Cara Meningkatkan Nafsu Makan Pada Anak




cara meningkatkan nafsu makan

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Pada Anak - Anak- anak seringkali menutup mulut ketika orangtua memberikan makan kepada anaknya. Tidak heran kondisi tersebut membuat hampir sebagian orangtua bingung harus melakukan apa agar nafsu makan anak meningkat. Berikut ini 10 cara meningkatkan nafsu makan pada anak yang bisa di coba. Mari kita simak ulasannya.

1. Ajak Anak Untuk Berolahraga

Salah satu cara meningkatkan nafsu makan pada anak adalah mengajak dan membiasakan anak untuk berolahraga. Dengan rutin melakukan olahraga pembakaran kalori akan akan dilakukan dengan baik oleh tubuh sehingga membuat tubuh menjadi lelah dan memicu rasa lapar. Hal ini dikarenakan gerakan-gerakan yang dilakukan ketika berolahraga. Ketika tubuh aktif bergerak maka detak jantung pun akan meningkat dengan drastis.

2. Konsumsi Buah Jeruk

Buah jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin C dan berperan aktif dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jeruk juga dapat meningkatkan rasa lapar sehingga dapat mengembalikan nafsu makan. Untuk itulah berikan jeruk pada anak dengan porsi yang sesuai untuk meningkatkan nafsu makan.

3. Hindari Minum Terlalu Banyak

Minum memang sangat baik untuk kesehatan khususnya metabolisme tubuh. Namun mengonsumsi minum terlalu banyak akan membuat perut menjadi cepat kenyang dan enggan untuk memakan apapun. Untuk itulah cara meningkatkan nafsu makan pada anak bisa dengan mengatur air yang cukup untuk tubuh sehingga nafsu makan tetap terjaga. Yang terpenting adalah jangan membiasakan anak minum air ketika sedang makan karena akan membuat perut lebih cepat kenyang.

4. Buat Tampilan Yang Menarik

Menampilkan makanan dengan bentuk yang unik dan menarik akan meningkatkan nafsu makan anak. Contohnya dengan menggunakan cetakan nasi yang bentuknya lucu seperti bentuk wajah atau bentuk boneka yang lucu. Kombinasikan sumber karbohidrat, protein dan vitamin agar gizi anak tetap terpenuhi.

5. Gunakan Peralatan Makan Yang Lucu

Cara meningkatkan nafsu makan si kecil selanjutnya adalah menggunakan peralatan makan dengan bentuk dan karakter tertentu yang lucu. Dengan begitu anak akan lebih tertarik untuk memakannya. Gantilah peralatan makan dengan bentuk atau karakter yang disukai anak. Pilihlah juga warna yang lebih cerah untuk menarik perhatian anak.

6. Berikan Asupan Vitamin

Suplemen dan vitamin sangat ampuh untuk merangsang nafsu makan anak karena mengandung vitamin B dan zinc. Berikan asupan vitamin dan suplemen untuk anak yang sulit makan agar nafsu makannya bisa meningkat karena terangsang oleh vitamin dan suplemen yang telah dikonsumsi.

7. Jangan Memaksa Anak

Makanan bergizi memang sangat penting bagi anak-anak untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Namun perlu diingat untuk tidak melakukan tindakan yang bersifat memaksa saat memberikan makanan kepada anak. Tindakan yang seperti itu justru akan membuat anak menjadi takut dan lebih sulit mendapatkan rasa lapar pada anak di kemudian hari.

8. Berikan Dalam Porsi yang Kecil

Memberikan porsi makan yang besar memang bisa membuat perut merasa lebih kenyang. Namun bagi anak- anak, mereka akan merasa lebih kenyang terlebih dahulu sebelum memakannya. Untuk itulah cara meningkatkan nafsu makan anak dengan memberikan makan dalam porsi yang kecil. Dengan begitu anak akan lebih senang memakannya bahkan bukan tidak mungkin anak akan meminta porsi tambahan karena merasa masih lapar.

9. Libatkan Anak Ketika Membuat Makanan

Sesekali libatkan anak ketika membuat makanan juga harus dilakukan. Hal ini merupakan cara meningkatkan nafsu makan pada anak karena anak bisa memilih sendiri makanan yang mereka sukai. Dengan melibatkan anak saat membuat makanan maka akan menumbuhkan juga rasa tanggung jawab untuk memakan makanan yang sudah mereka buat.

10. Buat Anak Lebih Aktif dan Sering Tertawa

Ajak anak untuk bergerak aktif dan sering tertawa akan membuat anak merasa lebih nyaman. Bergerak aktif dan sering tertawa juga dapat meningkatkan nafsu makan dengan mudah. Untuk itulah ajak anak untuk bermain bersama dengan suasana yang menyenangkan agar nafsu makan menjadi lebih meningkat.

Nah itulah 10 cara meningkatkan nafsu makan pada anak. Dengan begitu kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan pada masa pertumbuhan anak tetap terpenuhi dengan baik. Segera konsultasikan pada dokter jika anak masih tetap susah makan meskipun sudah mencoba cara-cara di atas.


4:41:00 AM