Cara Mengatasi Bisul Dengan Mudah Secara Alami




cara mengatasi bisul

Cara Mengatasi Bisul Dengan Mudah - Bisul merupakan suatu benjolan yang berwarna merah, terasa sakit jika disentuh karena berisi nanah. Benjolan yang disebut bisul tersebut muncul karena infeksi bakteri. Untuk mengatasi bisul tidak bisa dilakukan sembarangan, karena bisul bisa tumbuh mencapai diameter 5 cm. Berikut adalah cara mengatasi bisul dengan mudah :

1. Rajin Mengkompres Menggunakan Air Panas

Jangan terlalu terburu-buru untuk langsung periksa ke dokter saat muncul bisul di bagian tubuh. Coba atasi bisul tersebut dengan mengkompresnya dengan air panas secara rutin. Kompres bisul saat awal-awal muncul untuk menghindari dari infeksi yang bisa menumbuhkan bisul semakin besar.

Dengan mengkompres secara rutin, maka nanah yang ada di dalam bisul akan keluar dengan sendirinya tanpa perlu dipaksa keluar dengan menariknya. Bisul yang dikompres dengan air panas secara rutin akan mengeluarkan nanahnya sendiri dan membuat bisul tersebut cepat bersih dari infeksi dan sembuh. Dengan kompres dan sedikit menekan pada area bisul yang menimbulkan rasa sakit akan sangat membantu dalam mempercepat proses peradangan yang membantu keluarnya nanah dari bisul dan akan menyembuhkan bisul.

2. Menggunakan Bawang Merah Dan Bawang Putih

Cara mengatasi bisul yang kedua adalah dengan menggunakan bawang merah atau bawang putih. Kedua bumbu dapur ini terkenal dengan kandungan antibiotiknya yang tinggi yang baik untuk mengatasi bisul. Selain mengandung antibiotic, bawang merah dan bawang putih juga mengandung sulfur yang bisa membersihkan bagian bisul. Bawang merah juga dipercaya dapat mengeringkan bisul dengan cepat.

Cara menggunakannya bisa dengan mengupas bawang merah atau bawang putih, lalu cuci keduanya sampai bersih setelah itu potong. Setelah dipotong, masukkan ke dalam kain tipis, lalu kompreskan ke bisul. Cara kedua adalah memarut bawang merah dan bawang putih, lalu masukkan dalam kapas atau kain dan langsung kompreskan ke bisul.

3. Olesi Dengan Pasta Tepung Jagung

Menggunakan tepung jagung untuk mengatasi bisul merupakan cara mengatasi bisul yang sudah lama dilakukan. Kandungan pati yang ada dalam tepung jagung bisa mendinginkan bisul dan membantu mencegah munculnya nanah dan infeksi pada bisul.

Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan tepung jagung dan air hangat sampai menjadi pasta yang lembut. Lalu oleskan di bagian bisul dan diamkan sampai beberapa menit. Setelah didiamkan bisa dibilas menggunakan air dingin. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal harus melakukannya secara rutin. Bisa membeli tepung jagung yang siap pakai untuk mempermudah atau bisa juga membuatnya sendiri secara alami dengan memblender jagung yang sudah dikeringkan.

4. Menekan Bisul Dengan Kain Yang Sudah Ditetesi Minyak Jarak

Kandungan antiseptic yang ada di minyak jarak sangat baik untuk menyembuhkan bisul. Racun yang ada di dalam bisul akan keluar terkena kandungan antiseptic yang ada di minyak jarak. Cara mengatasi bisul menggunakan minyak jarak cukup mudah, hanya dengan meneteskan minyak jarak ke kapas atau ke kain yang bersih lalu ditekankan ke area bisul maka akan membantu mengatasi bisul.

Mungkin rasanya akan sedikit sakit dan tidak nyaman, namun dengan rutin melakukan cara itu maka bisul akan cepat kering dan mengeluarkan nanah-nanah yang ada di dalamnya. Minyak jarak banyak ditemukan di toko herbal atau apotek.

5. Menggunakan Kunyit

Kunyit biasanya digunakan untuk membuat jamu atau sebagai pewarna makanan. Namun ternyata kunyit juga bisa untuk mengatasi bisul. Kunyit akan membersihkan darah dan mengurangi peradangan pada bisul sampai benar-benar bersih. Senyawa antioksida yang ada di dalam kunyit akan mempercepat proses peradangan pada bisul supaya cepat sembuh.

Cara mengatasi bisul dengan kunyit sangat banyak digunakan, karena tidak hanya mengatasi bisul saja, kunyit juga akan mencegah bisul tumbuh di area yang sama maupun di area badan yang lain. Dengan kunyit akan menyembuhkan bisul tanpa harus menguras isi dompet.

Itulah cara mengatasi bisul yang bisa dilakukan sendiri di rumah menggunakan bahan alami. Tidak perlu dengan obat-obatan dokter, dengan bahan alami yang ada di sekitar kita ternyata bisa menyembuhkan bisa dengan mudah. Dengan cara alami tidak akan menimbulkan efek samping seperti obat yang diberikan oleh dokter. Jangan mengobati bisul dengan cara yang tidak tepat karena bisa memunculkan bisul-bisul yang lain di area badan yang lain.


5:38:00 AM