Cara Mengetahui Id Pelanggan PDAM dan Cara Mengecek Tagihannya




cara mengetahui id pelanggan pdam

Cara Mengetahui Id Pelanggan PDAM - Setiap orang yang menggunakan PDAM harus mendaftar terlebih dahulu sebagai pelanggan. Dengan mendaftar sebagai pelanggan, harus mengikuti aturan yang ada pada yaitu seperti membayar tagihan. Membayar tagihan akan memudahkan pelanggan untuk menerima air bersih sebagai kebutuhan sehari-hari. Namun, banyak terjadi di masyarakat yang sering terlambat membayar tagihan. Hal ini disebabkan karena beberapa hal, misalnya lupa atau id pelanggan hilang sehingga pelanggan tidak mengerti bagaimana cara mengetahui id pelanggan PDAM.

Setiap orang yang terdaftar sebagai pelanggan PDAM juga harus mengetahui cara mengecek tagihan. Cara mengecek tagihan, pelanggan tidak perlu repot-repot untuk datang langsung ke kantor. Pelanggan dapat mengeceknya melalui hp secara online. dengan demikian, pelanggan dapat menyiapkan biaya tagihan sebelum membayarnya.

Cara Mengetahui ID Pelanggan PDAM

Pelanggan PDAM harus rutin membayar tagihan setiap sebulan sekali. Untuk membayar tagihan tersebut, pelanggan tak harus selalu datang ke kantor PDAM. Akan tetapi dapat dilakukan melalui atm, indomaret dan secara online. Pelanggan hanya harus menyetor id pelanggan untuk dapat membayar tagihan. Berikut beberapa cara mengetahui id pelanggan PDAM yang hilang:

1. Melalui Meteran

Meteran dapat menjadi acuan sebagai cara mengetahui id pelanggan PDAM. Bagi para pelanggan yang lupa id pelanggannya dan tidak menyimpan id pelanggan (hilang), dapat melihat id melalui meteran. Di meteran tersedia nomor id pelanggan, yang memudahkan pelanggan untuk mengeceknya.

2. Melihat Struk Tagihan PDAM

Cara mengetahui id pelanggan PDAM dapat menggunakan struk pembayaran bulan sebelumnya. Pelanggan yang telah membayar tagihan, sebaiknya harus selalu menyimpan struk pembayarannya. Hal ini sangat penting, karena jika id pelanggan hilang, dapat dilihat melalui struk pembayaran. Pada struk tertera secara jelas mengenai id pelanggan di deretan paling atas struk. Dengan demikian, pelanggan tidak perlu bingung lagi untuk mengetahui id pelanggan PDAM.

3. Melihat Struk ATM

Selain dapat dilihat melalui struk tagihan PDAM, untuk dapat mengetahui id pelanggan dapat dilihat melalui struk ATM. Banyak orang yang terdaftar sebagai pelanggan PDAM membayar tagihan melalui atm. Sehingga dapat dipastikan bahwa di struk pembayaran tersebut terdapat id pelanggan. Untuk itu, pelanggan hanya langsung melihat id-nya melalui struk atm yang telah dibayar pada bulan sebelumnya.

4. Melalui Internet

Pelanggan PDAM dapat mengetahui id pelanggannya yang hilang melalui panduan online. Melalui panduan online seperti google, biasanya pelanggan dapat menemukan solusi atau cara mengetahui id pelanggan PDAM yang hilang. Pelanggan hanya harus mengikuti setiap langkah yang ada pada google.

Biasanya pelanggan hanya dengan memasukkan nama dan alamat untuk dapat mengetahui id pelanggannya, untuk informasi lebih lanjut cara mengetahui ID PDAM online anda bisa mengunakan Google untuk mencari website PDAM tempat anda berlangganan, misalkan 'PDAM tirta mayang, PDAM tirta nadi', atau bisa mengetik nama kabupaten misalnya, PDAM Jambi, PDAM Sleman, nanti Google akan mereferensi beberapa website PDAM sesuai kata Kunci.

Untuk mengetahui ID Pelanggan PDAM secara online anda bisa menghubungi admin website PDAM tempat anda berlanggan, dengan menyertakan identitas yang jelas, biasa pihak PDAM menyertakan email, sosial media bahkan nomor kontak WA, sehingga pelanggan bisa berkomunkasi tanpa harus mendatangi kantor PDAM.

Cek Tagihan PDAM online Salah satu contoh cara cek Tagihan online PDAM

5. Mendatangi Kantor PDAM

Selain beberapa cara di atas, jika pelanggan ingin lebih mudah dapat datang langsung ke kantor. Pelanggan dapat datang ke kantor cabang terdekat dimana terdaftar sebagai pelanggan PDAM. Di kantor tersebut, pelanggan dapat melapor terlebih dahulu kepada pegawai atau staff yang ada dengan memberi tahu nama dan alamat. Kemudian, pegawai akan mengecek dan memberikan nomor id kepada pelanggan.

Cara Cek Tagihan PDAM

Selain harus paham bagaimana cara mengetahui ID pelanggan PDAM, para pelanggan juga dapat mengecek tagihan PDAM. Untuk dapat mengecek tagihan PDAM, pelanggan dapat melakukan secara online melalui smartphone. Dengan mengecek tagihan PDAM secara online, pelanggan dapat mengetahui jumlah yang harus dibayarkan sebelum membayarnya langsung. Cara mengecek tagihan secara online adalah dapat melalui website resmi PDAM. Setiap daerah memiliki situs pengelola PDAM yang berbeda.

Pelanggan dapat membuka situs resmi pengelola PDAM sesuai daerahnya. Kemudian pelanggan hanya scroll down ke bawah dan melihat di info perkiraan tagihan pelanggan. Di dalam kolom info perkiraan tagihan pelanggan, haus memasukkan id pelanggan yang dimiliki, kemudian pencet submit. Setelah itu pelanggan akan langsung mengetahui jumlah tagihan PDAM pada bulan ini.

Itulah beberapa cara mengetahui ID pelanggan PDAM yang hilang serta cara mengecek tagihan PDAM. Pelanggan dapat melakukan beberapa cara seperti melalui meteran, struk tagihan PDAM, struk atm, panduan online, dan mendatangi kantor. Selain itu, selain membayar tagihan PDAM, pelanggan dapat mengecek terlebih dahulu jumlah tagihan secara online.


5:10:00 AM