Cara Mengetahui IMEI HP Saat HP Masih di Tangan dan Saat Hilang Serta Penanganan HP Hilang Dengan IMEI




cara mengetahui imei hp

Cara Mengetahui IMEI HP Saat HP  - IMEI atau International Mobile Equipment Identity  ialah kode unik handphone sebagai identitas sehingga tidak sama nomor IMEI handphone yang satu dengan yang lainnya. Selain untuk nomor identitas, IMEI juga dapat digunakan untuk melacak handphone yang hilang dan mengecek apakah hp asli atau palsu dengan mencocokkannya. Namun tak sedikit pula masyarakat yang belum mencatat nomor HP dan sudah terlanjur hilang. Sehingga sulit untuk menelusuri. Jadi, bacalah informasi cara mengetahui IMEI HP berikut ini kemudian melacaknya.

Cara Mengetahui Imei HP Jika Masih Berada Di Tangan

Umumnya IMEI terdiri dari 14 digit namun untuk handphone keluaran terbaru terdiri dari 16 digit. Posel GSM menggunakan nama “IMEI” sedangkan ponsel dengan jaringan CDMA menggunakan nama MEID”. Berikut ini cara mengetahui IMEI HP. Berikut ini cara umum mendapatkan nomor IMEI:

1. Menggunakan Kode*#06#

Ini merupakan cara termudah untuk mengecek IMEI. Pertama buka aplikasi Phone atau telepon. Kemudian ketikkan *#06#. Secara otomatis akan muncul nomor IMEI. Nomor ini dapat anda cek dengan mengetahui IMEI HP dengan cara lain, apakah nomor IMEI yang dimaksud sama.

2. Menggunakan Menu Setting

Semua HP dapat mengecek IMEI dengan cara ini. Buka menu setting atau pengaturan lalu About Phone. Lalu pilih Status dan nomer IMEI akan muncul. Beda tipe akan sedikit berbeda alurnya, namun dapat anda cari di menu Setting.

3. Menggunakan Cara Manual

Ada dua cara manual untuk mengecek IMEI HP. Pertama melalui baterai HP. Namun cara ini hanya digunakan oleh HP yang baterainya dapat dilepas atau removable bukan baterai tanam. Di baterai tersebut akan tertera nomor IMEI. Kedua, jika anda masih menyimpan dus HP, dapat menggunakan cara ini dengan melihat di dusbox atau di luar kemasan bukan di buku panduan.

4. Menggunakan Web imei.info

Setelah mendapatkan nomor IMEI dengan cara di atas, anda dapat mengecek info detail HP dengan web ini. Kunjungi situs imei.info lalu masukkan nomor IMEI dan klik Check.

Cara Mengetahui IMEI HP Jika HP terlanjur Hilang

Banyak masyarakat yang belum mengetahui kegunaan nomor IMEI handphone, sehingga tidak mencatatnya. Namun, ketika handphone hilang, nomor ini sangat berguna untuk melacak atau menelusuri keberadaan HP. Ada cara untuk mengatasi jika HP terlanjur hilang dan tidak menyimpan nomor IMEI tersebut. Berikut ini cara mengatasinya.

1. Gunakan Aplikasi Find My Device

Google telah memberikan fitur terbarunya yaitu aplikasi untuk mencari perangkat yang hilang. Anda perlu mendownload  aplikasi Find My Device yang terbaru yaitu 2.2 di Play Store. Jika sudah selesai, tetap di jendela Play Store tersebut dan kemudian ketuk tombol “i”. Selanjutnya akan ditampilkan informasi perangkat termasuk nomor IMEI dan tanggal pendaftaran pertama. Nomor IMEI ini dapat anda lacak dengan ketentuan GPS dan HP dalam keadaan hidup.

2. Gunakan Akun Google

Seperti yang kita ketahui, Google akan menyimpan secara otomatis informasi penting yang bahkan menurut pengguna tidak penting. Cara ini menjadi alternatif untuk mencari nomor IMEI yang tidak sempat ditulis. Caranya dengan log in akun google anda di web www.google.com/setting. Kemudian klik Account Tools di bagian bawah. Selanjutnya pilih Dashboard. Dan akan muncul perangkat apa saja yang pernah digunakan untuk membuka akun google tersebut. Klik perangkat yang anda cari dan catat nomor IMEInya.

Penanganan HP yang Hilang dengan IMEI

Jika nomor IMEI sudah didapatkan, anda dapat mengunjungi gerai operator untuk melakukan pemblokiran nomor. Selain itu, hal ini bisa menjadi bukti untuk melaporkan ke kepolisian. Pihak yang bertanggung jawab akan menggunakan nomor IMEI untuk melacak handphone. Selain itu,  dapat pula melaporkan ke customer service yang bersangkutan untuk dilacak melalui pihak produsen HP atau provider.

Selain melapor kepada dua pihak tadi, anda dapat menggunakan aplikasi Find My Device yang sudah diinstal tadi untuk melacak HP yang hilang. Namun, perlu diketahui untuk melacak,  GPS dan HP harus dalam keadaan aktif.

Hal di atas ialah cara mengetahui IMEI HP pada saat masih berada di tangan ataupun terlanjur hilang dan penanganan HP hilang dengan menggunakan IMEI yang bisa dicoba. Jangan lupa menyimpan nomor IMEI untuk berjaga-jaga ketika hilang. Dengan nomor identifikasi ini pula, pengguna dapat melihat handphone yang dimiliki apakah asli atau tidak.


3:56:00 AM