Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Mudah dan Cepat




cara menghilangkan bau mulut

Cara Menghilangkan Bau Mulut - Bau mulut bisa merusak segalanya. Image diri, suasana, hingga pertemanan bisa terganggu gara-gara bau mulut. Semua orang bisa saja menggosok gigi tiap hari. Akan tetapi seringkali, menggosok gigi saja tidak cukup untuk menghilangkan bau mulut. Untungnya, ada cara menghilangkan bau mulut lainnya. Bagaimanakah caranya? Berikut ini paparannya.

1. Gunakan Larutan Pembersih Mulut

Larutan pembersih mulut sangat berguna untuk menghilangkan bau mulut, terutama menjelang action dimulai. Menggunakan larutan pembersih mulut tidak membutuhkan waktu lama. Cukup pergi ke kamar mandi dan berkumur dengan larutan tersebut. Bagi siapapun yang punya masalah bau mulut, sebaiknya bawa larutan pembersih mulut ke mana-mana.

Selain simpel, larutan pembersih mulut juga bisa menjadi pengganti sikat gigi. Jadi saat bepergian dan lupa membawa sikat gigi, larutan pembersih mulut juga bisa dijadikan alternatif.

2. Minum Air Sesering Mungkin

Jika tidak memiliki larutan pembersih mulut, banyak mengonsumsi air juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bau mulut. Jangan biarkan rongga mulut mengering. Pasalnya, rongga mulut kering mengakibatkan kuman lebih cepat tumbuh. Dengan demikian, bau mulut juga lebih rawan terjadi.

Maka dari itu, selalu jaga kelembaban mulut. Patuhi aturan minum 8 gelas sehari secara rutin. Sebaiknya bawa tumbler atau botol air minum ke mana-mana jika punya masalah bau mulut.

3. Tidak Minum Kopi

Menjelang action, lebih baik hindari meminum kopi. Rasa pahit kopi dapat memicu mulut kering, sehingga akan menimbulkan bau mulut. Selain itu, rasa pahit biasanya akan memicu munculnya rasa “getir” di mulut. Rasa ini merupakan tanda awal yang menandakan bau mulut. Jika memang harus mengonsumsi kopi, selalu minum air putih setelahnya.

4. Kunyah Permen Karet Rendah Gula

Permen karet dapat membantu menjaga normalitas air liur dalam rongga mulut. Maka dari itu, mengunyah permen karet bisa mengobati bau mulut. Akan tetapi ingat, kunyah permen karet yang rendah gula. Jika tidak, kandungan gula bisa memicu bau mulut. Gula akan menempel di gigi, mengeroposkan gigi, lalu membuat lubang yang akan mudah ditinggali kuman.

5. Hindari Merokok

Rokok punya kandungan nikotin yang sangat tinggi. Nikotin ini bukan hanya akan merusak tubuh. Dalam jangka pendek, masalah mulut juga akan timbul akibat nikotin. Bau mulut adalah salah satunya.

Bagi orang-orang yang punya jadwal presentasi padat, sebaiknya tidak terlalu sering merokok. Saat sudah parah, bau mulut perokok bahkan sulit dihilangkan dengan obat kumur atau sikat gigi. Bukan hanya itu, rokok juga akan merusak warna gigi. Saat warna gigi rusak, maka kesempurnaan penampilan juga akan rusak.

6. Jangan Makan Makanan Berbau

Cara menghilangkan bau mulut yang penting berikutnya adalah jangan makan makanan berbau. Makanan berbau yang dimaksud di sini adalah makanan yang meninggalkan bekas bau di mulut. Bahkan meski sudah lama dikonsumsi. Makanan-makanan semacam ini misalnya pete dan jengkol.

Jika tidak bisa menahan diri mengonsumsi makanan berbau, sebaiknya sering-seringlah sikat gigi. Gunakan obat kumur bila perlu. Saat ingin berinteraksi dengan banyak orang (misalnya akan menghadiri acara dan sebagainya), hindari makan makanan berbau beberapa jam sebelumnya.

7. Bersihkan Juga Lidah Saat Sikat Gigi

Bagi orang yang tidak punya masalah mulut atau tidak habis mengonsumsi makanan berbau, sikat gigi saja sebenarnya cukup. Akan tetapi ada orang-orang yang memiliki masalah bau mulut meski tidak sakit gigi atau tidak sehabis makan jengkol. Hal ini bisa terjadi karena proses pembersihan mulut tidak sempurna saat sikat gigi.

Saat sikat gigi, bukan hanya gigi yang harus dibersihkan. Jangan lupa membersihkan bagian mulut lainnya, terutama di lidah. Pasalnya saat makan, lidah menjadi tempat merasai makanan. Sisa-sisa makanan pasti melekat di sana.

8. Konsumsi Permen Rasa Mint

Terakhir, hisap permen dengan rasa mint. Meski bukan daun mint asli, sensasi mint dalam permen bisa menyegarkan napas. Dengan demikian bau mulut bisa diminimalisasi. Akan tetapi sebaiknya mengonsumsi permen mint yang empuk. Permen empuk biasanya lebih minim kadar gula dibanding permen biasanya. Selain itu, permen empuk juga tidak menempel ke gigi saat dikunyah. Sehingga kemungkinan permen empuk merusak gigi sangat minim.

Cara menghilangkan bau mulut di atas benar-benar sangat manjur untuk dicoba. Oleh karena itu, bagi siapapun yang merasa tidak pede karena bau mulut, dianjurkan tidak terlambat mengobatinya. Jangan sampai acara-acara penting hancur hanya karena hal sesepele bau mulut.


8:29:00 AM