Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami




cara menghilangkan komedo

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami - Selain jerawat, salah satu masalah wajah paling mengganggu adalah komedo. Masalah satu ini muncul akibat tumpukan kotoran di dalam pori-pori wajah. Semakin besar pori-pori, semakin riskan pula wajah terkena komedo. Kalau sudah begini, masalah wajah lainnya akan muncul. Bahkan konon, awal mula jerawat adalah komedo yang tidak dibersihkan. Lalu apakah komedo bisa dihilangkan? Jika ya, bagaimana cara menghilangkan komedo yang ampuh dan sehat? Berikut cara-cara terampuhnya.

1. Memakai Irisan Tomat

Tomat adalah bahan ampuh pertama untuk menghilangkan komedo. Tomat mengandung banyak zat yang bisa membersihkan pori-pori wajah. Zat di dalam tomat yang baik untuk wajah misalnya vitamin C dan antioksidan. Vitamin C dapat melembabkan wajah, serta mengecilkan pori-pori. Sedangkan antioksidan berguna untuk membunuh kuman di dalam pori-pori wajah. Selain itu, antioksidan yang diserap wajah juga berguna untuk mencegah penuaan dini.

Cara menghilangkan komedo dengan tomat cukup simpel. Iris tipis tomat secara vertikal. Letakkan irisan-irisan tersebut di sekitar hidung dan pipi. Sebaiknya pasang tomat di wajah setiap sebelum tidur.

2. Mengoleskan Gel Lidah Buaya Ke Wajah

Bahan ampuh penghilang komedo berikutnya adalah lidah buaya. Tanaman herbal satu ini mampu mengontrol kadar minyak di wajah. Seperti yang telah diketahui, wajah berminyak adalah salah satu penyebab banyaknya komedo. Saat kadar minyak di wajah terkontrol, maka komedo pun akan berkurang. Selain bisa mengontrol kadar minyak, lidah buaya juga mengandung saponin. Zat ini bisa membunuh kuman penyebab komedo.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan komedo adalah dengan mengoleskan gel-nya ke wajah. Diamkan minimal setengah jam. Setelah itu bilas dengan air bersih. Ulangi penggunaan 2-3 kali seminggu.

3. Memakai Masker Madu

Tidak salah jika madu disebut obat segala penyakit. Madu juga bagus untuk menghilangkan komedo. Kandungan zat dalam madu bisa membunuh kuman dan mengecilkan pori-pori sekaligus. Penggunaan madu secara rutin bahkan bisa membuat wajah lebih bersih dan awet muda. Untuk menggunakannya, pengguna cukup mengoleskan madu di wajah selama 15 menit. Setelah itu bilas madu sampai bersih.

4. Menggunakan Ampas Teh Hijau

Pada dasarnya, teh hijau memang bahan yang baik untuk kesehatan kulit, terutama kulit wajah. Teh hijau mengandung vitamin E dan antioksidan yang membuat wajah tampak bersih dan awet muda. Kombinasi dua zat ini juga bisa mengecilkan pori-pori, sehingga komedo di wajah juga akan berkurang.

Cara menghilangkan komedo dengan teh hijau sangat mudah dan hemat. Tinggal oleskan ampas bekas teh ke wajah. Diamkan antara 15-30 menit lalu bilas dengan air bersih.

5. Gosokkan Ampas Kopi

Sama seperti teh hijau, kopi juga mengandung antioksidan yang bisa mempercantik wajah. Penggunaan kopi pada wajah bisa membunuh kuman, mengecilkan pori-pori, sekaligus membersihkan sel-sel kulit mati. Selain itu, kopi juga bisa membuat wajah lebih halus.

Untuk menggunakannya sebagai masker, ambil ampas kopi yang terdapat di dasar gelas. Gosokkan ke wajah dan diamkan untuk beberapa saat.

6. Membasuh Muka dengan Air Garam

Garam dikenal sebagai bahan yang ampuh untuk pengobatan, termasuk pengobatan komedo. Secara alami, garam memiliki sifat anti-patogen. Sifat ini membuat garam bisa membunuh bakteri dan mencegah kerusakan sel.

Jika ingin menggunakan garam sebagai penghilang komedo, pertama-tama larutkan garam dengan air hangat. Masukkan kapas/kain lembut ke dalam air garam. Gosokkan kapas/kain ke wajah hingga terasa kesat.

7. Menggunakan Uap Nasi

Barangkali ini cara tradisional. Bahkan, banyak yang menyebut ini mitos. Akan tetapi faktanya, menggunakan uap nasi juga bisa menghilangkan komedo.

Pada dasarnya, beras mengandung vitamin, mineral, dan protein yang sangat baik untuk kesehatan. Saat beras ditanak menjadi nasi, sebagian kandungan tersebut akan terbawa uap panas. Apabila uap ini menerpa kulit, zat-zat penting tersebut akan meresap ke pori-pori. Dengan demikian, kulit akan jadi semakin bersih, pori-pori mengecil, dan komedo pun menghilang.

Cara menggunakan uap nasi sangat mudah. Bahkan tak perlu usaha sama sekali. Cukup taruh muka di atas panci atau alat menanak nasi. Biarkan uapnya menerpa muka. Semakin sering dilakukan, maka dampaknya akan makin baik untuk kulit.

Demikian cara menghilangkan komedo paling ampuh yang bisa dilakukan. Kesimpulannya, bahan-bahan alami di atas bisa membuat komedo hilang sepenuhnya. Akan tetapi jangan lupa selalu menjaga kebersihan wajah dengan rajin mencuci muka.


5:55:00 AM