Cara Mengedit Video di Laptop Menggunakan AVS Video Editor




Cara Mengedit Video di Laptop Menggunakan AVS Video Editor

Cara Mengedit Video di Laptop Menggunakan AVS Video Editor - Ada berbagai macam aplikasi video editor yang diperuntukkan untuk pengguna laptop. Aplikasi-aplikasi ini memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Salah satu aplikasi ringan yang direkomendasikan bagi pengguna laptop adalah AVS Video Editor. Cara mengedit video di laptop menggunakan AVS Video editor dapat dikatakan mudah.

Selain mudah, aplikasi ini juga dinilai cukup ringan serta memiliki fitur yang cukup kompleks. Tak heran jika banyak yang memilih menggunakan aplikasi ini. Lalu bagaimana cara melakukan edit video bagi pemula menggunakan aplikasi ini? Berikut ini adalah langkah-langkah cara mengedit video di laptop menggunakan AVS Video Editor :

1. Install Aplikasi

Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja menginstal aplikasi AVS Video Editor. Aplikasi ini termasuk ringan. Ia dapat dijalankan pada laptop dengan minimal RAM 2 GB dengan processor AMD atau Intel Core 2 Duo. Jadi tak perlu takut saat akan menginstal aplikasi yang satu ini. Secara umum spesifikasinya hampir sama dengan Movie Maker.

Untuk video dan suaranya sendiri aplikasi ini compatible dengan sound card serta video card dari  windows 8 atau windows 7. Sedangkan keunggulan yang dimiliki aplikasi ini adalah video cache. Ini memudahkan pengguna untuk melakukan pengeditan video HD dengan lancar.

2. Pilih File yang Akan Diedit

Jika sudah melakukan instalasi selanjutnya yang dapat dilakukan adalah mulai melakukan edit video. Pertama buka terlebih dahulu aplikasi yang telah diinstal. Lalu pada bagian file di pojok kiri atas pilih new project. Nantinya akan tampil layar kerja yang digunakan untuk mengedit video. Pada layar kerja tersebut nantinya video yang akan kita edit diproses.

Setelah membuat draft kerja baru yang kemudian harus dilakukan adalah memasukkan file yang akan di edit. Pilih file yang akan di edit pada menu File di bagian pojok kiri atas. Lalu pilih opsi Import Media. Setelah itu akan tampil berbagai media yang ada pada folder laptop. Pilih file-file yang akan diedit. Untuk kemudian tekan import.

3. Mengedit Panjang Video Atau Musik

Ada satu hal yang harus diketahui dari cara mengedit video di laptop menggunakan AVS Video Editor ini. Hal yang dimaksud adalah untuk mengedit video atau musik tersebut, lebih dahulu file harus dimasukkan ke dalam timeline. Cara memasukkan pada timeline pun cukup mudah, tinggal drag lalu arahkan file pada layar kerja ke bagian timeline.

Dari sana akan muncul file yang akan di edit bersama dengan durasi masing-masing file. Pengguna aplikasi ini tinggal menyesuaikan panjang file tersebut sesuai dengan kebutuhan saja. Untuk menyesuaikannya caranya pun cukup mudah, cukup geser sesuai dengan panjang yang diinginkan. Sesuaikan untuk masing-masing file sampai dirasa menemui panjang yang tepat.

4. Menambahkan Efek

Kemudian jika dirasa panjang video serta musik sudah tepat, pengguna dapat memberikan efek pada file yang mereka edit. Ada berbagai macam efek yang dapat dipilih di sini. Efek-efek tersebut dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Lalu ada efek apa saja yang dapat dipilih? Berikut beberapa di antaranya.
  • Efek yang satu ini membantu untuk memberikan efek perpindahan pada antar video atau gambar. Jadi pengguna dapat memilih efek transition yang dirasa paling sesuai,
  • Video effect. Untuk efek yang satu ini diperuntukkan khusus untuk video. Jadi video-video yang ada dapat diberikan sentuhan yang berbeda dengan hadirnya efek ini.
  • Efek lain yang dapat dihadirkan di sini adalah efek text. Pengguna dapat menambahkan text sesuai dengan kebutuhan video tersebut.

5. Penyimpanan Hasil

Jika dirasa penambahan efek sudah sesuai, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menyimpan project. Penyimpanan project dalam bentuk file AVS Video Editor dapat dilakukan dengan memilih opsi Save Project pada menu File. Sedangkan untuk menyimpannya dalam format video, pengguna dapat memilih menu Produce.

Ketika menekan menu Produce nantinya akan muncul media penyimpanan. Pilih media penyimpanan tempat pengguna akan menyimpan file tersebut. Kemudian pengguna akan diminta memilih format video. Jika format sudah dipilih selanjutnya tinggal tekan tombol create, maka file pun akan disimpan dalam bentuk video.

Nah, itu tadi adalah cara mengedit video di laptop menggunakan AVS Video Editor. Cara yang cukup mudah, bukan? Melakukan edit video menggunakan AVS Video Editor dapat menjadi alternatif bagi pelaku edit video pemula.


1:36:00 AM