Cara Meningkatkan Bilangan Oktan Dengan Mudah Dan Cepat




cara meningkatkan bilangan oktan

Cara Meningkatkan Bilangan Oktan - Bilangan oktan merupakan penamaan yang dituju pada salah satu isomer oktana. Oktana sendiri yaitu merupakan senyawa hidrokarbon yang berjenis alkana dan memiliki rumus kimia yaitu C8H18. Lalu apakah ada cara meningkatkan bilangan oktan? Tentu saja ada beberapa hal yang dapat dilakukan dalam peningkatan bilangan oktan.

Pada umumnya, bahan bakar bensin yang mempunyai bilangan oktan tinggi maka kualitasnya lebih bagus daripada bensin yang memiliki oktan rendah. Oleh sebab itu, harga bensin yang mengandung oktan tinggi cenderung lebih mahal. Contohnya adalah pertamax. Namun, ada beberapa cara meningkatkan bilangan oktan dan tentunya dengan biaya yang lebih rendah. Berikut ini beberapa ulasannya.

1. Menambahkan Kapur Barus ke Bensin

Ini cara pertama yang dapat dilakukan dalam meningkatkan bilangan oktan. Dimana kapur barus memiliki kandungan napthalena yang merupakan senyawa kimia yang biasa digunakan untuk menaikkan bilangan oktan. Ciri-ciri dari senyawa ini yaitu sifat pembakarannya lebih baik dan gampang menguap sehingga tidak menimbulkan bekas. Namun penggunaan napthalena sebagai zat aditif bensin belum terlalu populer.

Bilangan oktan bensin diklaim mampu mengalami kenaikan setelah dicampur dengan kapur barus. Rekomendasi dari beberapa orang sebutir kapur barus harus dilarutkan dengan bensin sebanyak 10 liter. Namun belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan kebenaran metode ini, termasuk dampak-dampak yang ditimbulkannya.

2. Mencampurkan Ethanol

Cara selanjutnya adalah mencampurkan dengan ethanol. Ethanol termasuk jenis cairan etil-alkohol dengan kandungan alkohol mencapai 99,9 persen. Rumus kimia dari ethanol sendiri adalah C2H6O. Ethanol dapat diperoleh dari proses fermentasi singkong atau tebu untuk pencampuran bensin.

Seperti yang diketahui bensin mengandung bilangan oktan yang rendah, premium memiliki angka 88. Sedangkan bilangan oktan ethanol yakni sebesar 118. Sehingga jika mencampurkan ethanol dan premium dengan perbandingan 1:9 akan menghasilkan bensin yang mempunyai bilangan oktan 91. Sebagai contoh pencampurannya yaitu bisa ethanol 300 ml dan premium 3 liter.

3. Menggunakan TEL (Tetraethyl Lead)

Upaya dalam meningkatkan bilangan oktan pada bensin juga bisa dikerjakan menggunakan TEL (Tetraethyl Lead). Senyawa TEL sendiri biasanya dituliskan memakai rumus kimia Pb (C2H5)4. Metode ini sangat terbukti efektif mampu menaikkan kadar oktan, namun sayangnya unsur timbel yang terbentuk dari sisa pembakaran dapat mengendap di mesin.

Itulah sebabnya, campuran TEL dan bensin perlu ditambahkan lagi dengan senyawa dibromoetana yang sanggup mengikat timbel menjadi PbBr2 yang bersifat gampang menguap. Perlu diketahui ternyata uap yang mengandung timbel ini sangat berbahaya bagi kesehatan dan bisa merusak lingkungan hayati. Akhirnya saat ini pemakaian TEL untuk menaikkan bilangan oktan bensin sudah dilarang oleh pemerintah Indonesia.

4. Memanfaatkan MTBE (Methyl Tertiary Butyl Ether)

MTBE (Methyl Tertiary Butyl Ether) merupakan senyawa yang dibuat dari ethanol melalui proses yang sedemikian rupa. Rumus kimia dari MTBE dituliskan dengan C5H11O. Perlu diketahui bahwa MTBE murni mempunyai bilangan oktan 118.

Selain berfungsi untuk menaikkan bilangan oktan, MTBE juga bisa meningkatkan kadar oksigen pada campuran gas pada mesin. Dengan begitu, MTBE akan membantu menyempurnakan proses pembakaran di ruang bakar. Namun baru-baru ini MTBE dinyatakan berbahaya karena bersifat karsinorgenik dan gampang tercampur air.

5. Menggunakan Ferrocene

Ferrocene sama halnya dengan MMT yang memiliki sifat untuk meningkatkan nilai oktan dari bahan bakar. Namun Ferrocene yang mengandung senyawa besi (iron) ini, setelah proses pembakaran menghasilkan besi oksida yang menjadi kerak dan menutupi permukaan catalyst. Ferrocene ini sebaiknya tidak dipakai dalam bensin bebas timbal, karena mengingat pernyataan di atas.

6. Menggunakan Alkohol

Cara meningkatkan bilangan oktan yang terakhir yaitu menggunakan alkohol. Hanya saja jenis alkohol ini memiliki sifat mengikat air. Bila dalam tangki terdapat air, maka octane booster jenis ini akan mengendap di dasar tangki bersama air dan tidak akan tercampur sempurna dengan bahan bakar.

Nah itulah beberapa cara meningkatkan bilangan oktan dengan mudah dan cepat. Cara-cara di atas secara teori memang dinilai bisa meningkatkan bilangan oktan pada bahan bakar bensin. Namun, perlu diketahui bahwa belum ada ujicoba praktiknya secara langsung. Oleh sebab itu tetaplah berhati-hati dalam melakukan tiap-tiap cara yang telah disebut di atas.


4:08:00 AM