Cara Mengatasi Anemia Dengan Mudah




cara mengatasi anemia

Cara Mengatasi Anemia Dengan Mudah - Anemia adalah kondisi dimana sel darah merah (hemogoblin) dalam tubuh berada di bawah batas normal. Hemogoblin sendiri bertugas sebagai pengikat oksigen dan menyebarkan ke seluruh tubuh. Gaya hidup yang kurang sehat bisa menjadi penyebab penyakit ini terjadi. Berikut ini beberapa cara mengatasi anemia, di antaranya :

1. Perbanyak Istirahat

Cara mengatasi anemia yang pertama adalah dengan memperbanyak istirahat. Idealnya dalam 24 jam manusia membutuhkan waktu istirahat sekitar 6-8 jam. Hal ini sangat penting karena dengan waktu istirahat yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

2. Memperbanyak Olahraga Ringan Setiap Harinya

Ketika anemia menyerang, tubuh akan cenderung lemas dan tidak bergairah. Dalam hal ini sebaiknya bukan malah bermalas-malasan melainkan sering lakukan olahraga ringan. Karena jika hanya diam sel darah yang diproduksi tubuh kita akan kurang maksimal. Jadi usahakan lakukan olahraga ringan seperti bersepada, jalan, senam dan masih banyak yang lainnya. Hal ini  merupakan salah satu  cara mengatasi anemia yang sangat mudah untuk dilakukan.

3. Penuhi Asupan Zat Besi

Zat besi merupakan zat yang sangat dipentingkan oleh tubuh, hal ini dikarenakan zat besi berhubungan erat dengan darah yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat besi berperan sebagai pengangkut oksigen dan di sebarkan ke sel-sel tubuh melalui. Para penderita anemia disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi yang tinggi.

4. Penuhi Asupan Vitamin C

Vitamin C lebih sering digunakan obat sariawan. Selain itu sebetulnya vitamin c juga bisa digunakan untuk mengatasi anemia. Vitamin C  bisa didapatkan dari  buah-buahan seperti jeruk, stroberi, tomat dan masih banyak yang lainnya.

5. Mengkonsumsi Sawi

Jenis sayuran yang bisa dijadikan cara mengatasi anemia adalah sawi. Sawi memiliki kandungan klorofil yang sangat baik manfaatnya bagi penderita anemia. Selain itu didalam sawi juga terkandung banyak vitamin yaitu vitamin B, A, C yang dapat membantu regenerasi sel darah merah. Selain itu juga terkandung potasium dan magnesium yang baik bagi kesehatan tubuh.

6. Mengkonsumsi Buah Jeruk

Jeruk merupakan buah yang banyak mengandung vitamin C. Vitamin merupakan pendukung penyerapan zat besi dalam tubuh. Bagi penderita anemia sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah jeruk, selain rasanya yang enak buah jeruk juga mudah didapat. Cara mengkonsumsinya pun sangat mudah, bisa langsung dimakan atau dibuat jus. Selain kandungan vitamin C yang banyak didalam jeruk juga mengandung antioksidan, asam folat dan serat yang baik untuk tubuh.

7. Mengkonsumsi Buah Pepaya

Selanjutnya ada buah pepaya. Selain menjadi solusi untuk masalah sembelit, mengkonsumsi buah pepaya juga bisa dijadikan cara mengatasi anemia. Buah pepaya juga memiliki kandungan asam folat dan vitamin C yang baik bagi penderita anemia.

8. Mengkonsumsi Buah Jambu Biji

Anemia juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah jambu biji. Jambu biji juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik yang sangat berguna untuk tubuh dalam proses produksi sel darah merah. Dibandingkan dengan jeruk, jambu biji bisa membantu proses produksi sel darah merah menjadi lebih banyak.

9. Mengkonsumsi Buah Stroberi

Selain banyak diminati oleh banyak orang karena lezat dan segar, mengkonsumsi buah stroberi juga menjadi salah satu cara mengatasi anemia. Hal ini dikarenakan d idalam buah stroberi terkandung zat besi yang tinggi dengan begitu proses penyerapan zat besi dalam tubuh akan sangat cepat dan mudah. Stroberi juga mengandung vitamin C yang tinggi, vitamin inilah yang mendukung atau membantu proses penyerapan zat besi dalam darah.

10. Mengkonsumsi Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan vitamin B 12 yang tinggi , vitamin ini baik untuk penderita anemia atau darah rendah. Vitamin B 12 memiliki manfaat yaitu untuk pembelahan sel dan penjagaan sel dan sistem saraf dalam tubuh. Mengkonsumsi ikan salmon bisa jadi salah satu cara mengatasi anemia yang bisa dicoba.

Itu tadi beberapa cara untuk mengatasi anemia atau kekurangan sel darah merah. Masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit anemia selain mengkonsumsi obat. Selain itu juga harus memulai hidup bersih dan sehat agar tubuh tidak sampai terserang penyakit ini, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.


4:51:00 AM