Cara Mengedit Hasil Scan Paling Mudah Dilakukan




Cara Mengedit Hasil Scan

Cara Mengedit Hasil Scan - Di jaman teknologi sekarang ini rata-rata semua pekerjaan dilakukan dengan cara komputerisasi. Baik itu gambar, hasil ketikan, hingga foto. Namun di beberapa kasus, banyak orang yang ingin mengirim file berupa hasil scan. Namun beberapa hasil scan justru tidak sesuai keinginan. Jika sudah begini tentu perlu mengetahui cara mengedit hasil scan bukan?

Hal tersebut adalah solusi paling mudah dan simpel. Namun banyak juga yang belum tahu cara melakukannya. Untuk itu berikut akan dijelaskan cara mengedit hasil scan paling mudah dilakukan. Yaitu:

1. Instal Aplikasi Yang Akan Digunakan

Cara mengedit hasil scan yang pertama adalah dengan menginstal aplikasi pada perangkat yang akan digunakan. Nah untuk aplikasi yang akan dijelaskan disini ada 2 macam yaitu Microsoft Office Word dan OneNote. Keduanya biasanya sudah ada di perangkat komputer bawaan namun jika belum bisa mengunduhnya secara gratis di beberapa website penyedia.

Sekedar tips untuk yang ingin mengunduh melalui internet, usahakan untuk mencari situs atau website yang aman. Ini dikarenakan sekarang banyak situs yang menanamkan virus pada opsi download mereka. Maka dari itu selektiflah dalam memilih link download agar terhindar dari kerugian akibat dampak terkena virus komputer.

2. Siapkan File Hasil Scan

Jika sudah memiliki aplikasi pada perangkat komputer atau laptop, cara mengedit hasil scan selanjutnya adalah menyiapkan file. File yang dimaksud disini adalah file yang akan diedit. Formatnya sendiri bermacam-macam namun yang akan dijelaskan disini adalah yang memiliki format JPG.

Untuk itu sebelum disimpan, ubah dahulu format file hasil dari scan. Untuk mengubah format ini bisa dilakukan secara manual. Selain itu bisa juga memanfaatkan situs edit online yang saat ini banyak tersedia di internet jika terlanjur disimpan.

3. Buka Aplikasi Yang Digunakan Untuk Mengedit

Setelah itu masuk ke langkah edit yang pertama yaitu membuka aplikasi. Aplikasi pertama yang akan digunakan adalah OneNote.  Klik kemudian tunggu beberapa saat hingga masuk ke halaman utama.

Jika sudah, maka langkah berikutnya adalah membuka halaman baru. Bagaimana cara melakukannya? Mudah, langsung saja klik "New Section" kemudian tunggu beberapa saat. Jika sudah maka akan muncul halaman baru yang siap digunakan.

4. Masukkan File Yang Akan Di Edit

Jika halaman baru sudah siap, prosedur berikutnya adalah memasukkan file yang akan diedit. Caranya adalah dengan klik “Insert-Picture-From File”. Jika sudah, tinggal pilih mana file yang akan di edit.

Nah pada contoh ini, file yang akan di edit adalah scan berupa teks yang hasilnya miring. Ini merupakan hal yang umum ketika melakukan scan untuk itu editing diperlukan agar hasilnya bisa maksimal. Jika sudah, maka lanjut ke tahap berikutnya.

5. Copy Text

Langkah selanjutnya dalam cara mengedit hasil scan adalah dengan cara copy text. Ini merupakan langkah yang tidak boleh dilewatkan agar hasil editing berjalan dengan lancar. Bagaimana cara melakukannya? Yaitu dengan meletakkan krusor pada objek yang dipilih.

Tips jika file yang akan diedit dalam jumlah banyak, usahakan untuk memberi nama file yang berbeda dan mudah diingat. Meski sederhana cara ini cukup berguna terutama membantu memilih file yang akan di edit. Jika sudah, klik kanan pada objek kemudian klik "Copy Text From Picture".

6. Paste Hasil Copy Text

Setelah itu tahap berikutnya adalah memindah hasil copy ke Ms.Word. Caranya adalah buka aplikasi Ms.Word terlebih dahulu jika sudah paste hasil copy dengan cara (CTRL+V). Setelah itu, hasil copy akan muncul pada halaman utama. Namun proses ini masih memerlukan proses edit terutama jika scan kurang maksimal.

Jika sudah masuk pada halaman utama, tinggal melakukan editing sesuai keinginan. Editing bisa berupa perbaikan huruf, spasi, maupun hal lainnya yang sekiranya dibutuhkan. Jika sudah tinggal menyimpan file ke dokumen yang diinginkan. Selain itu bisa juga dikirim ke pihak yang membutuhkannya.

Dari beberapa keterangan yang sudah dijelaskan diatas, bisa disimpulkan bahwa cara mengedit hasil scan tidaklah sulit. Selain membaca keterangan berupa teks, bisa juga mencoba beberapa tutorial lain yang ada di internet. Dan tentunya semua cara yang tersedia bisa dilakukan baik oleh pemula maupun profesional.


11:01:00 AM