Cara Mengatasi Cacingan Dengan Bahan Yang Mudah Didapat




cara mengatasi cacingan

Cara Mengatasi Cacingan - Istilah cacingan adalah kondisi dimana spesies cacing masuk ke dalam tubuh. Jika pergi ke dokter maka pastinya akan mendapatkan resep obat sesuai dengan gejala yang muncul. Tapi ternyata banyak ramuan tradisional yang bisa digunakan untuk mengeluarkan cacing dari tubuh. Berikut adalah cara mengatasi cacingan, di antaranya :

1. Konsumsi Ramuan Wortel

Semua pasti sudah tahu bahwa wortel memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Namun ternyata vitamin A juga bisa mengatasi masalah cacingan. Hanya dengan memarut 5 sampai dengan 7 wortel lalu diperas untuk mendapatkan airnya saja dan dicampurkan dengan santan menggunakan perbandingan 1:1 lalu ditambahkan garam dan diaduk sampai rata.

Setelah ramuan siap, bisa langsung diminumkan kepada penderita cacingan. Dengan mengkonsumsi ramuan wortel tersebut secara rutin maka akan membasmi cacing-cacing di dalam tubuh yang menyebabkan penyakit cacingan. Bahan yang sangat cocok untuk mengatasi cacingan anak karena wortel merupakan sayuran yang sangat disukai anak.

2. Konsumsi  Ramuan Kulit Mangga

Kulit manga yang biasanya langsung dibuang saja ternyata bisa mengatasi cacingan. Kandungan antelmintik yang ada di dalam kulit mangga akan membantu dalam mengatasi cacingan. Cara mengatasi cacingan dengan kulit mangga adalah dengan merebus kulit mangga selama kurang lebih 15 menit untuk mengeluarkan antelmintik yang ada di kulit mangga. Setelah itu air rebusan tersebut tuang dalam gelas dan siap diminum untuk membunuh bakteri jahat yang ada di dalam perut dan juga membunuh larva-larva cacing.

3. Konsumsi Ramuan Daun Pepaya

Cara mengatasi cacingan selanjutnya adalah menggunakan daun pepaya. Dengan daun pepaya akan membantu  dalam membasmi cacing kremi. Cukup dengan 1 lembar daun pepaya dan 15 gram akan bunga melati akan bisa membasmi cacing kremi yang menginfeksi dalam perut.

Mulailah dengan mencuci daun pepaya dan akar bunga melati hingga benar-benar bersih. Lalu rebus dengan air sebanyak 600 cc dan sisakan setengahnya saja atau 300 cc. Setelah itu minum ramuan tersebut selagi hangat. Minumlah sebanyak 2 kali dalam 1 hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Konsumsi Biji Pepaya Atau Tepung Biji Pepaya

Kandungan benzil isotiosianat, benzil glukosinolat, glukotropaeolin, benzil tiourea, hentriacontane, sitosterol, caricin, dan sebuh enzim yang ada dalam biji pepaya yang disebut dengan mirosin, semua kandungan tersebut ternyata bisa membunuh parasit yang bersarang dalam perut.

Dengan senyawa-senyawa tersebut juga akan membuat usus berkontraksi dan membantu meringankan akibat peradangan cacing yang ada di dalam perut. Biji pepaya bisa dikonsumsi secara langsung, bisa juga dikeringkan terlebih dahulu untuk dijadikan tepung dan dikonsumsi bersama dengan madu ataupun yoghurt. Pilih salah satu dari cara tersebut dan lakukan dengan rutin. Dengan begitu cara tersebut akan membantu mengatasi cacingan yang dialami.

5. Perbanyak Konsumsi Buah Nanas

Nanas yang terkenal dengan rasa manis dan asam yang sangat menyegarkan dan nikmat untuk campuran es buah ataupun jus, ternyata memiliki khasiat untuk menyembuhkan cacingan. Kandungan bromelin yang ada dalam nanas dapat membantu melawan cacing pita dengan menghilangkan radikal bebas yang dihasilkan oleh cacing pita di dalam perut.

Sifat asam yang ada pada buah nanas juga akan mengurangi glukosa yang dihasilkan oleh cacing pita, dan perlahan akan membuat cacing tersebut kelaparan dan mati. Dengan meningkatkan asupan nanas, maka akan perlahan membunuh cacing-cacing pita penyebab cacingan di perut. Nanas bisa langsung dikonsumsi ataupun bisa juga dibuat jus terlebih dahulu, yang terpenting harus menaikkan asupan nanas.

6. Konsumsi Campuran Pisang Dan Air Lemon

Dengan menghaluskan pisang dengan campuran satu sendok teh air lemon, maka akan membantu mengatasi masalah cacingan. Pisang akan bertindak sebagai obat pencahar alami yang akan mengenyangkan cacing dalam perut, lalu lemon akan bertindak sebagai zat antibakteri yang akan membunuh cacing-cacing yang ada dalam perut. Dengan kombinasi antara pisang dari air lemon maka, cacingan yang diderita akan hilang selama mengkonsumsi campuran tersebut secara rutin.

Itulah cara mengatasi cacingan dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan murah harganya. Tidak perlu selalu menggunakan obat, dengan ramuan tradisional dan alami juga bisa membantu keluhan yang timbul karena cacingan.


6:00:00 AM