Cara Mengedit Ukuran Foto Dengan Menggunakan Laptop dan HP




Cara Mengedit Ukuran Foto

Cara Mengedit Ukuran Foto - Jika foto yang diambil ternyata tidak sesuai dengan keinginan, maka perlu dilakukan pengeditan untuk mengubah ukuran foto. Mengubah foto tidak hanya dilakukan melalui laptop, tetapi juga bisa menggunakan ponsel. Berikut ini adalah 6 cara mengedit ukuran foto dengan menggunakan laptop dan ponsel Android.

1. Menggunakan Website Pengubah Ukuran Gambar

Mengedit ukuran foto bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk dengan website pengubah ukuran gambar. Website pengubah ukuran gambar ini banyak dan bisa ditemukan dengan cara mengetikkan resize jpeg pada mesin pencari. Salah satu dari sekian website pengubah ukuran gambar yang populer adalah picresize.com.

Kunjungi website tersebut kemudian unggah foto yang ingin diubah ukurannya. Setelah selesai diunggah, berikutnya tinggal sesuaikan ukuran dengan cara resize dan masukkan berapa pixel yang ingin diubah. Jika sudah klik Ok dan unduh gambar yang sudah diedit dengan cara Save to Disk. Cara ini bisa menjadi alternatif untuk mengubah ukuran gambar.

2. Menggunakan Microsoft Paint

Paint merupakan aplikasi bawaan dari Microsoft yang biasanya sudah terinstall pada windows baik itu Windows Xp sampai Windows 10. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengolah gambar, termasuk juga bisa digunakan untuk mengedit ukuran foto. Untuk cara mengedit ukuran foto dengan paint adalah buka gambar melalui Paint.

Tekan Ctrl+O kemudian cari gambar yang ingin diubah ukurannya dan klik OK setelah memilih gambar. Berikutnya tekan Ctrl+A untuk memilih semua gambar kemudian klik Home dan arahkkan kursor pada Image. Selanjutnya klik pada bagian Resize. Ubah ukuran gambar dari menu tersebut dengan cara ubah percentage sesuai ukuran yang diinginkan.

3. Menggunakan Adobe Photoshop

Tidak hanya dengan menggunakan Paint saja, aplikasi Windows lainnya seperti Adobe Photoshop bisa digunakan untuk mengubah ukuran gambar. Untuk mengubah gambar dengan aplikasi ini tentunya buka terlebih dahulu aplikasi Adobe Photoshop. Setelah itu buka gambar dengan cara tekan Ctrl+O atau klik File kemudian Open.

Setelah gambar berhasil dibuka, klik menu Images dan pilih Image Size. Fitur ini juga bisa diakses dengan cara menekan Alt+Ctrl+I. Setelah menekan fitur tersebut akan muncul kotak dialog untuk mengubah resolusi, kemudian ubah resolusi sesuai keinginan. Jika sudah klik Ok dan jangan lupa Export gambar jika ingin menyimpan ke dalam file gambar.

4. Menggunakan Picsay Di Android

Picsay merupakan salah satu aplikasi Android yang dapat digunakan untuk mengedit gambar dengan simpel. Aplikasi ini memiliki ukuran yang cukup ringan sehingga bisa digunakan di segala jenis ponsel Android. Untuk mengedit dengan menggunakan aplikasi ini, pastikan Picsay sudah terinstall terlebih dahulu di ponsel android.

Buka aplikasi picsay kemudian pilih Get a Picture dan cari file gambar yang ingin diubah ukurannya. Setelah memilih gambar, kemudian pilih Effect dan scroll ke bawah sampai menemukan pilihan Resize. Pilih resize dan masukkan ukuran gambar sesuai keinginan serta pastikan keep aspect ratio jangan sampai tercentang. Gambar sudah berhasil diubah ukurannya.

5. Menggunakan Photo Compress Di Android

Di samping menggunakan Picsay, Photo Compress juga bisa digunakan untuk mengubah ukuran gambar di Android. Kelebihan dari aplikasi ini adalah pengguna tidak perlu memasukkan ukuran pixel sehingga pengguna bisa memilih pixel sesuai keinginan. Cara mengedit ukuran foto dengan Photo Compress adalah install terlebih dahulu aplikasinya.

Setelah berhasil install, caranya kurang lebih sama seperti di atas yaitu cari gambar yang ingin diubah kemudian tap ikon kotak pada kanan atas. Kemudian pilih ukuran gambar yang ingin diubah misalnya gambar berukuran 800 pixel maka ubahlah ke 500 pixel. Setelah selesai mengubah pixel, simpan foto dengan cara menekan ikon disket pada kanan atas.

6. Menggunakan Resizemypix Di Android

Cara mengedit ukuran foto dengan menggunakan aplikasi Resizemypix ini kurang lebih sama seperti cara nomor 4. Akan tetapi, aplikasi ini juga bisa mengompres kualitas gambar. Caranya adalah pilih compress image dan quick compress. Secara otomatis kualitas gambar akan berubah dan jangan lupa pilih Replace & Exit untuk menyimpan.

Mengubah ukuran foto dengan cara di atas tentunya akan mengubah kualitas foto menjadi lebih buruk dari foto aslinya. Akan tetapi semua itu tergantung dari kualitas foto aslinya apakah kualitasnya baik atau bahkan buruk.


9:52:00 AM