Cocok Untuk Cemilan Sehat, Inilah Cara Membuat Donat Yang Praktis




Cara Membuat Donat Yang Praktis

Cara Membuat Donat Yang Praktis - Sudah menjadi tugas bagi seorang ibu rumah tangga untuk selalu menyediakan makanan sehat untuk keluarganya. Terlebih lagi bagi anak-anak yang menyukai cemilan, terkadang seorang ibu akan merasa khawatir jika anaknya jajan sembarangan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ibu harus bisa menyediakan cemilan sehat di rumah. Salah satunya yaitu donat, kue yang satu ini selain sangat cocok untuk dijadikan cemilan sehat juga banyak disukai oleh kebanyakan orang. Penasaran bagaimana cara membuat donat? Simak informasinya berikut:

1. Siapkan Bahan-Bahan

Cara membuat donat yang pertama adalah menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Adapun untuk bahan utama membuat donat ini, meliputi 500 gram tepung terigu, 100 gram gula pasir, dan 11 gram ragi. Kemudian, ¼ sdt baking powder, ½ sdt garam. 2 kuning telur, 100 gram mentega, dan 250 ml susu cair.

Tak hanya bahan utama saja, dalam membuat donat juga harus mempersiapkan bahan pelengkap yang digunakan sebagai topping. Untuk toppingnya sendiri terdapat beberapa variasi pilihan sesuai selera, seperti meises cokelat, cokelat yang sudah di tim, gula halus, dan lain sebagainya. Apabila anak menyukai keju, donat juga boleh ditambahkan dengan parutan keju.

2. Campur Bahan-Bahan

Setelah semua bahan telah disiapkan, cara membuat donat selanjutnya yaitu dengan mencampurkan bahan utamanya. Letakkan tepung terigu, gula, ragi instan, baking powder, dan garam pada baskom. Setelah itu campur dan aduk dengan tangan. Tambahkan kuning telur dan uleni hingga merata. Kemudian tambahkan susu cair sedikit demi sedikit dan uleni.

Langkah selanjutnya yaitu tambahkan mentega dan uleni adonan hingga merata dan homogen. Sesekali banting adonan untuk mempercepat proses. Lakukan langkah ini sekitar 15 menit sampai adonan benar-benar kalis dan licin.

3. Tutup Adonan Dengan Kain

Setelah didapatkan adonan donat yang sudah kalis dan licin, langkah selanjutnya yaitu kumpulkan semua adonan ke dalam satu baskom. Setelah itu tutup dengan kain bersih di atas baskom tersebut. Diamkan adonan yang tertutup tersebut dalam waktu kurang lebih 1 jam.

Cara membuat donat yang satu ini bertujuan untuk agar adonan donat mengembang karena aktivitas bakteri oleh ragi yang ditambahkan tadi. Jadi, sebaiknya dalam waktu 1 jam tersebut jangan membuka tutup kain agar prosesnya berjalan cepat. Setelah 1 jam, buka penutup kain dan tinju-tinju adonan hingga udara keluar.

4. Cetak Adonan

Langkah selanjutnya yaitu adonan donat siap untuk dicetak. Proses cetak ini dapat dilakukan dengan manual menggunakan tangan atau alat pencetak donat. Selain itu, bentuk donat pun juga dapat disesuaikan menurut selera. Misalnya saja, untuk cemilan anak dapat dicetak dengan bentuk yang unik seperti bintang, bunga, dan lain sebagainya.

Setelah di cetak, diamkan donat kurang lebih 10 menit di atas meja dengan wadah yang datar. Langkah ini bertujuan agar donat lebih mengembang saat proses penggorengan nanti.

5. Goreng Donat

Dalam menggoreng donat, usahakan minyak terlebih dahulu dipanaskan hingga benar-benar panas. Hal ini bertujuan agar adonan donat naik ke permukaan minyak saat digoreng dan tidak lengket ke dasar wajan. Setelah minyak sudah panas, masukkan donat pelan pelan agar cetakannya tidak rusak.

Menggoreng donat pun harus dilakukan dengan hati-hati agar bentuknya tetap bagus. Donat harus selalu di bolak balik agar kematangannya merata dan tidak gosong. Setelah berwarna kecokelatan, donat siap untuk diangkat.

6. Tiriskan Donat

Setelah digoreng, pastinya donat sangat banyak menyerap minyak. Kandungan minyak yang banyak ini tentunya akan mengurangi cita rasa dari donat. Terlebih lagi minyak dapat dengan mudah menyebabkan ketengikan. Untuk itu, donat harus ditiriskan terlebih dahulu.

Dalam meniriskan donat, agar minyak cepat berkurang sebaiknya donat diletakkan di atas lembaran tisu di atas piring. Dengan begitu, minyak yang ada pada donat akan cepat diserap oleh tisu.

7. Tambahkan Topping

Terakhir, cara membuat donat yang enak adalah dengan menambahkan topping pada bagian atas donat. Untuk toppingnya sendiri sebenarnya sesuai dengan selera penikmatnya. Jika ingin menambahkan topping meises, sebaiknya donat harus dioleskan dengan mentega terlebih dahulu agar meises dapat melekat.

Selain itu, cokelat yang sudah di tim dan meleleh juga dapat dijadikan sebagai alternatif yang sangat disukai oleh anak-anak. Sajikan donat dengan semenarik mungkin agar camilan sehat yang satu ini disukai oleh keluarga.

Itulah beberapa cara membuat donat yang sangat praktis untuk dicoba. Kini, sebagai seorang ibu tak perlu khawatir lagi dalam menyiapkan cemilan sehat untuk keluarga. Karena donat merupakan alternatif yang paling cocok untuk camilan sehat.


10:00:00 AM