Cara Menanam Ubi Kayu Sampai Proses Panen Serta Alat dan Bahannya




cara menanam ubi kayu

Cara Menanam Ubi Kayu adalah salah satu tanaman yang mudah ditemui di Indonesia. Biasanya ubi kayu tumbuh di kebun atau pun di pekarangan rumah. Dalam tanaman ubi kayu daun dan buahnya bisa diolah sebagai makanan. Cara menanam ubi kayu yang mudah membuat banyak orang yang membudidayakannya.

Alat & Bahan Untuk Menanam Ubi Kayu

Jika ingin tahu bagaimana cara menanam ubi kayu, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan sebelum menanam. Alat dan bahan itu antara lain adalah sebagai berikut :
  • Cangkul
  • Pupuk
  • Batang ubi kayu
  • Pisau
  • Lahan untuk menanam
  • Air

Cara Menanam Ubi Kayu

Setelah semua alat dan bahan tersedia, maka langkah selanjutnya adalah menanam ubi kayu. Cara menanam ubi kayu bisa dilakukan dengan langkah sebagai berikut ini.

1. Memilih Iklim Tanam Yang Bagus

Agar ubi kayu yang tanam bisa tumbuh dengan maksimal, maka sebelum ditanam harus tentukan terlebih dahulu iklan dan lokasi tanamnya. Iklim dan suhu yang baik untuk menanam ubi kayu adalah di musim yang cukup air hujan dan suhu di atas 10 C. karena pertumbuhan ubi kayu bisa terhambat di udara di bawah 10 C.

2. Mempersiapkan Bibit Ubi Kayu

Jika sudah tahu kapan akan menanam ubi kayu maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan bibit ubi kayu. Pilihlah bibit ubi yang berasal dati tanaman induk berusia 10 hingga 12 bulan dan pilih induk yang sehat. Ciri batang ubi ayu yang bisa dijadikan bibit adalah memiliki diameter 2 cm dan tidak ada tunas baru serta lurus.

3. Penanaman Ubi Kayu

Untuk cara penanaman ubi kayu sangatlah mudah, ada beberapa proses yang harus dilakukan agar ubi kayu bisa tumbuh dengan baik. Proses penanaman ubi kayu antara lain:
  • Pertama rendah terlebih dahulu bibit ubi dengan pupuk yang akan dicampur selama beberapa jam sebelum ditanam. Hal ini akan mempermudah pertumbuhan bibit.
  • Buatlah ujung bawa bibit ubi lebih runcing dengan cara membuang ujungnya. Kemudian tanam kurang lebih 1/3 dari batang atau sedalam 5 – 10 cm kemudian timbun dengan tanah.
  • Jarak tanam antara tumbuhan adalah 80 cm x 120 cm.
  • Tancapkan bagian yang runcing terlebih dahulu,
  • Lihat perkembangan pertumbuhan ubi kayu hingga muncul helai daun baru.

4. Penyulaman & Penimbunan

Setelah ubi kayu ditanam, diperlukan penyulaman untuk mengganti, mencabut atau penyulaman ulang. Selain itu tanah tempat tumbuhnya ubi kayu harus dibersihkan dari berbagai tanaman pengganggu yang bisa menghambat pertumbuhan ubi kayu. Selama 5 sampai 10 minggu tanaman ubi kayu harus bebas dari berbagai tanaman mengganggu agar hasilnya lebih optimal. Untuk penimbunan sendiri bisa dilakukan dengan penggemburan tanam kembali agar menjadi gundukan tanah.

5. Pemupukan & Pengairan

Berikan pupuk kandang yang telah diolah agar bisa membuat ubi kayu lebih subur. Selanjutnya untuk proses pengairan dilakukan selama 4 atau 5 bulan pertama setelah penanaman. Namun jika lahan yang digunakan lembab maka proses pengairan tidak terlalu wajib, sedangkan jika lahan yang digunakan untuk proses pengairan cukup kering maka harus diberikan air dengan sistem genangan air agar air bisa meresap langsung ke dalam tanah.

Proses Panen Ubi Kayu

Sebelum dipanen, ubi kayu harus dirawat terlebih dahulu. Ubi kayu yang tumbuh harus dilakukan pemangkasan. Ketika tanaman telah tumbuh maka pangkaslah agar cabang-cabang yang baru tumbuh kembali dan bisa dijadikan sebagai bibit baru. Satu buah pohon ubi setidaknya harus memiliki 2 hingga 3 cabang.

Proses pemanenan dilakukan ketika ubi kayu berusia 6 hingga 8 bulan. Cara memanen ubi kayu tidaklah sulit, ubi hanya perlu ditarik hingga mengeluarkan buah bi kayu. Untuk proses ini bisa dilakukan dengan tangan kosong atau dengan cangkul untuk mempermudah pengambilan buah ubi yang tertinggal di dalam tanah.

Cara menanam ubi kayu sangatlah mudah. Tidak heran bila banyak orang yang membudidayakan tanaman satu ini. Selain mudah, ubi kayu menghasilkan buah yang bisa diolah menjadi makanan baik dari daun ubi kayu atau dari buah ubi kayu sendiri, selain dikonsumsi sendiri hasil tanaman ubi kayu bisa dijual di pasar. Sangat menguntungkan bukan menanam ubi kayu?


4:13:00 AM