Cara Menghilangkan Gusi Bengkak Paling Efektif




cara menghilangkan gusi bengkak

Cara Menghilangkan Gusi Bengkak Paling Efektif - Gusi bengkak merupakan salah satu masalah pada mulut yang sering terjadi pada sebagian orang. Kondisi ini dapat menyebabkan badmood hingga nafsu makan berkurang. Tidak hanya itu, gusi bengkak juga membuat kepala menjadi sakit. Terdapat beberapa cara menghilangkan gusi bengkak yang dapat dilakukan baik secara medis maupun tradisional.

Dengan menggunakan bahan alami dalam mengatasi gusi bengkak akan memberikan kemudahan sekaligus rasa aman. Dengan demikian cara ini lebih banyak direkomendasikan dalam menangani gusi bengkak. Berikut ini beberapa cara menghilangkan gusi bengkak yang sangat mudah.

Mengunyah Daun Jambu Biji

Cara menghilangkan gusi bengkak yang pertama yaitu dengan memanfaatkan daun jambu biji. Daun jambu biji mengandung antibakteri yang sangat baik dalam menjaga kesehatan mulut. Selain antibakteri, daun jambu biji juga mengandung anti inflamasi dan analgesi yang kuat.

Cara menggunakannya yaitu cukup dengan mengunyah daun jambu bijin yang sudah dibersihkan. Atau dapat juga dengan merebus daun jambu biji dengan segelas air dan dijadikan sebagai obat kumur.

Kumur Air Garam

Salah satu cara menghilangkan gusi bengkak yang terbukti efektif yaitu dengan air garam. Air garam sangat ampuh dalam mengatasi segala macam masalah pada mulut dan gigi. Kandungan sodium pada gigi dapat membasmi bakteri penyebab karang atau plak pada gigi. Selain itu, garam juga dapat mengatasi bau mulut.

Cara menggunakannya yaitu dengan memasukkan 2 sendok makan garam ke dalam segelas air hangat. Setelah larut, gunakan air garam tersebut unk obat kumur. Air garam ini dapat digunakan setelah selesai sikat gigi sehingga bakteri hilang hingga bersih.

Kumur Air Jahe

Tidak hanya dapat dijadikan sebagai bumbu dapur saja, jahe juga sangat bermanfaat dalam memberantas bakteri di dalam mulut. Caranya yaitu dengan menghaluskan 1 buah jahe menggunakan parut. Kemudian gunakan perasan air jahe tersebut sebagai obat kumur.

Berkumur Air Lemon

Lemon adalah buah yang mengandung alkali alami yang dapat menyeimbangkan kadar pH dalam mulut. Buah ini juga dapat dijadikan sebagai antibakteri yang sangat efektif dalam membasmi bakteri penyebab gigi berlubang hingga mengatasi gusi yang bengkak. Cara menghilangkan gusi bengkak menggunakan lemon yaitu dengan memeras 1 buah lemon dan dicampurkan pada segelas air hangat.

Selanjutnya air lemon tersebut dapat digunakan untuk berkumur. Untuk menghilangkan gusi bengkat secara efektif maka dapat dilakukan dengan berkumur 3 kali sehari menggunakan air lemon ini.

Berkumur Jeruk Nipis

Selain lemon, jeruk nipis juga dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan gusi bengkak. Jeruk nipis mampu membasmi bakteri di dalam mulut sehingga kesehatan pada mulut lebih terjaga. Cara menggunakannnya yaitu dengan memeras 2 buah jeruk nipis. Kemudian dicampurkan dengan segelas air hangat yang selanjutnya dijadikan untuk berkumur.

Menggunakan Bawang Merah atau Bawang Putih

Seperti yang kita ketahui, bawang merah dan bawang putih mengandung antiseptik alami yang dapat membunuh kuman di dalam gigi. Cara menghilangkan gusi bengkak menggunakan cara ini yaitu dengan menumbuk 1 siung bawang merah atau bawang putih  dan sedikit garam hingga halus. Gunakan pasta tersebut dengan menempelkannya pada gusi yang bengkak.

Olesi Menggunakan Pasta Merica

Selain sebagai penyedap rasa, merica juga sangat bermanfaat dalam mengatasi gusi bengkak. Di dalam merica terdapat kandungan antibakteri, anti inflamasi dan analgesik yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mulut.

Cara menghilangkan gusi bengkak menggunakan merica adalah dengan mencampurkan bubuk merica dan garam. Selanjutnya tambahkan sedikit air hingga terbentuk pasta. Oleskan pasta tersebut pada gusi yang bengkak atau pada gigi yang sakit.

Olesi Menggunakan Belimbing Wuluh

Antibakteri sangat efektif dalam membasmi bakteri di dalam mulut. Belimbing wuluh sendiri mengandung antibakteri yang dapat menghilangkan gusi bengkak. Meskipun memiliki rasa yang sangat asa, buah ini terbukti efektif dalam mengatasi pembengkakan pada gusi.

Cara mengolahnya yaitu dengan menumbuk 2 biji belimbing wuluh yang belum matang hingga halus. Gunakan tumbukan belimbing wuluh tersebut pada gigi dan gusi yang sakit dengan cara dioleskan.

Tempeli Biji Asam Jawa

Bahan alami berikutnya yang terbukti ampuh dalam menghilangkan gusi bengkak adalah asam jawa. Asam jawa memiliki kandungan antiseptik alami yang dapat menjaga kesehatan mulut dan gigi. Cara menghilangkan gusi bengkak dengan asam jawa adalah dengan menyangrai biji asam jawa terlebih dahulu. Kemudian dapat ditempelkan pada gigi atau gusi yang sakit.

Itulah beberapa cara menghilangkan gusi bengkak yang terbukti efektif. Jagalah kesehatan mulut dan gigi dengan menggosok gigi secara teratur. Selain itu, jagalah pola makan dengan baik dan benar sehingga kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga.


4:43:00 AM