Cara Mengatasi BAB Keras Dengan Efektif Di Rumah




cara mengatasi bab keras

Cara Mengatasi BAB Keras - BAB keras atau sembelit memang menjadi masalah yang mengganggu. Sembelit yang terjadi karena sebuah keadaan dimana seseorang dalam 1 minggu BAB kurang dari 3 kali. BAB keras yang dialami mungkin terjadi karena ada suatu kelainan di sistem pencernaan. Berikut adalah cara mengatasi BAB keras, di antaranya :

1. Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Sebagian besar orang banyak yang menyepelekan manfaat dari air putih. Padahal sembelit yang dialami bisa jadi dikarenakan kurangnya asupan cairan dalam tubuh. Minum 8 gelas atau setara dengan 2 liter dalam sehari dapat membantu melunakkan BAB keras yang dialami dan juga menghindarkan dari masalah dehidrasi.

2. Minum Minyak Zaitun

Minyak zaitun diketahui banyak memiliki manfaat. Cara mengatasi BAB keras bisa diatasi dengan meminum minyak zaitun. Minyak zaitun akan berfungsi sebagai pelumas karena memiliki sifat laksatifnya. Mengkonsumsi minyak zaitun sesuai dengan takaran akan membantu jalnnya kotoran menuju pembuangan. Tidak hanya sebagai pelumas, minyak zaitun juga akan membantu melunakkan BAB supaya mudah dikeluarkan dan tidak sakit.

3. Meningkatkan Asupan Serat

Dalam sehari harus mengkonsumsi 25-50 gram serat untuk membantu melunakkan BAB . Dengan mengkonsumsi serat sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh akan membantu terbebas dari sembelit karena BAB yang keras. Contoh serat yang perlu dikonsumsi adalah wortel, jeruk, apel, roti gandum, dan lain sebagainya.

4. Mengkonsumsi Makanan Berprobiotik

Mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik sangat dianjurkan. Selain serat, makanan dengan kandungan probiotik yang tinggi dengan kandungan bakteri baik akan membantu kesehatan pencernaan. Contoh makanan yang mengandung probiotik adalah yoghurt, kimchi, tempe, dan lain sebagainya. Dengan kandungan bakteri yang ada akan membantu melunakkan BAB yang keras dan mempermudah mengeluarkannya.

5. Mengkonsumsi Air Garam

Cara mengatasi BAB keras bisa dengan mengkonsumsi air garam, Air garam tidak hanya membantu mengatasi batuk yang sudah parah, ternyata air garam juga bisa membantu melunakkan BAB yang keras penyebab sembelit. Dalam garam mengandung magnesium sulfat yang bisa mengatasi sembelit dalam jangka pendek. Untuk anak usia 12 tahun dan orang dewasa hanya dianjurkan mengkonsumsi sebanyak 6 sendok teh.

Sedangkan untuk anak usia 6 sampai dengan 11 tahun hanya bisa mengkonsumsi sebanyak 2 sendok teh saja. Namun air garam tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jangka panjang atau waktu yang lama. Air garam banyak bisa dikonsumsi dalam jangka pendek saja. Dikarenakan rasanya yang tak begitu sedap, bisa ditambahkan air lemon saat akan mengkonsumsinya. Dengan mengkonsumsi air garam maka akan terasa perubahannya.

6. Lakukan Olahraga

Lakukan olahraga sekurang-kurangnya 30 menit dalam sehari. Cara mengatasi BAB keras yang satu ini jarang dilakukan orang karena belum banyak yang mengetahui. Aktivitas fisik yang dilakukan saat olahraga akan menggerakkan otot di dalam usus.

Berjalan sekurang-kurangnya 30 menit dalam sehari akan membantu memperbaiki pencernaan yang bermasalah. Selain membantu melunakkan BAB dengan olahraga bisa membuat lebih sehat, dan otot-otot yang ada di tubuh tidak lagi tegang.

7. Sediakan Waktu Yang Cukup Untuk Buang Air Besar

Jangan terburu-buru saat melakukan buang air besar, luangkan waktu supaya buang besar lebih nyaman dan bisa lega. Saat buang besar dilakukan dengan buru-buru maka akan merusak sistem pencernaan. Begitu juga dengan menunda-nunda BAB.

Menunda BAB sangat tidak dianjurkan, karena dengan menunda-nunda BAB, maka pencernaan akan terganggu dan akan mengalami BAB keras yang sangat tidak nyaman perut. Maka dengan meluangkan waktu yang cukup untuk BAB akan menghindarkan masalah BAB keras.

8. Menghindari Stres

Stres dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti diare dan BAB keras atau lebih dikenal dengan sembelit. Maka dari itu hindarilah stres, menghindari stress bisa dengan melakukan meditasi atau yoga, pijat, mendengarkan musik, dan merenggangkan tiap bagian otot secara bertahap. Dengan menghindari stres maka tidak akan mengalami BAB keras yang sakit.

Itu tadi beberapa cara mengatasi BAB keras atau yang lebih dikenal dengan sembelit. Jangan anggap remeh jika mengalami BAB keras atau sembelit, segera cari solusi untuk mengatasinya, gunakan cara yang mudah yang bisa untuk mengatasi masalah sembelit yang dialami seperti beberapa cara yang sudah disebutkan di atas.


5:06:00 AM