Cara Merubah Gambar Menjadi HD di Smartphone Android




cara merubah gambar menjadi hd

Cara Merubah Gambar Menjadi HD di Smartphone Android - Di era digital seperti sekarang ini kebutuhan akan gambar sudah tidak diragukan lagi. Banyak sekali media yang membutuhkan gambar sebagai pendukungnya. Namun sayangnya beberapa media harus menggunakan gambar HD untuk dimuat agar hasilnya maksimal dan tidak pecah. Lantas bagaimana jika gambar belum HD atau masih standar? Tenang, ada cara merubah gambar menjadi HD yang bisa dilakukan di smartphone android. Berikut ini ulasannya.

Alat & Bahan

Sebelum merubah gambar menjadi HD tentunya ada alat dan bahan yang diperlukan. Berikut ini ada 2 alat dan bahan yang sangat penting dan harus tersedia.

1. Smartphone Android

Alat pertama yang harus ada ketika ingin merubah gambar menjadi HD adalah smartphone android. Bagaimana mungkin akan merubah gambar dengan smartphone android jika tidak memiliki smartphone. Tentunya smartphone yang digunakan adalah smartphone yang baik dan tidak rusak.

2. Gambar Yang Akan Dirubah

Bahan yang harus ada ketika ingin merubah gambar menjadi HD adalah gambar yang akan dirubah. Untuk percobaan awal gunakan gambar apapun yang bisa digunakan untuk latihan. Gambar bisa diambil secara langsung menggunakan kamera smartphone atau dengan cara mendownloadnya di internet.

Cara Merubah Gambar Menjadi HD

Untuk bisa merubah gambar menjadi HD di smartphone android terbilang cukup mudah, bahkan pengguna tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bisa merubah resolusi dari gambar yang diinginkan. Langkah merubah gambar itu adalah:

1. Buka Gambar Yang Ingin Dirubah

Hal pertama yang harus dilakukan ketika ingin merubah gambar menjadi HD tentunya menyiapkan terlebih dahulu gambar yang akan di rubah tersebut. Jika gambar sudah berada di smartphone android maka buka gambar tersebut lewat aplikasi galeri, namun jika gambar berada di laptop atau PC maka pindah terlebih dahulu ke smartphone dengan menggunakan kabel data atau lainnya.

2. Klik Menu Edit

Setelah gambar yang akan dirubah sudah ditentukan, maka dibagian bawah atau atas layar maka akan ada menu setting. Disana akan ada menu edit yang bisa dipilih dan gambar bisa diedit sesuai kemauan. Banyak sekali pilihan menu edit yang bisa dipilih seperti putar ke kiri atau ke kanan, efek cermin, merubah warna dan lain sebagainya. Untuk cara merubah gambar menjadi HD maka harus mengklik resolusi.

3. Pilih Ukuran Yang Tersedia

Dalam menu edit dan memilih ratio gambar maka akan muncul beberapa pilihan ukuran yang tersedia. Ada banyak ukuran yang dipilih mulai dari yang terkecil bahkan sampai yang terbesar. Dalam memilih ratio gambar tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan gambar tersebut. akan digunakan untuk apa gambar dan bagaimana hasilnya.

4. Sesuaikan Ratio

Meskipun sudah banyak pilihan ukuran yang tersedia, namun jika belum ada ukuran yang sesuai maka pengguna bisa memasukkan sendiri resolusi gambar yang diinginkan. Tinggal pilih menu “sesuaikan” maka akan muncul halaman untuk memasukkan ukuran yang diinginkan. Masukan angka resolusi yang diinginkan. Semakin besar resolusi belum bisa memastikan bahwa gambar akan semakin jelas, ini juga berpengaruh pada pengambilan gambar yang sudah dilakukan.

5. Klik OK

Langkah terakhir jika ratio gambar sudah dipilih maka tinggal klik OK. Tombol OK adalah tombol penentu bahwa gambar yang sudah diedit rationya memang sudah yakin untuk digunakan. Jadi sebelum klik OK periksa kembali apalah ratio gambar yang diinginkan sudah benar atau belum.

Cara merubah gambar menjadi HD dengan cara ini memiliki kekurangan, yaitu ukuran tinggi dari gambar tidak bisa otomatis mengikuti ukuran height yang diinput. Jadi pengguna harus menginput ulang tinggi gambar yang diinginkan secara manual, tentunya tinggi gambar harus sesuai dengan lebar gambar yang ada.

Itulah cara merubah gambar menjadi HD yang bisa dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan bantuan smartphone android. Tentunya hasil yang akan diterima tidak semaksimal ketika mengeditnya menggunakan PC atau laptop. Jika ingin lebih baik hasilnya maka pengguna bisa menggunakan berbagai macam aplikasi edit foto yang tersedia di PC atau pun laptop. Selain hasilnya lebih baik, warna yang ditampilkan akan semakin baik dan cerah.


3:49:00 AM