Cara Mengatasi Gas Bocor Pada Tabung




cara mengatasi gas bocor

Cara Mengatasi Gas Bocor Pada Tabung - Tabung gas merupakan salah satu kebutuhan dalam memasak. Kita selalu menyediakan tabung gas lebih dari 1 di dalam rumah. Mengapa? Hal ini akan mempermudah ketika kita kehabisan gas dalam memasak. Namun tabung gas yang sering kita gunakan rentan terhadap kebocoran. Kita harus mengetahui cara mengatasi gas bocor pada tabung.

Mengapa? Apabila tabung gas bocor akan menyebabkan tabung meledak dan menyebabkan kebakaran. Kita harus bisa mendeteksi dan mengetahui ciri-ciri gas bocor. Ciri-cirinya yaitu timbul bau yang menyengat dan sangat kuat. Ketika kita mencium bau ini maka cepatlah melakukan cara-cara mengatasinya. Berikut cara mengatasi gas bocor pada tabung dibawah ini:

1. Jangan Panik

Kita tidak boleh panik ketika mengetahui tanda-tanda gas bocor. Tanda-tanda gas bocor yaitu timbulnya bau gas yang menyengat. Kita harus bisa tenang terlebih dahulu agar tidak gegabah dalam mengambil keputusan. Usahakan diri kita tetap tenang dan melakukan cara mengatasi gas bocor dengan benar.

Setelah kita tenang maka kita akan melakukan tahapan- tahapan pengecekan terhadap tabung gas yang bocor. Jangan takut, semakin kita takut maka akan membuat tabung tersebut terabaikan dan menimbulkan bau yang menyengat. Sehingga bisa memicu ledakan dan menimbulkan kebakaran.

Oleh karena itu langkah pertama dalam mengatasinya pastikan mental kita kuat, berani dan tenang dalam mengatasi hal ini. Semakin berani dan semakin tenang kita, maka semakin mudah untuk mengatasi kebocoran gas tersebut.

2. Pastikan Tidak Ada Api & Kontak Listrik

Setelah kita sudah mempunyai mental yang kuat, berani dan tenang. Cara selanjutnya adalah memastikan tidak ada api di sekitaran rumah dan tabung gas. Apabila pada saat itu kita lagi memasak, maka matikan kompor segera. Intinya jauhkan dan pastikan tidak ada sumber api dari dalam rumah.

Pastikan juga kita tidak melakukan kontak listrik, cabut semua alat elektronik yang berhubungan dengan listrik dan matikan lampu di dalam rumah. Mengapa? Aliran listrik tersebut dapat memicu gas ada di dalam rumah.

3. Segera Cabut Regulator Tabung Gas

Disaat tabung mengalami kebocoran, regulator tabung gas akan mengeluarkan suara seperti mendesis. Disaat itulah, mengharuskan kita mencabut regulator tabung gas. Dalam mencabut regulator tabung gas pertama-tama diperlukan keberanian & ketenangan yang tinggi. Setelah itu cabut regulator gas yang melekat pada tabung gas. Regulator ini biasanya terpasang di atas tabung gas.

Hal ini harus segera dilakukan agar dapat  mengatasi dan meminimalisir gas yang meledak & memicu kebakaran. Sebelum mencabut tabung gas, pastikan kompor dalam kondisi mati/sedang tidak digunakan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kejadian yang tidak terduga seperti munculnya sumber api.

4. Buka Pintu & Jendela Lebar-Lebar

Setelah regulator tabung gas dilepas, maka cara mengatasi gas bocor selanjutnya adalah membuka pintu, jendela serta ventilasi lain secara lebar-lebar. Hal ini berguna agar gas yang mengumpul di dalam rumah bisa keluar. Semakin banyak ventilasi dirumah kita maka maka semakin besar udara masuk.

Hal ini akan membuat konsentrasi gas yang ada dirumah menjadi hilang & berkurang. Gas yang ditimbulkan dari kebocoran gas ini sangat berbahaya untuk pernapasan. Mengapa? Karena dapat menyebabkan muntah-muntah serta kehilangan kesadaran.

Apabila bau gas yang ditimbulkan sangat kuat, maka keluarlah dari rumah agar kita tidak menghirup bau gas tersebut. Atau cara lain bisa mengeluarkan tabung gas dari rumah dan membawanya ke tempat terbuka. Hal ini akan lebih efektif dan tidak membuat pernapasan kita terganggu.

5. Periksa Regulator & Selang Tabung Gas

Regulator & selang tabung gas merupakan hal yang sangat penting untuk kita ketahui. Untuk mencegah terjadinya kebocoran gas, maka periksalah regulator & selang tabung gas di rumah secara berkala. 2 hal ini harus kita periksa karena hal ini akan menyebabkan kebocoran pada gas.

Pastikan regulator tabung gas terpasang dengan rapat dan benar. Jika regulator tidak terpasang dengan rapat dan longgar serta ada bagian regulator yang rapuh, maka gantikan regulator dengan yang baru.Pastikan juga selang tabung gas tidak ada yang bolong. Selang yang bolong akan memicu kebocaran gas. Kita bisa memeriksanya secara berkala.

Disarankan untuk membersihkan regulator dan selang gas setiap melakukan pergantian gas. Hal ini bertujuan untuk menjamin bahwa alat-alat yang kita gunakan dalam kondisi yang baik. Hal ini juga dapat membuat kedua benda tersebut awet.

Nah, itulah 5 cara mengatasi gas bocor pada tabung. Kita bisa melakukan hal ini sendiri dirumah apabila dalam keadaan mendesak. Apabila kurang berani, maka carilah orang di sekitar yang sudah paham dengan cara mengatasi gas bocor.


6:10:00 AM