Cara Mengedit Tulisan di Photoshop Dengan 6 Langkah Mudah




Cara Mengedit Tulisan di Photoshop

Cara Mengedit Tulisan di Photoshop - Melakukan editing foto bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai aplikasi, salah satunya adalah Photoshop. Aplikasi ini dirasa profesional untuk mengedit foto karena sudah dilengkapi dengan banyak fitur, termasuk fitur untuk mengedit tulisan. Maka dari itu, berikut adalah cara mengedit tulisan di Photoshop dengan mudah:

1. Membuat Dokumen Baru

Untuk mengedit tulisan di Photoshop tentunya harus membuat dokumen baru terlebih dahulu. Cara ini adalah cara yang paling mudah untuk pemula karena dengan cara ini, para pemula bisa berlatih terlebih dahulu untuk terbiasa menggunakan tools yang ada. Sama seperti aplikasi yang lain, diperlukan dokumen yang baru untuk membuat sebuah lembar kerja.

Cara membuat dokumen yang baru adalah dengan cara menekan Ctrl+N atau klik pada File kemudian New. Setelah menekan shortcut tersebut nantinya akan muncul pilihan untuk ukuran lembar kerja tersebut. Apabila para pemula tidak mengerti untuk memilih ukuran, maka bisa langsung tekan Enter atau klik OK saja.

2. Mengaktifkan Type Tool

Apabila dokumen yang baru sudah dibuat, sekarang para pemula berlanjut ke cara mengedit tulisan di photoshop berikutnya. Cara mengedit tulisan di Photoshop yang kedua yaitu mengaktifkan Type Tool yang mana fitur ini adalah fitur bawaan dari Photoshop. Dengan fitur ini, pengguna bisa menambahkan teks pada gambar.

Fitur type tool ini memiliki empat pilihan, yaitu Vertical Type Tool, Horizontal Type Tool, Vertical Type Mask, dan Horizontal Type Mask. Untuk membuat teks secara horizontal, pilihlah Horizontal Type Tool kemudian klik pada bagian tertentu. Setelah itu, ketikkan teks yang ingin ditambahkan kemudian klik pada sembarang tempat dan muncul layer baru.

3. Menyesuaikan Ukuran Teks

Teks yang sudah dibuat ini akan menjadi sebuah layer baru yang mana di sini pengguna bisa bebas mengedit sesuai dengan keinginan. Setelah mengaktifkan type tool dan menambahkan teks, cara berikutnya  adalah menyesuaikan ukuran teks. Penyesuaian ini digunakan untuk mengatur teks agar sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Menyesuaikan ukuran teks ini bisa dilakukan dengan cara menekan V pada keyboard yang mana ini merupakan shortcut dari fitur Move Tool. Setelah mengaktifkan fitur tersebut, klik pada bagian teks yang ingin disesuaikan ukurannya. Ukuran teks bisa diubah pada panel di sebelah kanan tepatnya di atas layer. Ubah angka pada bagian bawah nama font sesuai keinginan.

4. Mengubah Warna Pada Teks

Pada panel sebelah kanan di atas layer ini tidak hanya berfungsi untuk menyesuaikan ukuran, tetapi juga dapat memberikan warna pada teks. Selain warna, panel tersebut juga bisa digunakan untuk mengubah jarak antar karakter, gaya tulisan, dan jenis font. Untuk mengubah warna pada teks ini, pilihlah warna pada tulisan Color dengan warna yang diinginkan.

Warna bawaan ketika menambahkan teks adalah warna Hitam sehingga untuk mengubah warna pada teks tersebut adalah seperti cara di atas. Setelah para pemula bisa menambahkan teks, maka cara mengedit tulisan di Photoshop selanjutnya adalah para pemula bisa memasukkan gambar kemudian tambahkan teks pada gambar tersebut.

5. Menambahkan Teks Pada Gambar

Untuk menambahkan teks pada gambar, pengguna bisa membuka gambar yang ingin diedit terlebih dahulu dengan cara tekan Ctrl+O. Di samping menggunakan shortcut Ctrl+O, pengguna juga bisa klik File kemudian Open dan cari gambar yang ingin diedit. Setelah gambar ditemukan, klik dua kali pada gambar atau klik satu kali dan tekan Enter.

Setelah gambar sudah berhasil dimuat di Photoshop, kemudian lakukan cara kedua yaitu mengaktifkan Type Tool dan tambahkan teks. Untuk menyesuaikan ukuran teks, bisa dilakukan dengan cara ke 3 dan untuk mengubah warna teks bisa menggunakan cara ke 4. Setelah selesai, maka cara mengedit tulisan yang terakhir adalah menyimpan dokumen.

6. Menyimpan Dokumen

Untuk menyimpan dokumen ke dalam bentuk gambar, caranya adalah klik File kemudian Export. Setelah itu beri nama file yang sudah diedit dengan nama yang baru kemudian tekan Enter. Selanjutnya apabila muncul kualitas pengeditan, biarkan saja jika belum mengerti atau langsung klik OK saja.

Untuk mengedit tulisan sebenarnya bisa menggunakan berbagai aplikasi lain, akan tetapi Photoshop dirasa lebih profesional. Hal ini karena Photoshop menjadi aplikasi yang digunakan oleh banyak orang di dunia dan mudah untuk dijalankan.


10:44:00 AM