Cara Mengedit Foto di Photoshop Untuk Menghasilkan Foto Kartun




Cara Mengedit Foto di Photoshop

Cara Mengedit Foto di Photoshop Untuk Menghasilkan Foto Kartun - Photoshop memang menjadi salah satu aplikasi foto yang cukup populer saat ini. Apalagi aplikasi yang satu ini memiliki berbagai macam fitur yang dapat digunakan untuk menyulap foto menjadi cantik. Salah satu yang dapat dilakukan photoshop adalah merubah foto menjadi kartun. Cara mengedit foto di Photoshop hingga menjadi seperti kartun ini pun cukup mudah.

Ada beberapa langkah yang dapat ditempuh untuk menghasilkan foto yang serupa kartun. Pastinya cara-cara ini mudah dilakukan, sehingga para pemula pun tak perlu khawatir saat ingin mencobanya. Yuk simak langkah-langkah yang dapat dilakukan sebagai cara mengedit foto di Photoshop untuk menghasilkan foto yang seperti kartu di sini.

1. Memilih Foto

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat foto serupa kartun ini adalah memilih foto yang akan di edit. Pastikan jika foto tersebut merupakan foto yang sesuai untuk dirubah menjadi bentuk kartun. Tak ada salahnya memilih foto yang dinilai memiliki resolusi bagus, sehingga hasil yang didapat juga maksimal. Jika sudah mendapat foto yang dipilih, buka foto pada photoshop.

2. Menuju Filter Gallery

Tutorial kali ini lebih menekankan penggunaan filter. Memang merubah foto menjadi kartun dengan menggunakan filter ini dinilai lebih mudah dan gampang diaplikasikan. Untuk kali ini filter yang akan diambil adalah filter pada bagian Artistic. Nantinya dalam tutorial ini filter-filter Artistic yang akan diaplikasikan untuk membuat gambar serupa kartun.

Untuk pengaplikasian filter pertama, pilih filter Artistic pada bagian Poster Edges. Nantinya keptika filter ini dipilih akan keluar pop up. Pada pop up tersebut akan ada berbagai penyesuaian yang dapat dilakukan. Berbagai penyesuaian tersebut antara lain mengatur Edge Thikness, Edge Instensity hingga Posterization. Atur sesuai dengan kebutuhan.

3. Menambah Filter Film Grain

Jika sudah selesai mengatur Poster Edges, selanjutnya kita akan mulai mengatur filter selanjutnya. Filter yang digunakan masih berkutat pada filter Artistic. Namun kali ini filter yang dipilih bukan lagi Poster Edges, melainkan filter Film Grain. Cari filter tersebut untuk diaplikasikan pada foto yang akan di edit.Nantinya akan keluar tampilan pop up yang digunakan untuk mengatur filter.

Komponen yang dapat diatur antara lain adalah sebagai berikut, Grain, Highlight Area, hingga Intensity. Atur komponen-komponen tersebut sesuai dengan kebutuhan. Pada tutorial ini untuk Grain dipilih pada nilai 0, Highlight Area pada nilai 11, sedangkan Intensity pada nilai 10. Lalu setelah melakukan pengaturan komponen tersebut, klik OK.

4. Menambah Filter Cutout

Penambahan filter belum berhenti di situ saja. Ini karena dalam cara mengedit foto di photoshop untuk menghasilkan gambar kartun ini akan menggunakan tiga filter. Jika tadi sudah di tambahkan filter Poster Edges serta filter Film Grain, sekarang saatnya menambahkan filter ketiga. Filter ketiga ini adalah filter Cotout. Ini sekaligus menjadi filter terakhir yang harus ditambahkan.

Tempat filter ini pun masih sama yaitu pada bagian Artistic. Kemudian pilih filter Cutout. Maka setelah memilih filter tersebut akan tampil pop up untuk mengatur komponen-komponen pada filter. Komponen yang dapat diatur antara lain meliputi Number of Levels, Edge Simplicity, sampai Edge Fidelity. Dalam tutorial ini masing-masing diberi nilai 8, 5 dan 3. Lalu klik OK.

5. Menyempurnakan Gambar

Penambahan ketiga filter tersebut sudah menyempurnakan edit foto yang dilakukan. Sekarang akan terlihat foto yang serupa dengan kartun. Tentu ini berbeda dengan tampilan foto pada awal tadi. Hanya saja biasanya edit foto yang dihasilkan masih belum sempurna sehingga memerlukan penyempurnaan lebih lanjut. Apalagi jika dirasa gambar masih jauh dari sempurna.

Untuk menyempurnakannya pun caranya cukup mudah, yaitu dengan memanfaatkan Brush Tool. Gunakan Brush Tool untuk memberikan warna yang sesuai. Atur warna yang ada sesuai keinginan. Tak lupa tekan tombol Alt pada keyboard agar warna yang diperoleh semakin sesuai. Sempurnakan gambar tersebut hingga sesuai dengan keinginan. Tak ada salahnya menambahkan beberapa detail yang dinilai perlu.

Cara mengedit foto di Photoshop untuk menghasilkan foto serupa kartun sebenarnya cukup mudah. Apalagi pada tutorial ini hanya menggunakan beberapa filter yang diaplikasikan pada foto. Namun, tentu hasilnya tidak mengecewakan. Hanya saja perlu dilakukan penyesuaian untuk membuat gambar menjadi lebih sempurna, salah satunya adalah dengan menggunakan Bursh Tool. Jadi sudah siap mengedit foto menjadi kartun?


10:46:00 AM