Cara Menanam Vanili Di Polybag dan Proses Panen




cara menanam vanili di polybag

Cara Menanam Vanili Di Polybag - Lahan pertanian yang semakin sempit membuat banyak orang beralih ke media tanam polybag. Polybag adalah media menanam tanaman yang berbentuk plastik berukuran sedang dan bisa ditaruh di lahan yang tidak begitu luas.banyak sekali tanaman yang bisa ditanam dengan polybag salah satunya adalah vanili. Tertarik untuk mencobanya? Berikut ini cara menanam vanili di polybag yang bisa dicoba beserta proses panennya.

Cara Menanam Vanili Di Polybag

Sebelum mengetahui cara menanam vanili di polybag ada beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan. Yaitu biji vanili, air, tanah, polybag, pupuk, alat siram dan skop tanah. Jika alat dan bahan sudah lengkap maka bisa mengikuti cara berikut :

1. Persiapan Polybag Untuk Menanam

Tanaman vanili adalah salah satu tanaman tropis, sehingga cara menanam vanili di polybag cukuplah mudah. Tidak perlu ruangan khusus untuk menanam vanili seperti rumah kaca atau lainnya karena vanili bisa tumbuh dengan baik di polybag. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mempersiapkan lahan untuk menanam vanili, misalkan:
  • Letakkan polybag di tempat yang memiliki pencahayaan cukup tapi tidak terlalu panas.
  • Perhatikan tekstur dan kelembaban tanah di polybag yang akan digunakan.
  • Gunakan pupuk kandang atau kompos yang ramah lingkungan.

2. Pengambilan Bibit Vanili

Untuk mendapatkan bibit vanili yang nantinya akan ditanam sangatlah mudah. Banyak sekali toko tanaman yang menyediakan stek vanili yang bisa ditanam atau bisa juga menggunakan biji vanili. Jika ingin menggunakan biji vanili maka harus dijemur terlebih dahulu. Ketika menggunakan biji vanili cenderung lebih susah dan memakan waktu lebih lama untuk pengeringannya.

3. Proses Persiapan Bibit Vanili

Jika sudah mendapatkan bibit vanili yang akan ditanam maka langkah selanjutnya adalah proses persiapan bibit vanili agar bisa ditanam. Proses ini bertujuan agar bibit bisa tumbuh dan berkembang dengan baik serta pertumbuhan vanili tidak terhambat. Beberapa langkah yang harus diperhatikan ketika proses persiapan bibit vanili yaitu:
  • Bersihkan bibit vanili terlebih dahulu dengan lap atau tisu.
  • Rendam bibit vanili kedalam baskom berisi air selama 10 – 15 menit.
  • Ambil stek yang tadi direndam kemudian lap dengan kain hingga kering. Kemudian masukan kembali ke dalam air rendaman namun hanya ujungnya saja selama 5 – 7 hari.
  • Beri air pupuk agar proses persiapan bibit vanili lebih cepat.
  • Jika muncul tunas daun baru maka proses ini berhasil.

4. Proses Penanaman Vanili

Ketika bibit vanili sudah siap tanam maka bisa dipindah ke polybag, berikut ini beberapa cara yang harus diperhatikan ketika memindahkan stek vanili ke polybag.
  • Siapkan polybag terlebih dahulu dan siram agar kondisi tanahnya lembab, jangan lupa berikan pupuk agar tanah dalam polybag subur.
  • Buatlah lubang, lalu tanam bibit vanili ke dalam lubang lalu timbun dengan tanah sedikit padat agar bibit dapat berdiri kokoh.
  • Berilah kayu atau tiang penyangga di dekat bibit stek dan ikat dengan tali rafia.

5. Penyiraman

Begitu bibit vanili sudah ditanam maka proses yang terakhir adalah menyiramnya dengan air yang sudah dicampur dengan pupuk kompos. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan penyiraman, diantaranya:
  • Perhatikan kondisi tanah dalam polybag jika terlalu kering maka semakin banyak air yang dibutuhkan untuk menyiram agar tetap lembab.
  • Jika kondisi tanah tidak begitu kering maka penyiraman cukup dilakukan dengan sedikit air agar tidak terlalu basah.
  • Normalnya tanaman vanili hanya perlu disiram sebanyak 2 kali sehari. Lakukan proses penyiraman secara rutin setiap hari. Namun perhatikan pula cuaca saat menyiram vanili. Jika cuaca sedang hujan maka proses penyiraman cukup sekali sehari namun jika cuaca panas maka proses penyiraman sebaiknya dilakukan 2 kali sehari.

Proses Panen Vanili

Tanaman vanili baru bisa dipanen kurang lebih ketika berumur 2 hingga 3 tahun. Panen bisa dilakukan selama setahun sekali degan waktu panen sekitar 3 bulan penuh. Ciri-ciri buah vanili yang siap di panen adalah memiliki buah berwarna hijau dengan pucuk warna kuning.

Itulah cara menanam vanili di polybag yang bisa dicoba dan proses panennya. Langkah ini sangat praktis dilakukan di rumah yang tidak memiliki lahan luas. Selain dapat membuat hijau dan sejuk, dengan menanam vanili akan mendapatkan keuntungan untuk dijual.


4:22:00 AM