Cara Mengatasi Gigi Berlubang Dengan Bahan-Bahan Alami




Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Cara Mengatasi Gigi Berlubang - Gigi berlubang merupakan salah satu masalah pada gigi yang harus diatasi. Gigi berlubang akan membuat gigi menjadi nyeri apabila terkena makanan yang terlalu keras. Masalah pada gigi ini diakibatkan oleh kesadaran diri kita yang masih minim terhadap kesehatan gigi dan mulut. Ada beberapa cara mengatasi gigi berlubang dengan bahan-bahan alami.

Bahan-bahan ini mudah ditemukan di pasaran serta harga yang terjangkau. Apabila kita rutin menggunakan bahan-bahan ini maka akan mengatasi masalah gigi berlubang. Untuk pergi ke dokter gigi saja kita akan mengeluarkan uang yang banyak. Oleh karena itu tidak salahnya untuk mencoba cara mengatasi gigi berlubang dengan bahan-bahan alami :

1. Kumur Menggunakan Air Garam

Garam merupakan bumbu dapur yang sering digunakan untuk memasak. Ternyata garam dapat mengatasi masalah gigi berlubang loh. Garam berfungsi sebagai antibakteri sekaligus antiseptik . Kita dapat menggunakan garam sebagai cara mengatasi gigi berlubang.

Caranya adalah melarutkan garam ke dalam air panas, setelah itu kumur-kumur air tersebut dan fokuskan ke gigi berlubang. Kita bisa melakukan ini selama 1 menit. Larutan ini bisa dilakukan sebanyak 3x sehari sampai kondisi gigi membaik.

Selain itu kita juga dapat mencampurkan garam dengan sari buah lemon secukupnya. Campuran ini akan kita gunakan sebagai obat untuk memijat gigi berlubang. Lakukan selama 5 menit, kemudian berkumurlah dengan air bersih. Cara ini dapat dilakukan 2x sehari.

2. Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih juga dapat digunakan sebagai antibakteri yang bagus untuk gigi berlubang. Cara mengatasi gigi berlubang dengan bawang putih adalah dengan menghaluskan bawang putih sebanyak 3 siung dan tambahkan ¼ sdt garam. Campur kedua bahan tersebut sampai rata. Setelah itu oleskan pada gigi berlubang dan tunggu selama 10 menit.

Setelah itu berkumurlah dengan air panas atau dengan obat kumur. Gunakan cara ini 2x sehari sampai gigi berlubang membaik.

3. Oleskan Bubuk Kunyit

Kunyit juga merupakan bahan masakan yang bersifat antibakteri sehingga bisa mengurangi peradangan bagi gigi berlubang. Caranya adalah dengan melarutkan bubuk kunyit dengan air hangat. Kedua bahan ini akan dioleskan dan dipijat ke gigi berlubang selama 10 menit. Setelah itu diamkan beberapa menit di dalam mulut.

Setelah cara ini dilakukan bersihkan campuran dari dalam mulut, dan berkumurlah dengan menggunakan air hangat. Gunakan cara ini sampai kondisi gigi berlubang menjadi baik.

4. Menggunakan Minyak Cengkeh

Cengkeh berfungsi sebagai antibakteri dan antiseptic bagi gigi berlubang. Cengkeh juga dapat mengurangi nyeri pada gigi berlubang. Cara mengatasi gigi berlubang dengan cengkeh yaitu dengan melarutkan minyak cengkeh 2-3 tetes bersama dengan ¼ minyak wijen. Kemudian gunakan kapas dan celupkan kedalam larutan tersebut. Tepuk-tepuk kapas di area gigi berlubang.

Cara ini bisa kita lakukan sebelum tidur, agar bisa memastikan bahwa gigi kita bersih dari makanan. Apabila kita tidak mempunyai minyak cengkeh, ada alternatif lain untuk mengatasi gigi berlubang dengan cengkeh. Caranya adalah dengan mengunyah cengkeh sehingga menghasilkan minyak cengkeh. Kemudian diamkan cengkeh di dalam mulut beberapa menit.

Gunakan kedua cara ini sampai kondisi gigi membaik. Pastikan cara ini dilakukan sebelum tidur dan pastikan gigi dalam kondisi bersih tanpa makanan.

5. Menggunakan Teknik Oil Pulling

Oil pulling merupakan cara berkumur dengan minyak.  Cara ini berasal dari budaya India yang dapat berfungsi sebagai oral detoksifikasi. Kita dapat mengunakan beberapa minyak seperti minyak zaitun, minyak kelapa dan minyak biji wijen. Minyak ini sangat berguna untuk mengatasi gigi berlubang.

Cara penggunaannya adalah dengan memilih salah satu dari 3 minyak di atas. Setelah itu tuangkan minyak kedalam sendok sebanyak 1 sdm saja. Gunakan 1 sdm sendok sebagai obat kumur. Berkumurlah selama 20 menit dan fokuskan pada gigi berlubang.

Usahakan untuk tidak menelan minyak. Setelah itu ludahkan minyak dalam mulut  dan bersihkan mulut menggunakan air hangat yang bercampur garam.  Setelah itu gosok gigi kita seperti biasa. Cara ini dapat dilakukan di pagi hari sebelum beraktivitas.

Nah, itulah 5 cara mengatasi gigi berlubang dengan bahan-bahan alami. Selain tidak mengeluarkan banyak uang, bahan-bahan ini mudah kita dapatkan di pasaran. Semoga dengan adanya cara ini bisa membuat kita dapat mengatasi gigi berlubang dengan cepat. Sehingga tidak merasakan nyeri yang berkepanjangan. Selamat mencoba!


6:51:00 AM