Cara Mengetahui Ginjal Sehat Dengan Prosedur Tes




cara mengetahui ginjal sehat

Cara Mengetahui Ginjal Sehat  - Ginjal merupakan dua organ yang terletak di rongga perut di kedua sisi tulang belakang di tengah punggung, yang berada tepat di atas pinggang. Ginjal memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh manusia. Peranan tersebut seperti menjaga keseimbangan mineral dalam darah, membersihkan darah dari racun, kelebihan, cairan, dan zat sisa, serta peran penting lainnya. Setiap orang juga harus paham bagaimana cara mengetahui ginjal sehat dan menjaga agar ginjal tetap sehat.

Menjaga kesehatan ginjal sangatlah penting, agar ginjal dapat bekerja secara optimal dan terbebas dari penyakit ginjal. Semua orang harus dapat memastikan bahwa ginjalnya tidak bermasalah melalui berbagai tes kesehatan yang dapat dilakukan. Berikut beberapa tes yang dapat dilakukan sebagai cara mengetahui ginjal sehat dan tidak bermasalah:

1. Tes Urine

Tes urine sebagai salah satu cara mengetahui ginjal sehat. Prosedur tes urine digunakan untuk memeriksa albumin dalam urine seseorang. Albumin adalah protein yang dapat mengalir ke dalam urine bila terdapat ginjal yang rusak. Melalui pemeriksaan sampel urine, juga bisa menjadi pemeriksaan visual untuk warna. Seseorang akan mengetahui kondisi kesehatan ginjal berdasarkan warna urine yang dikeluarkan.

Warna pada urine akan mengalami perbedaan jika ginjal sehat dan tidak sehat. Warna urine seseorang yang memiliki ginjal sehat biasanya berwarna kuning jernih. Sedangkan ada beberapa jenis warna lainnya menjadi tanda yang mengindikasikan bahwa ginjal sedang bermasalah. Warna urine untuk seseorang yang ginjalnya sedang bermasalah biasanya berwarna kecokelatan atau mirip seperti minuman bersoda dan juga kemerahan.

2. Tes Tekanan Darah

Tes tekanan darah berguna untuk mengetahui tinggi rendahnya tekanan darah seseorang. Tekanan darah dapat menjadi penyebab dari penyakit ginjal. Tekanan darah yang tinggi biasanya menjadi penyebab paling umum. Jika seseorang memiliki tekanan darah tinggi yaitu sekitar 140/90 mmHg, bisa dipastikan mengalami hipertensi dan penyakit ginjal.

Mengontrol tekanan darah secara rutin sangat penting untuk menurunkan resiko terkena penyakit ginjal, jantung, dan stroke. Bagi semua orang yang ingin memastikan keadaan ginjalnya sehat dan tidak bermasalah adalah dengan tes tekanan darah. Tes tekanan dapat dijadikan sebagai salah satu cara mengetahui ginjal sehat dan tidak sehat. Seseorang yang ginjalnya sehat, harus dapat menjaga tekanan darah di bawah 140/90.

3. eGFR (estimate-Gromerular Filtration Rate)

eGFR diperkirakan dapat diperkirakan melalui hasil serum atau darah (tes kreatinin). Sebagai salah satu cara mengetahui ginjal sehat dilakukan dengan tes eGFR. eGFR berguna untuk menentukan kemampuan fungsi ginjal dalam menyaring dan menghilangkan kotoran dari darah. Seseorang yang ginjalnya sehat dan dapat berfungsi secara normal, GFR menunjukkan angka 60 mL/men/1.73 m2 atau lebih. Akan tetapi, jika GFR menunjukkan angka di bawah tersebut, itu menandakan bahwa ginjal tidak sehat dan akan menderita gagal ginjal.

4. Tes Pencitraan

Tes yang dapat dilakukan sebagai cara mengetahui ginjal sehat adalah dengan tes pencitraan. Prosedur tes pencitraan dapat dilakukan melalui 2 cara, yaitu USG dan CT scan. USG dilakukan dengan menggunakan gelombang suara untuk mendapatkan gambaran dari ginjal.

USG digunakan untuk mencari kelainan pada ginjal, seperti ukuran atau posisi ginjal serta hambatan seperti batu atau tumor. Sedangkan CT scan, menggunakan pewarna kontras untuk menghasilkan gambar ginjal. Dengan melakukan CT scan, seseorang dapat mencari kelainan struktural dan kehadiran suatu penghalang.

5. Biopsi Ginjal

Biopsi ginjal dapat dilakukan sesekali untuk menjaga agar kondisi ginjal tetap sehat dan baik. Selain itu, biopsi dilakukan untuk mengidentifikasi proses penyakit dan mencari tahu keadaan transplantasi ginjal. Biopsi biasanya dilakukan dengan menggunakan jarum tipis dengan ujung yang tajam.

Jarum ini berguna untuk mengiris potongan-potongan kecil jaringan ginjal untuk diperiksa di bawah mikroskop. Jika transplantasi ginjal tidak dapat bekerja dengan baik, maka dapat dipastikan jika ginjal bermasalah dan tidak sehat.

Itulah beberapa tes yang dapat dilakukan sebagai cara mengetahui ginjal sehat. Tes tersebut dapat dilakukan jika seseorang merasakan ada yang tidak baik dengan dirinya. Seperti halnya  sering mengalami pusing, mual, perubahan warna urine, sesak nafas, dan kesulitan saat buang air kecil. Agar kondisi ginjal tetap sehat, seseorang harus selalu menjaga pola makan dan memakan makanan yang sehat.


4:50:00 AM