Cara Mengedit Foto di Photoshop CS3 Untuk Pemula




Cara Mengedit Foto di Photoshop CS3

Cara Mengedit Foto di Photoshop CS3 Untuk Pemula - Adobe Photoshop adalah salah satu aplikasi untuk mengedit foto yang dikenal oleh seluruh masyarakat di dunia. Salah satu dari seri yang paling terkenal keluaran dari Adobe adalah Adobe Photoshop CS3. Untuk itu, berikut adalah cara mengedit foto di Photoshop CS3 untuk pemula yang bisa diterapkan dengan beberapa teknik dasar di bawah.

1. Menjalankan Adobe Photoshop CS3

Untuk mengedit foto dengan menggunakan Adobe Photoshop CS3, tentunya aplikasi tersebut harus dibuka terlebih dahulu dan pastikan aplikasi sudah terinstall. Biasanya aplikasi yang sudah diinstal berada di C:/Program Files/Adobe/Adobe Photoshop CS3. Aplikasi ini juga bisa ditemukan di desktop dengan ikon berwarna biru bertuliskan Ps.

Aplikasi Adobe Photoshop juga dapat ditemukan dengan menggunakan fitur pencari di windows dengan cara klik Start. Setelah klik Start kemudian ketikkan Adobe Photoshop CS3 dan kemudian klik aplikasi tersebut setelah hasil pencarian keluar. Semua cara menjalankan ini bisa dipilih sesuai keinginan dan pilihan masing-masing penggunanya.

2. Membuka Gambar Ke Adobe Photoshop CS3

Setelah berhasil menjalankan aplikasi Adobe Photoshop, cara mengedit foto di Adobe Photoshop CS3 selanjutnya adalah membuka gambar ke dalam aplikasi. Cara ini sangat mudah bagi pemula dan menjadi cara dasar dalam mengedit foto dengan aplikasi ini. Untuk membuka gambar, caranya adalah klik File kemudian klik Open lalu cari gambar yang ingin diedit.

Setelah gambar sudah dipilih, klik Ok atau klik pada gambar kemudian tekan Enter. Cara ini bisa digunakan untuk membuka bermacam-macam jenis file yang didukung oleh aplikasi ini. Pengguna juga bisa menambahkan jumlah ekstensi yang bisa dibuka oleh aplikasi ini dengan cara mengunduh plugin tertentu di internet.

3. Membuat Layer Baru

Layer adalah komponen atau bagian-bagian yang membentuk sebuah dokumen pada aplikasi Photoshop. Keberadaan layer ini sangat penting karena mempengaruhi dalam pengeditan sebuah gambar. Sebuah layer bisa diibaratkan sebagai kepingan puzzle dalam satu set permainan puzzle. Oleh karena itu, layer merupakan komponen yang penting dalam aplikasi ini.

Untuk membuat layer, caranya adalah klik menu Layer kemudian pilih Layer pada menubar. Kumpulan layer ini letaknya berada pada sisi kanan bawah dengan urutan dari atas ke bawah yang menentukan posisi dari layer itu sendiri. Layer yang berada pada urutan paling atas akan menutupi layer yang ada pada bagian bawahnya.

4. Menambahkan Tulisan

Di dalam aplikasi Adobe Photoshop CS3 ini diberikan sebuah fitur untuk menambahkan teks atau tulisan ke dalam gambar yang nantinya akan diedit. Aplikasi ini bahkan kerap menjadi alternatif untuk membuat desain grafis, seperti brosur, banner, dan lain-lain. Untuk menambahkan teks di aplikasi ini, caranya adalah dengan menggunakan type tool.

Cara cepat untuk mengakses type tool adalah tekan T pada keyboard atau klik huruf A pada kumpulan icon di sebelah kiri atas. Pengaturan jenis tulisan dan lain-lain bisa ditemukan di bawah menubar setelah toolbox type tool di klik pada gambar. Di sini, pengguna bisa berkreasi sebebas-bebasnya untuk menambahkan tulisan pada gambar.

5. Menggunakan Fitur Seleksi

Fitur seleksi adalah salah satu fitur yang sangat membantu dalam menjalankan aplikasi Adobe Photoshop CS3. Menggunakan fitur ini tentunya membutuhkan banyak waktu sehingga bagi para pemula harus membutuhkan banyak berlatih terlebih dahulu. Hal tersebut karena dibutuhkan kerapian untuk menyeleksi dengan menggunakan fitur seleksi.

Selain digunakan untuk memotong gambar, fitur seleksi ini juga digunakan untuk menghilangkan bagian-bagian gambar yang tidak diinginkan. Untuk menggunakan fitur ini, klik pada bagian kiri daerah kerja Photoshop, tepatnya pada bagian yang terdapat banyak ikon. Pada bagian itu terdapat banyak fitur seleksi yang bisa digunakan dan sudah disediakan oleh Photoshop.

6. Mengatur Efek Gambar

Aplikasi Adobe Photoshop CS3 memiliki banyak efek gambar yang bisa dipelajari. Untuk cara mengedit foto di Photoshop CS3 dengan memanfaatkan efek ini bisa dipelajari sendiri sesuai kebutuhan, karena aplikasi ini memiliki banyak efek. Lokasi efek ini berada di menu Filter dan menu Image kemudian Adjustement dan Blending Option.

Cara mengedit foto di Photoshop CS3 sebenarnya bisa dipelajari terlebih dahulu dengan menguasai teknik dasar di atas. Di samping menguasai teknik dasar melalui cara mengedit foto di Photoshop CS3, para pemula juga wajib untuk menghafalkan shortcut dan interface dari Photoshop. Tujuannya agar para pemula bisa terbiasa menggunakan aplikasi ini.


10:40:00 AM