Cara Meningkatkan Trombosit Tanpa Konsumsi Obat




cara meningkatkan trombosit

Cara Meningkatkan Trombosit - adalah sel kecil atau keping sel yang mengalir di tubuh melalui aliran darah dan berfungsi membantu proses pembekuan darah dalam tubuh. Jika terjadi luka kecil atau bagian tubuh yang menganga, trombositlah yang akan membantu menghentikan pendarahan yang terjadi. Dengan pentingnya fungsi trombosit yang telah dijelaskan maka perlu untuk diketahui bagaimana cara meningkatkan trombosit pada tubuh.

Ada beberapa orang yang mengalami penurunan dari trombosit atau kekurangan trombosit. Mengingat struktur aktif dari trombosit muda pecah apabila sudah berada di luar pembuluh darah atau terkena benda keras. Bagi yang mengalami penurunan trombosit ada beberapa cara meningkat trombosit secara aman. Lalu apa saja cara-cara tersebut? Berikut ulasanya :

1. Makan Atau Minum Jus Jambu Biji

Sudah cukup banyak yang tahu bahwa jambu biji digunakan sebagai cara meningkatkan trombosit. Pada umumnya kebanyakan orang jika ingin menjenguk kerabat yang sedang sakit demam berdarah otomatis akan membawa jambu biji ketika menjenguk mereka. Buah jambu biji dapat meningkatkan trombosit karena buah tersebut kaya akan vitamin C. Cara konsumsi jambu biji bisa dengan cara langsung dimakan atau dibuat jus, tentu akan lebih nikmat.

2. Minum Air Rebusan Bayam

Bayam adalah makanan yang dapat meningkatkan trombosit. Bayam merupakan sayuran yang cukup banyak digemari oleh beberapa orang. Perlu diketahui bahwa bayam kaya akan vitamin K, dibutuhkan oleh tubuh untuk menghentikan pendarahan. Cara meningkatkan trombosit dengan daun bayam yaitu merebus 5 daun bayam dengan 2 gelas air. Rebus bayam tersebut hingga air menguap dan tinggal 1 gelas, lalu minum airnya. Lakukan cara ini rutin setiap hari.

3. Mengkonsumsi Biji-Bijian

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan trombosit yaitu mengkonsumsi biji-bibjian. Hal ini dikarenakan Vitamin B9 yang terdapat pada kebanyakan biji-bijian yang mampu meningkatkan trombosit dalam darah. Oleh karena itu baik bagi yang memiliki penurunan trombosit untuk mengkonsumsi biji-bijian ini.

4. Konsumsi Kacang-Kacangan

Di dalam kacang-kacangan seperti almond, walnut, kacang tanah, pistachio dan yang lainnya terkandung vitamin D dan K serta fibrinogen. Kandungan-kandungan tersebut akan membantu penyerapan kalsium sehingga akan meningkatkan kadar trombosit. Tentunya kacang-kacangan ini cukup mudah didapat, dan dapat langsung dikonsumsi atau diolah terlebih dahulu.

5. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Untuk mendongkrak produksi trombosit pada tubuh, hal utama yang perlu dilakukan yaitu lebih sering dan rajin mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang diolah dengan cara yang baik seperti sayuran dan buah-buahan. Jangan sering mengkonsumsi junk food, yang pengolahannya belum tentu sehat. Untuk menjamin makanan yang kita konsumsi lebih baiknya yaitu dengan memasak sendiri makanan tersebut.

7. Menghindari Makanan Dan Minuman Tidak Sehat

Setelah mengkonsumsi makanan yang sehat, maka haruslah menghindari makanan dan minuman tidak sehat. Makanan dan minuman yang tidak sehat contohnya adalah makanan berminyak, gula halus, dan junk food, minuman beralkohol serta berkafein sebaiknya perlu dihindari. Mengapa? Oleh karena dapat menyebabkan jumlah trombosit menurun karena terhambatnya produksi trombosit oleh sumsum tulang.

8. Konsumsi Makanan Mengandung Asam Lemak Omega-3

Selanjutnya yang perlu untuk dilakukan untuk meningkatkan trombosit yaitu konsumsi  makanan kaya akan asam lemak omega 3. Makanan tersebut seperti ikan bisa juga minyak ikan dan minyak biji rami. Asam lemak omega-3 dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan trombosit yang menurun. Dengan mengkonsumsi makanan mengandung asam lemak maka pertumbuhan trombosit pun semakin baik.

10.  Minum Air Hangat

Ini adalah cara yang terakhir yang dapat membantu pertumbuhan trombosit. Hal ini sangat mudah untuk dilakukan namun susah untuk beberapa orang untuk melakukannya. Kebanyakan orang ketika makan inginnya ditemani dengan air dingin. Fungsi meminum air hangat yaitu agar nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat terserap dengan baik. Sementara jika minum air dingin dapat memperlambat saluran pencernaan, tentunya ini akan memperlambat pertumbuhan trombosit.

Nah itulah beberapa cara meningkatkan trombosit pada tubuh yang bisa dilakukan. Dengan melakukan cara-cara yang telah disebutkan di atas maka tidak perlu lagi untuk mengkonsumsi obat-obatan berbahan kimia yang pastinya belum tentu aman untuk tubuh.


3:41:00 AM