Cara Mengedit Tulisan di PDF Yang Bisa Diikuti Dengan Mudah




Cara Mengedit Tulisan di PDF

Cara Mengedit Tulisan di PDF - Di era globalisasi saat ini semua pekerjaan manusia cenderung dilakukan dengan metode komputerisasi. Salah satunya adalah dengan mengubah dokumen menjadi format PDF. Namun, banyak kasus dimana file yang akan digunakan perlu dilakukan editing. Jika sudah begini tentu perlu mengetahui cara mengedit tulisan di PDF bukan?

Nah, banyak cara yang bisa digunakan untuk mengedit tulisan file format PDF. Selain mudah cara ini juga bisa dipelajari secara singkat. Untuk yang belum paham bagaimana caranya, berikut penjelasan tentang cara mengedit tulisan di PDF yaitu:

1. Siapkan File Yang Akan Di Edit

Cara mengedit tulisan di PDF yang pertama tentu adalah dengan menyiapkan file yang akan di edit terlebih dahulu. File yang akan diedit biasanya bermacam-macam ada berkas tugas, pekerjaan, tabel dan sebagainya. Hal ini juga dipengaruhi oleh tingkat kebutuhan masing-masing orang.

Nah sebagai contoh disini, yang akan di edit adalah berupa teks saja. Hal ini dikarenakan file berbentuk teks adalah file yang paling umum dibuat. Selain itu jenis dokumen ini paling rawan terkena revisi maupun memerlukan editing.

2. Cari Dan Buka File Tersebut

Setelah file siap, kita masuk ke cara mengedit tulisan file PDF yang selanjutnya yaitu cari dan buka file. Nah untuk memudahkan hal ini ada tips yang bisa digunakan yaitu beri nama file yang mudah di ingat atau otentik. Atau bisa juga disimpan pada folder terpisah agar lebih simpel.

Jika sudah maka tinggal klik “Open” pada Microsoft Office. Tunggu beberapa saat hingga  file muncul ke layar komputer. Selain itu ada juga cara lain yang bisa digunakan yaitu dengan menggunakan short cut (CTRL+O). Cara tersebut bisa digunakan jika sudah masuk ke Microsoft Office terlebih dahulu.

3. Buka Dengan Mengganti Format Word

Langkah selanjutnya pada metode ini adalah mengubah format file menjadi Word. Ini penting karena tidak semua software memberikan akses untuk mengedit secara langsung. Jadi, untuk yang masih pemula cara ini lebih mudah dilakukan dan simpel. Selain itu juga mudah sekali untuk dipraktekkan.

Setelah file ketemu, langsung saja klik kanan pada file dan pilih “Open With” setelah itu klik “Word”. Ini dilakukan agar nantinya file dengan format PDF berubah menjadi format Word dengan tujuan agar bisa di edit. Meski tampilan setiap versi Ms.Word berbeda, namun dari segi petunjuk sama saja.

4. Lakukan Editing

Setelah itu masuk ke langkah berikutnya yang paling penting yaitu proses editing. Pada proses ini tentu setiap orang bebas mengedit apa yang dibutuhkan. Baik itu tampilan, kosa-kata, struktur kalimat dan semacamnya. Dan caranya pun sama seperti mengubah tampilan di file format Word pada umumnya.

5. Cek Kembali Hasil Editing

Jika proses editing sudah selesai, tentu perlu melakukan pengecekan kembali. Ini penting karena meski sudah di edit, masih ada beberapa hal yang mungkin belum terselesaikan. Untuk itu pengecekan perlu dilakukan agar nantinya hasil editing bisa sesuai keinginan.

6. Tips Sebelum Menyimpan File

Ketika semua proses editing selesai, tentu tinggal menyimpan file yang sudah jadi bukan? Namun sebelum itu ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Tips ini nantinya bisa berguna ketika ingin mengedit kembali file tersebut. Yang pertama adalah simpan file sesuai kebutuhan. Jika perlu simpan pada 1 folder dengan nama yang berbeda.

Jika kemungkinan akan kembali di edit, pilih saja type filenya menjadi PDF. Ini memudahkan agar nantinya tidak perlu mengulang metode editing dari awal. Bisa juga jadikan Ms.Word sebagai aplikasi default setiap ingin membuka file tersebut. Dengan begitu tinggal klik 2x jika masih ada yang perlu di revisi.

7. Simpan File

Jika semua langkah dan tips yang dijelaskan diatas selesai dilakukan, cara mengedit tulisan di PDF pun juga sudah selesai. Setelah itu tinggal menyimpannya ke perangkat yang digunakan. Selain itu beri nama file yang otentik. Ini dimaksudkan agar nantinya jika file itu akan digunakan kembali, tidak susah menemukannya.

Dari beberapa keterangan diatas, tentu sudah sangat jelas bagaimana cara mengedit tulisan di PDF itu. Simpel bukan? Nah, cara ini bisa dimanfaatkan sebagai pembelajaran untuk yang masih pemula. Semoga bermanfaat.


10:24:00 AM