Cara Merubah Excel Ke PDF Tanpa Aplikasi Online




cara merubah excel ke pdf

Cara Merubah Excel Ke PDF Tanpa Aplikasi Online - Banyak yang mencari bagaimana cara merubah excel ke PDF, hal ini karena banyak orang yang membutuhkan dan selalu menggunakan dua file ini. Cara merubah excel ke PDF tanpa aplikasi sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan siapa saja. Meskipun begitu banyak yang memilih merubah excel ke PDF dengan cara online. Padahal tanpa online pun file excel bisa dirubah ke file PDF.

Bagi yang penasaran bagaimana cara merubah excel ke PDF tanpa aplikasi online, berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan secara berurutan agar file excel bisa dirubah ke file PDF. Langkah yang harus dilakukan antara lain:

1. Siapkan Lembar Kerja Yang Akan Diubah

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum merubah file excel ke PDF adalah menyiapkan lembar kerja yang akan dirubah. Jika file sudah ada sebelumnya maka bisa langsung dibuka di aplikasi excel, sebaliknya jika file yang akan dirubah maka harus membuatnya terlebih dahulu.

Cara membuat file excel adalah dengan cara membuka Microsoft excel kemudian pilih new. Setelah itu masukan data-data yang akan dibuat file. Pastikan semua data sudah dimasukkan dengan benar sebelum nantinya dipindah di PDF. Karena berkas file PDF yang ingin dirubah kembali ke dalam file excel cukuplah sulit. Namun dengan berubahnya file excel ke PDF dapat membuat salinan asli berkas tetap terjaga.

2. Klik Menu / Tab File

Setelah berkas atau file yang akan dirubah sudah selesai dibuat, maka langkah selanjutnya adalah mengklik tab file. Bagi yang menggunakan aplikasi excel versi lama maka bisa memilih di menu file. Banyak sekali pilihan fitur yang terdapat di menu file diantaranya save, save as, open, close, info dan lain sebagainya.

3. Pilih Export / Save As

Memang cara merubah excel ke PDF terlihat sangat sulit, namun jika sudah sering dilakukan maka akan terlihat mudah. Setelah tadi memilih menu file dan terdapat banyak pilihan menu lainnya, maka langkah yang selanjutnya adalah mengklik Export, namun jika aplikasi excel yang digunakan dari tahun 2010 sampai yang terbaru maka bisa memilih menu save as.

4. Klik Create PDF / XPS

Jika yang digunakan adalah aplikasi excel 2010 atau yang lebih baru. Maka pilihan file PDF bisa dicari dengan cara cari di menu drop-down kemudian pilih save as type dan pilih save as. Cara ini cukup panjang dibandingkan dengan menggunakan aplikasi excel di bawah tahun 2010.

5. Klik Tombol Option

Jika sudah memilih menu save as, maka akan muncul tombol option. Tombol ini adalah tombol pilihan di mana penggunanya bisa menyesuaikan penataan file excel ke file PDF yang akan dibuat. Tentunya penataan antara excel dan PDF berbeda, sehingga perlu diatur terlebih dahulu.

6. Pilih File Mana Yang Akan Dimasukan Ke PDF

Langkah yang selanjutnya adalah memilih file yang akan dimasukkan di PDF tersebut.Di jendela options pengguna dapat memilih rentang halaman yang akan disertakan, apakah semua file dalam buku kerja excel akan dirubah menjadi PDF atau hanya lembaran yang aktif saja. Selain itu pengguna juga bisa memilih apakah PDF akan termasuk dalam property asli atau tidak. Jika penataan sudah selesai maka klik OK.

7. Pilih Pengoptimalan File

Di atas tombol options pengguna bisa memilih pengoptimalan terhadap fle PDF yang diinginkan. Namun kebanyakan orang cukup puas dengan memilih pengoptimal “standard”, kecuali ketika lembar kerja yang dirubah sangatlah besar.

8. Beri Nama & Simpan File

Beri nama pada berkas PDF dan klik tombol publish untuk file disimpan. Pastinya nama file menggambarkan isi file, ini untuk mempermudah ketika pencarian file. Jangan beri nama file sembarangan karena akan mempersulit mencarinya ketika dibutuhkan. Namun bagi yang menggunakan ms office 2010 keatas atau yang terbaru maka bisa memilih tombol save.

Itulah cara merubah excel ke PDF. Sebelumnya tinjau kembali file PDF yang sudah jadi. Bukalah file PDF dari excel kemudian pantai kembali apakah ada kesalahan atau tidak. Karena masih ada kemungkinan pengaturan file yang salah, jika masih ada yang salah maka langkah di atas harus diulangi dari awal.


3:58:00 AM