Cara Menghilangkan Cat Pilox Yang Mudah dan Tepat Pada Motor




cara menghilangkan cat pilox

Cara Menghilangkan Cat Pilox Yang Mudah - Cat pilox atau biasa dikenal dengan cat semprot adalah jenis cat praktis yang tidak perlu effort untuk dicampur dengan thinner. Penggunaannya tinggal semprotkan ke permukaan yang ingin dicat. Karena kepraktisan penggunaannya inilah, cat ini menjadi pilihan utama untuk memodifikasi warna kendaraan, khususnya pada sepeda motor. Lalu jika ingin mengganti warna lagi, bagaimana cara menghilangkan cat pilox yang sebelumnya? Nah, berikut ini ada beberapa caranya.

1. Menggosok Dengan Amplas

Amplas adalah alat serbaguna yang dapat digunakan untuk menghaluskan permukaan kayu atau besi. Jika menginginkan cat pada sebuah besi hilang, manfaatkanlah amplas untuk menghilangkannya. Selain mudah didapatkan dan harganya cukup terjangkau, cara pengaplikasiannya juga sangat mudah.

Gosoklah bagian permukaan bagian yang terkena cat menggunakan amplas yang permukaannya kasar. Lakukan pengamplasan ke seluruh bagian permukaan dan Jangan lupa gunakan masker agar tidak terhirup oleh alat pernafasan

2. Menggunakan Mesin Sander

Cara kerja mesin ini hampir sama dengan kertas amplas yang digosokkan pada permukaan motor yang terkena cat. Penggunaan ini untuk menghilangkan bekas cat yang menempel pada motor akan memakan waktu lama karena harus sering mengganti amplas.

Mesin Sander lebih cocok digunakan pada permukaan yang lebar karena pekerjaan mesin ini tidak bisa menjangkau bagian-bagian pada area yang sempit. Selain keterbatasan ini, jika tidak hati-hati dalam penggunannya dapat menyebabkan kerusakan goresan pada motor.

3. Gosok Bensin

Cara menghilangkan cat pilox pada motor yang paling murah meriah adalah dengan menggunakan bensin. Bisa dikatakan murah, karena hanya menggunakan kain bersih yang telah diberi bensin. Setelah itu, gosok perlahan cat yang ingin dihilangkan dan hindari menyentuh bagian cat lainnya dan yang tidak ingin dihapus. Hal ini dikarenakan dapat membuat lapisan cat akan terkikis dan terkelupas.

4. Menggunakan Thinner

Thinner adalah cairan yang biasa digunakan sebagai dasar sebelum melakukan finishing pada kayu yang akan diwarnai. Selain itu, Thinner juga bisa digunakan untuk menghilangkan cat pada besi. Selain mudah ditemukan, penggunaannya pun cukup mudah,beri thinner pada bagian permukaan besi yang ada catnya. Setelah itu kerok bagian permukaan besi, karena cairan ini sangat mudah menguap. Cairan Thinner berfungsi untuk melembabkan permukaan besi sehingga mudah untuk dikerok.

Kemudian sempurnakan dengan melakukan proses pengamplasan secara manual dan menyeluruh ke semua bagian permukaan, sehingga akan diperoleh hasil yang maksimal. Proses terakhir yaitu mengelap bagian tersebut menggunakan lap kering agar serpihan-serpihan debunya bisa terangkat dan permukaan terasa halus saat disentuh.

5. Menggunakan Compound

Pemakaian compound untuk menghilangkan cat pilox ini sebenarnya kurang direkomendasikan. Hal ini dikarenakan prinsip kerja dari compound dapat mengikis lapisan bodi motor. Cara untuk mengaplikasikan compound adalah ambil sebuah lap bersih dan halus, usapkan compound pada bagian motor yang ingin dihilangkan catnya, kemudian gosok bagan tersebut.

Jika melakukannya dengan takaran yang pas serta tingkat kekuatan menggosok yang tepat maka akan didapatkan hasil yang lebih baik. Namun, seringkali yang terjadi yaitu sulitnya konsisten dalam menggosokkan compound dan sehingga permukaan yang terkikis compound menjadi tidak merata dan menimbulkan goresan.

6. Olesi Paint Remover

Untuk menghilangkan bekas cat pilox pada motor, menggunakan cairan paint remover adalah cara yang paling mudah dan paling tepat. Paint remover sangat mudah ditemukan di toko bangunan ataupun toko cat, dan biasanya dijual di dalam bentuk kalengan. Untuk cara menggunakannya cukup dengan dikuaskan langsung di bagian motor yang catnya ingin dihilangkan.

7. Aplikasikan Soda Api

Soda api sendiri cukup mudah ditemukan di toko-toko bangunan. Bentuknya ada yang berbentuk kristal dan ada yang cairan. Jika ingin mengunakan yang dalam bentuk cair, bisa langsung saja oleskan soda api pada bagian motor yang akan dihiangkan catnya menggunakan lap.

Namun, jika sudah terlanjur  membeli yang dalam bentuk kristal, berarti harus larutkan terlebih dahulu menggunakan air panas. Setelah itu baru diaplikasikan untuk menghapus cat pilox pada permukaan motor. Selain untuk menghilangkan lapisan bekas cat pada motor, soda api juga sering digunakan untuk mengatasi saluran air yang tersumbat.

Nah, demikian uraian mengenai cara menghilangkan cat pilox pada permukaan motor yang akan diganti warnanya. Namun perlu diketahui bahwa ada beberapa merk cat pilox yang susah untuk dihilangkan karena melekat sangat kuat, bahkan ada yang tahan terhadap bensin.


4:30:00 AM