Cara Mengedit XML Untuk Merubah Default Color




cara mengedit xml

Cara Mengedit XML Untuk Merubah Default Color - XML merupakan format data tekstual yang didukung dengan adanya unicode bahasa dunia. XML merupakan kelanjutan dari HTML yang merupakan bahasa standar untuk melacak internet. Mengedit XML di komputer bersangkutan dengan mengedit framework yang berada di dalam perangkat android. Sehingga membutuhkan konsentrasi dan fokus yang penuh. Berikut ini beberapa cara mengedit XML untuk merubah default color dari progres horizontal di komputer yang bisa di coba. Mari kita simak ulasannya.

1. Download APK Tools

Salah satu cara mengedit XML adalah dengan mendownload APK tools terlebih dahulu di apps store maupun google store. Kemudian APK Tools yang telah di download bisa disimpan di sebuah folder yang berada di perangkat komputer atau laptop yang digunakan. Penyimpanan di folder dimaksudkan agar lebih mudah ketika mencari apk tools tersebut karena tidak tercampur dengan aplikasi maupun file yang lain.

2. Jalankan File Command Prompt.bat

Setelah Apk tools tersimpan di folder komputer, barulah seseorang bisa mengedit XML menggunakan apk tools yang telah di download. Namun sebelumnya harus menjalankan file command prompt.bat terlebih dahulu. Kemudian nanti akan muncul jendela command prompt.bat dilayar komputer. Jika sudah muncul pengguna bisa ketikkan apktool if framework-resk.apk untuk menginstall apk tools tersebut. Apk tools yang sudah di download tadi sebelumnya di install terlebih dahulu agar bisa digunakan untuk mengedit xml.

3. Bongkar XML

Cara megedit XML selanjutnya adalah membongkar XML yang sudah ada. Bisa juga mengedit image GUI dari file tersebut. Selanjutnya masuk ke dalam directory yang terdapat pada apk tools. Untuk merubahnya ikuti langkah berikut yaitu apk tools>> frameworks-res>> res >> drawable. Jika sudah nanti akan menemukan file progres_horizontal.xml untuk mendapatkan progres horizontal color yang diinginkan. Untuk membukanya disarankan menggunakan notepad++. Selain notepad++, bisa juga membuka file progres_horizontal.xml melalui microsoft word. Namun memang lebih disarankan membuka di notepad++ saja. XML dapat beradaptasi dan mempunyai kemudahan perpindahan yang bagus sehingga bersifat fleksibel.

4. Ganti XML Dengan Warna Yang Diinginkan

Setelah membuka melalui notepad++ maka selanjutnya bisa meniru nilai color pada ROM ICS atau pilih warna yang emang diinginkan. Setelah itu akan muncul tampilan baru dari XML yang ingin dibongkar tadi. Disini bisa menunjukkan warna dan nilai yang memiliki tanda (#) kemudian mengganti XML dengan cara merubah nilai color sesuai dengan keinginan. Jangan lupa klik save ketika sudah selesai mengedit agar file tersebut tidak hilang ketika nanti seseorang menutup windows. Selanjutnya pengguna bersiap untuk melakukan proses compile file apk.

5. Buka Folder Build

Cara mengedit XML selanjutnya adalah membuka folder build yang ada di dalam perangkat komputer kemudian masuk ke dalam folder apk, jika sudah nanti akan melihat file resource.arsc. XML sendiri mudah dalam pemeliharaannya dan sederhana selain itu juga pintar karena dapat menangani berbagai tingkat kompleksitas. Selanjutnya pengguna bisa klik kanan pada folder res lalu pilih open new window dari jendela window yang sudah keluar. Kemudian bisa masuk ke directory hasil moding file progres_horizontal.xml. Nah file progres_horizontal.xml tersebut nantinya akan di drag dan di drop terlebih dahulu.

6. Drag Dan Drop

Tahap terakhir dari cara mengedit XML adalah drag dan drop kedua file yang berada di dua folder tersebut kemudian pindahkan ke file utama frameworks-rest.apk yang berada di dalam folder apk tools. Jika sudah bisa buka frameworks-res.apk dengan menggunakan aplikasi WinRar lalu lakukan drag dan drop kedua file tersebut yaitu resources-arsc dan progress_horizontal.xml. Setelah itu pindahkan ke jendela aplikasi WinRar yang sudah dibuka sebelumnya. Jangan lupa untuk di simpan hasil editannya pada menu save document. Agar tidak hilang ketika keluar dari aplikasi maupun perangkatnya. Fungsi XML sendiri untuk membentuk atruktur form pada pemrograman desktop seperti delphi, lazarus, vb, gtk dll.

Nah itulah 6 cara mengedit xml untuk merubah default color dari progres horizontal di komputer. Cukup rumit dan sulit namun tidak ada yang tidak mungkin jika mau mencoba. Tanyakan kepada yang lebih ahli jika masih belum mengerti dan paham dengan baik agar hasil editan tetap bagus.


7:34:00 AM