Cara Menanam Wortel Dari Wortel Tanpa Media Tanah




Cara Menanam Wortel

Cara Menanam Wortel - Wortel adalah sayuran yang mengandung banyak vitamin A dan memiliki banyak penggemar tersendiri. Sayangnya banyak yang tidak tahu jika wortel bisa ditanam dengan mudah bahkan tanpa perlu media tanah. Penanaman wortel seperti ini juga dikenal dengan teknik menanam wortel dari wortel. Disebut penanaman wortel dari wortel karena memang ujung wortelnya yang ditanam bukan bijinya. Cara menanam wortel dari wortel ini bisa dilakukan dengan mudah di rumah.

Sebelum memulai penanaman sebaiknya persiapkan peralatan dan bahan yang diperlukan. Dalam hal ini peralatan yang dibutuhkan hanya gelas air yang permukaannya lebar dan tusuk gigi. Sedangkan bahan yang dibutuhkan hanya ujung wortel dan air. Berikut ini cara menanam wortel dari wortel tanpa media tanah:

1. Potong Wortel Bagian Atas

Pertama, potong wortel pada bagian atasnya. Bagian ujung atas inilah yang akan menjadi cikal bakal wortel yang baru. Bagian wortel yang lainnya bisa dikonsumsi. Jumlah potongan ini terserah mau berapa banyak. Hanya saja, biasanya satu gelas air hanya bisa menampung 2 sampai 3 buah wortel. Ketebalan daging ujung wortel yang diambil ini berkisar antara 1 hingga 2 cm saja.

2. Tusuk Wortel Dengan Menggunakan Tusuk Gigi

Selanjutnya, tusuk  wortel dengan menggunakan tusuk gigi pada bagian sisi sampingnya. Pada bagian sisi samping ini nantinya tusuk gigi akan menjadi penyangga bagi wortel. Hal ini membuat posisi wortel tidak menyentuh dasar gelas. Jangan menusuk wortel terlalu dalam. Tusukkan ini hanya berupa tusukkan dangkal untuk memastikan nantinya wortel tidak jatuh.

3. Letakkan Wortel Di Atas Gelas

Tahap berikutnya masukkan wortel di atas gelas. Dalam hal ini sebaiknya gunakan gelas kaca bening sehingga nantinya pertumbuhan wortel mudah dipantau. Setelah wortel masuk ke dalam gelas, posisikan wortel sedemikian rupa agar menggantung di tengah gelas. Manfaatkan tusuk gigi yang tadi ditusukkan pada wortel. Tusuk gigi ini akan menyangga wortel.

4. Isi Gelas Dengan Air

Ketika wortel posisinya sudah benar, isi gelas tersebut dengan air. Air yang digunakan adalah air biasa yang tidak perlu dicampur dengan apapun. Volume air ini harus merendam sebagian potongan wortel. Media air inilah yang nantinya akan membuat wortel bisa tumbuh walau tanpa tanah. Nanti lama kelamaan air yang diisikan ini akan habis atau berkurang volumenya. Hal ini dikarenakan wortel menyerap air tersebut.

5. Letakkan Gelas Di Tempat Yang Terang

Selanjutnya, letakkan gelas di tempat yang terang dan terkena cahaya matahari. Wortel membutuhkan cahaya matahari untuk melakukan proses fotosintesis. Oleh sebab itu, letakkan tanaman wortel ini di tempat yang tepat. Namun ingat, jangan sampai wortel terlalu terpapar panasnya sinar matahari. Hal ini akan membuat wortel mati karena daun wortel akan layu akibat panas matahari yang terlalu kuat.

6. Lakukan Penyiraman Secara Berkala

Lakukanlah penyiraman secara berkala pada wortel yang telah ditanam dengan media air ini. Penyiraman ini dilakukan jika air yang ada di dalam gelas sudah berkurang. Jangan sampai air yang ada di dalam gelas habis total. Hal ini dikarenakan dapat mengganggu pertumbuhan wortel. Nantinya secara perlahan wortel akan tumbuh dimulai dari daunnya dan lalu umbinya yang semakin membesar.

7. Pantau Pertumbuhan Tunas Wortel

Jangan lupa untuk terus memantau pertumbuhan wortel ini. Mengamati pertumbuhan wortel ini juga merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Hal ini dikarenakan kita dapat melihat langsung pertumbuhan umbi wortel yang ada di gelas. Pemandangan ini tentu tidak bisa didapatkan apabila menanam wortel dengan media tanah. Jika wortel sudah besar, maka wortel bisa langsung dipanen.

Itulah cara menanam wortel dari wortel tanpa media tanah. Cara ini sangat mudah dan sangat menyenangkan untuk dipraktekkan. Sebenarnya pada umumnya  petani membudidayakan wortel dengan menggunakan bibitnya. Bibit ini bisa didapatkan dengan mudah dari bunga wortel. Namun menanam wortel dari wortel ini jauh lebih unik dan menyehatkan karena wortel tidak perlu diberi semprotan.

Silahkan praktekkan cara menanam wortel dari wortel di atas. Manfaatkan perkarangan rumah untuk melakukan penanaman wortel dengan media air. Kegiatan ini juga sangat menyenangkan jika dilakukan bersama anak-anak. Mereka bisa belajar banyak tentang bagaimana cara menanam wortel tanpa tanah.


9:49:00 AM