk bangunan. Lebih bagus lagi pupuk yang digunakan itu agak halus. Jadi mudah untuk bercampurnya dengan tanah. Jika yang dimilikinya sedikit kasar. Maka akan lebih bagus lagi jika diayak dahulu. Bisa menggunakan ayakan biasa.

3. Penyiraman Media

Media tanam atau tanah harus dalam kondisi lembab. Supaya nanti dalam proses selanjutnya lebih mudah untuk ditanami. Penyiraman tidak perlu dilakukan setiap hari. Jika di musim kemarau bisa diperhatikan kondisi media tanamnya. Jika terlihat kering, maka segeralah untuk disiram. Apabila musim penghujan tidak perlu banyak disiram.

Selain mudah untuk ditanam juga bisa meratakan dari permukaan tanah. Media tanam yang sudah diberi pupuk jika sudah disiram dan sudah didiamkan selama waktu di atas tadi, maka siap untuk ditanam. Cara menanam rumput gajah memang tidak sesulit menanam tanaman yang lainnya. Agar hasilnya bagus dan rata, maka langkah ini perlu diperhatikan.

4. Menanam Rumput Gajah

Setelah semua persiapan selesai tinggal proses utamanya, yaitu menanamnya. Cara menanam rumput gajah yang baik agar tumbuh subur yaitu media tanah harus basah atau becek. Dengan beceknya media tanam bisa membuat mudah akar masuk ke dalam tanah. Caranya yaitu letakkan bibit rumput gajah mini di atas tanah tadi. Kemudian pencet perlahan agar akar bisa masuk ke dalam tanah.

Cara yang lainnya yaitu bisa melubangi sedikit untuk masuknya akar rumput gajah. Hal ini dilakukan agar akar bisa kokoh tertancap di tanah. Setelah masuk, maka padatkanlah tanah di sekitar akar. Lakukanlah dengan hati-hati san pastikan akar masuk ke tanah supaya bisa tumbuh. Dan tanamlah dengan jarak beberapa centimeter, supaya tidak berdekatan setelah tumbuh.

5. Penyiraman Rumput Setelah Ditanam

Seusai perlakuan itu semua, yang perlu diperhatikan selanjutnya yaitu penyiraman tanaman. Rumput gajah jika sudah terlihat kering tanahnya maka segeralah disiram supaya tidak layu. Penyiraman lebih bagus dilakukan di sore hari. Hal ini dilakukan supaya tanaman tidak layu. Jika mau menyiram tanaman bisa dilakukan kapan saja.

Cara menanam rumput gajah memang mudah sekali dan tidak perlu dilakukan oleh orang yang ahli. Untuk penyiraman sendiri juga bisa dilakukan sendiri. Jika ingin lebih cepat tumbuh, bisa setiap kali ditambah pupuk dan tidak hanya disiram. Pupuk bisa diberikan secara berkala. Bisa sebulan sekali atau lebih.

Cara menanam rumput gajah sangatlah mudah dan bisa dilakukan siapa saja. Yang terpenting dalam hal ini adalah media tanamnya yang harus bagus supaya bisa tumbuh subur. Selamat mencoba bagi yang ingin menanam rumput gajah di rumah.


6:20:00 AM