Cara Menghilangkan Asam Urat dan Efek Yang Terjadi Jika Asam Urat Terlalu Tinggi




cara menghilangkan asam urat

Cara Menghilangkan Asam Urat secara efektif - Asam urat adalah produk sampingan dari metabolisme asam amino purin pada sel yang secara alami diproduksi oleh tubuh secara normal. Kadarnya meningkat jika terjadi konsumsi makanan yang memiliki kadar purin yang tinggi. Asam urat yang tinggi di dalam darah bisa menyebabkan rasa nyeri dan bengkak pada persendian. Lakukan beberapa cara menghilangkan asam urat untuk mengatasinya.

Efek Jika Kadar Asam Urat Terlalu Tinggi

Banyak efek negatif bagi tubuh jika tidak mengatasi kondisi kadar asam urat yang tinggi di dalam darah. Efeknya mulai dari gejala fisik yang timbul hingga kerusakan organ di dalam tubuh. Berikut ini adalah beberapa efek negatif asam urat yang tinggi di di dalam tubuh:
  • Nyeri dan bengkak pada sendi. Kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada persendian. Jika terlalu tinggi tidak hanya nyeri tetapi juga terjadi bengkak pada persendian.
  • Terbentuk benjolan thopi. Asam urat yang tinggi di dalam tubuh jika dibiarkan saja akan menyebabkan penumpukan kristal asam urat di bawah kulit. Pada akhirnya membentuk benjolan putih atau kuning yang disebut tophi.
  • Gangguan pada ginjal. Ginjal memiliki fungsi menyaring darah di dalam tubuh, kadar asam urat yang tinggi dalam darah akan membuat ginjal bekerja sangat keras. Jika terjadi terus menerus maka ginjal akan lelah dan mengalami gangguan fungsi.
  • Batu ginjal. Asam urat yang menumpuk pada ginjal karena proses penyaringan bisa menyebabkan batu ginjal yang sangat menyakitkan. Jika jumlah batu ginjal banyak atau dalam ukuran besar, maka akan mengganggu kerja ginjal dan harus dioperasi untuk dikeluarkan.
  • Kerusakan sendi. Jika segera diatasi dengan cara menghilangkan asam urat, maka kerusakan sendi secara permanen akan terjadi. Sendi akan bengkok atau bahkan tidak bisa bergerak sama sekali.
Efek buruk akan dialami tubuh jika kadar asam urat tidak segera dikendalikan, karena pasti mempengaruhi sistem kerja organ tubuh. Untuk itu penting untuk melakukan pencegahan guna mengatasi masalah kadar asam urat yang tinggi di dalam darah. Di bawah ini akan diulas cara menghilangkan asam urat di dalam darah yang meningkat.

Cara Menghilangkan Asam Urat Tinggi Di Dalam Tubuh

Untuk menghindari efek yang lebih parah dari sekedar nyeri sendi akibat asam urat harus menurunkan kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh. Menghilangkan asam urat yang tinggi bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Cek Kadar Asam Urat Darah

Untuk mengetahui apakah anda mengalami asam urat tinggi atau sekedar nyeri sendi biasa adalah dengan cek kadar asam urat. Ketahui nilai normal asam urat untuk pria 2-7 mg/ dl dan untuk wanita 2-6,5 mg/ dl, jika asam urat di luar range tersebut maka harus mulai waspada dengan gejala hiperuremia.

2. Lakukan Diet Rendah Purin Untuk Mengatasi Asam Urat

Jika asam urat tinggi dalam darah maka penderita harus mulai menurunkannya dengan cara menghilangkan asam urat dengan diet rendah purin. Pahami prinsip diet ini terutama pada bagian menghindari makanan yang memiliki kadar purin tinggi, seperti seafood, kacang-kacangan dan lainnya.

3. Pada Kondisi Akut Bisa Mengkonsumsi Obat Dari Dokter

Pada kondisi akut penderita bisa mengkonsumsi obat sesuai anjuran dokter untuk dosis dan waktunya. Konsumsi obat bisa dilakukan sampai keadaan akut teratasi atau sampai nyeri sendi yang hebat hilang, kemudian kembali control dengan melakukan diet.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Asam urat adalah zat yang tidak larut lemak tetapi larut air, oleh karena itu penting untuk perbanyak minum air putih. Minum air putih dalam jumlah banyak akan membantu pengeluaran asam urat melalui kencing, sehingga akan menurunkan kadarnya di dalam tubuh.

5. Bisa Menggunakan Bahan Alami Untuk Mengontrol Kadar Asam Urat

Untuk mengontrol kadar asam urat di dalam tubuh, juga bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar. Bahan alami yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi masalah asam urat seperti cuka apel, lemon, daun salam dan lainnya.

Demikian beberapa cara menghilangkan asam urat yang tinggi di dalam tubuh, untuk menghindari efek buruknya. Dengan melakukan cara-cara di atas, maka kadar asam urat akan terkontrol dengan baik. Jika kadar asam urat sudah terkontrol, maka hentikan obat namun teruskan diet rendah purin agar asam urat tidak meningkat kembali.


7:08:00 AM