Cara Meningkatkan Bobot Ayam Broiler Dengan Cepat dan Mudah




cara meningkatkan bobot ayam broiler

Cara Meningkatkan Bobot Ayam Broiler - Ayam broiler adalah ayam ras pedaging hasil persilangan antara ayam cornish dengan Plymouth Rock. Peternakan Broiler adalah salah satu penyumbang paling besar dalam usaha untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan sumber protein hewani. Bagi para peternak penting untuk mengetahui cara meningkatkan bobot ayam broiler. Di sini kita akan bahas cara mudah meningkatkan bobot ayam broiler.

Setiap para peternak pasti  menginginkan peningkatan bobot ayam broilernya bagus di atas rata-rata. Berikut beberapa cara meningkatkan bobot ayam broiler dengan mudah yang dapat diterapkan oleh para peternak, di antaranya :

1. Pemberian Pakan

Ini hal utama yang dapat dilakukan dalam meningkatkan bobot ayam broiler. Pemberian pakan yang tepat dan cukup pada ayam akan mempengaruhi pertumbuhan dan juga bobot ayam tersebut. Pemberian pakan sendiri ada waktu-waktu yang tepat yang sesuai dengan perkembangan. Tentunya ini adalah cara yang memang harus dilakukan untuk meningkatkan bobot ayam broiler

2. Menyesuaikan Kandang

Selanjutnya cara meningkatkan bobot ayam broiler ini, peternak dapat memberi ruang gerak yang nyaman bagi pertumbuhan ayam broiler ini. kandang dapat diperbesar sesuai dengan kondisi ayam tersebut. Dari umur 3 hari luasan brooder dapat diperlebar per 3 hari, hingga pada umur 10 hari sudah full space kandang yang digunakan. Hal ini dilakukan agar ayam tersebut tidak berhimpitan karena kecilnya kandang atau tidak leluasanya ruang gerak.

3. Pemberian Ventilasi

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan adalah memberi ventilasi sebanyak mungkin pada kandang agar oksigen segar dengan mudah masuk kedalam kandang. Ayam broiler mampu tumbuh dengan cepat dengan proporsi  jantung dan tubuh yang semakin kecil. Dengan pemberian ventilasi yang cukup pada kandang akan mempengaruhi pertumbuhan yang terjadi pada ayam tersebut. Oleh sebab itu peternak harus menyiapkan kandang yang memiliki ventilasi udara.

4. Penyediaan Tempat Pakan Dan Minum Yang Cukup Dan Sesuai Jumlah Ayam

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah menyediakan tempat pakan dan tempat minum yang cukup sesuai jumlah ayam, agar kompetisi antar ayam rendah. Jangan beranggapan ingin mengirit biaya namun pertumbuhan bobot ayam malah tidak baik. Dengan penyediaan tempat pakan dan minum yang cukup tentunya akan mempermudah pertumbuhan ayam Karena mudahnya makan dan minum.

5. Pemberian Multivitamin Khusus Ayam

Ini cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan bobot ayam broiler. Dengan pemberian vitamin yang banyak dijual di pasaran akan membantu meningkatkan pertumbuhan ayam. Mulitivitamin ayam ini sendiri banyak dijual di pasaran dengan berbagai merek pula. Tergantung peternak dalam memilih multivitamin yang baik untuk ayam-ayam broiler. Dalam pengaplikasian multivitamin nya nanti sesuai kan takaran jangan berlebih, karena apa pun yang berlebih itu tidak baik.

6. Cegah Ayam Menjadi Steres

Cara selanjutnya untuk meningkatkan bobot ayam yaitu dengan mencegah ayam agar tidak stress. Jika ayam mengalami stress, maka pertumbuhannya untuk meningkatkan bobot pun tidak akan baik. Dalam hal ini peternak dapat melakukannya dengan memberikan musik pada kandang ayam tersebut. Memang nampaknya cukup aneh, namun cara ini sudah cukup sering dilakukan oleh para peternak. Tentunya tidak salah juga untuk dicoba.

7. Memberi Pakan Dengan Mencampur Wortel

Dalam penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa fakultas kedokteran hewan universitas airlangga menemukan bahwa wortel (Daucus carota L) sangat berguna untuk campuran pakan ayam. Wortel dapat digunakan sebagai bahan aditif pakan ayam broiler yang telah teruji efektif dan mampu meningkatkan berat badan harian ayam.

Dalam usaha peternakan broiler, biaya pakan merupakan komponen terbesar biaya produksi. dengan memaksimalkan biaya produksi, maka peternak menambahkan bahan aditif kedalam pakan. Salah satu bahan aditif yang bisa digunakan yaitu wortel.

8. Memberikan Obat Herbal

Ini adalah cara terakhir yang dapat dilakukan untuk menambah bobot ayam. Selain memberikan multivitamin, hal yang bisa dilakukan adalah memberikan obat herbal untuk pertumbuhan bobot ayam ini. obat herbal sendiri cukup aman Karena terbuat dari herbal-herbal alami yang tentunya akan membantu pertumbuhan bobot ayam broiler.

Nah itulah beberapa cara meningkatkan bobot ayam broiler dengan cepat dan mudah yang dapat dilakukan. Bagi peternak ayam broiler yang mungkin ayam-ayamnya mengalami penurunan bobot, cara-cara tersebut bisa dicoba untuk dilakukan.


3:55:00 AM