Cara Mengatasi Mimisan Dengan Cepat




cara mengatasi mimisan

Cara Mengatasi Mimisan Dengan Cepat - Mimisan merupakan sebuah kondisi dimana hidung kita akan mengeluarkan darah. Hal ini dapat terjadi oleh siapa saja, dimulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Mimisan ini biasanya diakibatkan oleh beberapa faktor ringan, faktor tidak berbahaya hingga faktor yang harus diwaspadai. Cara mengatasi mimisan dengan cepat pun harus dilakukan.

Ada beberapa cara yang dilakukan ketikan mimisan terjadi. Cara ini harus dilakukan dengan cepat agar tidak berbahaya bagi si penderita mimisan. Cara-cara ini dapat kita lakukan ketika melihat seseorang terkena mimisan. Namun pastikan bahwa kita dalam kondisi yang tenang dan tidak panik. Berikut cara mengatasi mimisan dengan cepat:

1. Duduk Tegak Dengan Posisi Tubuh Ke Depan

Cara mengatasi mimisan yang pertama adalah si penderita harus duduk tegak dengan posisi tubuh ke depan. Hal ini bertujuan agar mencegah masuk kembali darah yang dikeluarkan dari hidung kedalam saluran pernapasan. Darah akan keluar dan jatuh ke bawah apabila kita si penderita duduk tegak.

Pastikan juga si penderita dalam kondisi yang tenang dan tidak panik. Hal ini akan membuat darah keluar menjadi lebih banyak. Buat si penderita dalam kondisi yang nyaman dan beritahu bahwa ini merupakan hal yang tidak serius dan dapat diredakan dengan cepat. Dengan begitu akan mempermudah kita dalam menolongnya.

Namun kebanyakan orang banyak yang salah kaprah. Banyak orang yang malah membaringkan si penderita daripada mendudukkannya. Hal ini  merupakan hal yang salah dan tidak dirokemendasikan ketika membantu si penderita. Hal ini akan membuat darah yang seharusnya keluar dari hidung, masuk kembali ke dalam hidung sehingga menyumbat pernapasan penderita.

2. Pencet Cuping Hidung

Cara yang kedua untuk mengatasi mimisan adalah dengan memencet cuping hidung penderita. Hal ini bertujuan untuk memberikan tekanan pada pembuluh darah dalam hidung agar dapat berhenti mengalir. Dengan begitu akan membuat darah yang keluar menjadi tidak banyak seperti sebelumnya.

Kita dapat menggunakan cara ini dengan menggunakan 2 jari saja yaitu jari telunjuk dan ibu jari. Lakukan hal ini selama 10 menit hingga dipastikan darah tidak keluar lagi. Kita bisa menyuruh si penderita untuk bernapas melalui mulut. Pastikan kita melakukan cara ini disaat posisi penderita duduk tegak dan bukan dibaringkan.

3. Usahakan Tidak Bersin

Ketika darah masih mengalir keluar, jangan menyuruh penderita untuk bersin. Jangan berpikir dengan bersin, akan membuat darah keluar secara keseluruhan sehingga darah berhenti mengalir. Hal ini merupakan hal yang salah apabila diterapkan kepada penderita mimisan.

Justru dengan menyuruh penderita bersin, akan membuat darah keluar menjadi lebih banyak dan sulit untuk dihentikan. Mengapa? Dikarenakan bersin akan memberikan tekanan/dorongan untuk membuat darah keluar terus menerus. Oleh karena itu biarkan darah mengalir sendirinya tanpa adanya cara untuk mempercepat darah tersebut keluar.

4. Kompres Batu Es

Batu es dan air dingin juga berguna untuk mengatasi mimisan. Mengapa? Karena es batu berguna untuk memberhentikan darah yang mengalir dari hidung. Kita bisa menggunakan handuk bersih dan tipis. Kemudian letakkan beberapa potongan es batu ke dalam handuk. Setelah itu tempelkan handuk yang berisi es batu ke hidung yang mimisan.

Es batu akan membuat pendarahan menjadi berkurang serta meredakan peradangan. Dengan menggunakan es batu akan membuat pembuluh darah menjadi tenang dan tidak mengeluarkan darah lebih banyak lagi.

5. Gunakan Cuka / Air Garam

Cuka berfungsi untuk menghentikan pendarahan pada lubang hidung. Cara ini dapat kita lakukan dengan menggunakan kapas yang dicelupkan kedalam wadah yang berisi air cuka. Setelah itu masukkan kedalam hidung yang mengalami mimisan. Tunggu hingga beberapa menit sampai kondisi membaik.

Pastikan aliran darah berhenti ketika mengeluarkan kapas tersebut. Ulangi cara ini sampai darah tidak mengalir lagi. Apabila kapas sudah penuh darah, gantikan dengan kapas yang lainnya yang lebih bersih dan masukkan kembali ke hidung.

Selain itu kita dapat menggunakan air garam untuk membersihkan iritasi yang menyebabkan mimisan.  Kita dapat mencampurkan 1 sdt garam ke dalam air hangat. Setelah itu suruh penderita untuk membasuhkan hidungnya serta membersihkan hidungnya dengan menggunakan air garam ini.

Nah, itulah 5 cara mengatasi mimisan dengan cepat. Kita dapat menggunakan 5 cara ini dalam menolong dan membantu orang-orang yang mengalami mimisan. Jangan panik dan takut melakukan pertolongan ini. Gunakan beberapa cara ini untuk diterapkan kepada penderita. Apabila cara ini tidak ampuh maka segera bawakan penderita ke rumah sakit terdekat.


5:51:00 AM